Efek Samping Sabun Belerang

Manfaat dan Efek Samping Sabun Belerang

Eva MuliaPerawatan Wajah – Efek Samping Sabun Belerang – Belerang merupakan unsur alami yang terdapat didalam tubuh manusia. Setelah kalsium dan fosfor, senyawa yang disebut sulfur ini juga merupakan mineral yang paling berlimpah didalam tubuh. selain itu, belerang juga dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan seperti bawang, telur dan bahan pangan kaya protein lainnya. Penggunaan belerang terkenal dikarenakan memiliki aroma yang kurang sedap dan menyengat layaknya bau telur busuk.

Sejak jaman dahulu, manfaat belerang untuk wajah memang sudah banyak dikenal dalam mengatasi berbagai permasalahan kulit. Mulai dari jerawat, ketombe, dermatitis hingga kutil. Hingga saat ini, belerang untuk kulit tetap dipercaya dalam pengobatan jerawat dan sebagai bahan campuran pada beberapa produk kesehatan dan kecantikan kulit. Contohnya, pada sabun lotion dan masker.

Manfaat dan Efek Samping Sabun Belerang

Efek Samping Sabun Belerang

Mungkin kamu akan bertanya-tanya apa saja manfaat dari penggunaan belerang untuk kulit sehingga berguna dalam perawatan dan kecantikan kulit? Yuk simak ulasan manfaat penggunaan belerang berikut ini.

Mengobat Jerawat

Salah satu manfaat penggunaan belerang untuk wajah adalah mengobati jerawat. Cara kerjanya mirip seperti benzoil peroksida dan asam salisilat yang kerap kali diserakan dalam obat-obatan jerawat.

Menurut sebuah penelitian, penggunaan belerang akan lebih cocok digunakan dalam penyembuhan juerawat berukuran sedang, meradang serta jenis komedonal. Hal tersebut dikarenakan senyawa ini kurang efektif jika digunakan untuk menyembuhkan jerawat yang sudah parah atau tipe kistik yang bermasalah.

Menurut para ahli, bahan tersebut dapat mengurangi peradangan sekaligus melembapkan kulit. Sehingga sangat efektif dalam menyebuhkan jerawat. Agar jerawat cepat hilang, obat-obatan yang berbahan belerang juga dapat dikombinasikan dengan beberapa pengobatan jerawat lain. Tetapi, pastikan kamu sudah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit sebelum melakukan perawatan jerawat apapun.

Mengurangi Produksi Sebum

Manfaat lain dari penggunaan belerang untuk wajah adalah mampu meminimalkan produksi minyak atau sebum. Seperti yang sudah kamu tahu, jika sebum berlebihan dapat menyumbat pori-pori, sehingga bakteri penyebab jerawat dapat berkembang biak didalamnya.

Mengelupas Kulit Mati

Manfaat lain penggunaan belerang untuk wajah adalah mengelupas sel-sel kulit yang telah mati serta membuka pori-pori kulit. Dengan begitu, maka proses pembersihan wajah bisa lebih maksimal dan terjamin.

Memudarkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat memang sedikit sulit untuk dihilangkan, tetapi kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan belerang. Hal tersebut dikarenakan sulfur mampu mengelupas sel-sel kulit mati. Sehingga mampu membantu dalam memudarkan bekas jerawat.

Tetapi, sebaiknya tak hanya ketergantungan terhadap penggunaan belerang untuk memudarkan bekas jerawat. Apalagi jika noda jerawat tersebut susah untuk dihilangkan. Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah dengan memeriksakannya ke dokter kulit agar noda jerawat dapat teratasi dengan tepat.

Memperlambat Tanda Penuaan

Manfaat lain belerang untuk wajah adalah memperlambat tanda-tanda penuaan. Hal ini dikarenakan sulfur merupakan salah satu komponen esensial dalam produksi kolagen secara alami. Kandungan belerang sendiri sering kali ditambahkan pada produk antiaging atau anti penuaan.

Fungsi belerang dalam produk ini diyakini mampu membunuh penyebab kerusakan kulit sekaligus meningkatkan produksi kolagen.

Mengatasi Kulit Gatal Akibat Tunggau

Mengangani Kulit gatal akibat dari gigitan tunggau juga menjadi salah satu manfaat belerang untuk kulit. Tunggau adalah hewan kecil yang bentuknya menyerupai serangga, tetapi tidak bersayap namun memiliki mata. Ukurannya yang sangat kecil, sehingga bisa saja kamu tidak menyadari jika telah terpapar dan digigit oleh hewan ini.

Meskipun tidak berbahaya, tetapi gigitan tunggau ini dapat menimbulkan gejala yang sangat menganggu karena kulis bisa mengalami gatal-gatal kemerahan. Selain itu, biasanya gigitan tunggau ini menular melalui kontak fisik. Misalnya karena saling meminjamkan pakaian atau handuk dengan orang lain yang sudah terinfeksi.

Nah, salah satu cara mengatasi keluhan yang diakibatkan oleh gigitan tunggau adalah dengan mengoleskan salep yang mengandung belerang pada area kulit yang terkena gigitan tunggau.

Efek Samping Penggunaan Sabun Belerang

Karena belerang memiliki kadar pH  yang cukup tinggi, sehingga dapat menganggu penghalang pelindung kulit. Apabila hal ini sudah terjadi, maka kelembapan akan menguap dan dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Sehingga bakteri dan kuman mudah masuk kedalam kulit dan membuatnya menjadi lebih rentan mengalami gangguan.

Karena belerang dapat membuat kulit menjadi kering dan mengelupas, maka terdapat efek saming yang terkait dengan aplikasi produk yang berbahan belerang ini. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk berhati-hati dalam menggunakan produk yang mengandung blerang. Selain itu, kamu juga perlu mengikuti petunjuk pemakaiannya.

Berikut efek samping yang mungkin saja timbul akibat pemakaian belerang.

Iritasi Kulit

Sifat kimiawi pada belerang yang kuat dapat menyebabkan kulit iritasi, seperti kemerahan, hangat, gatal ataupun mengelupas. Hal ini biasanya merupakan tanda belerang bekerja untuk mendorong pergantian sel dan melepaskan minyak berlebih pada kulit. Jika iritasi sangat berat atau tidak nyaman, maka hentikan penggunaan produk atau mengurangi pengaplikasiannya. Iritasi juga bisa saja muncul setelah beberapa hari penggunaan.

Perubahan Warna Kulit

Proporsi belerang yang signifikan biasanya dikaitkan dengan perubahan warna kulit. Karena belerang dapat menyebabkan pergantian sel wajah, mungkin area pergantian akan tampak putih, abu-abu atau hitam. Jika perubahan warna tampak menyebar atau tidak membaik seiring waktu maka hentikan penggunaan produk belerang tersebut.

Reaksi Alergi

Pengaplikasian belerang pada wajah dapat menyebabkan reaksi alergi pada beberapa orang. Reaksi ini dapat bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Jika mencurigai mencetuskan alergi, maka hentikan pemakaiannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *