image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

manfaat cuka apel untuk jerawat

Mengenal Lebih Dalam Manfaat Cuka Apel untuk Jerawat di Wajah

Dalam merawat kulit dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di dapur sudah menjadi sesuatu yang sering dilakukan. Mulai dari sayur, buah, susu, telur, baking soda, serta oatmeal. Ada saja manfaat kecantikan yang bisa didapatkan dari bahan-bahan tersebut. Selain itu, ternyata bahan dapur lainnya yang sangat populer dan sering dianggap sebagai holy grail oleh sebagian skin care enthusiastYa, Apalagi kalau bukan cuka apel.
Walaupun tergolong jarang dipakai dalam masakan Indonesia, tetapi cuka apel merupakan bahan dapur yang kerap digunakan sehari-hari di Amerika dan beberapa negara lainnya.

Dibalik baunya yang cukup menyengat, banyak orang yang mengakui jika cuka apel memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit wajah. Apakah benar manfaat cuka apel untuk jerawat? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Manfaat Cuka Apel Untuk Jerawat

manfaat cuka apel untuk jerawat

1. Memudarkan Bintik hitam di Wajah

Manfaat pertama dari cuka apel untuk wajah yaitu mampu mengurangi bintik-bintik hitam akibat tanda penuaan dini. Caranya: Bersihkan muka dengan campuran air dan cuka apel atau bisa mengoleskannya pada bagian wajah yang terdapat bintik hitamnya.

2. Mencegah dan Menghilangkan Jerawat

Selain mencegah jerawat, cuka apel juga bisa menyembuhkan jerawat. Hal ini dikarenakan cuka apel mampu mengembalikan PH alami kulit dan bisa mengatasi minyak wajah berlebih yang merupakan salah satu penyebab jerawat.

3. Membunuh Bakteri pada Wajah

Cuka apel mempunyai kemampuan antibakteri yang sangat efektif,  terutama untuk mengatasi propionibacterium acnes atau p. acnes, bakteri yang menjadi penyebab jerawat. Kandungan antibakteri ini berasal dari kandungan lactic acid, acetic acid, succinic acid dan citric acid yang mampu membunuh bakteri pada wajah.

4. Harus Diencerkan Terlebih Dahulu

Selain memilih jenis cuka apel yang tepat, satu hal lain yang tidak kalah penting sebelum Anda menggunakan cuka apel untuk kulit adalah cara penggunaannya. Meskipun disebutkan bahwa cuka apel dapat digunakan sebagai toner. Bukan berarti Anda bisa langsung menuang cuka apel ke kapas lalu mengaplikasikannya pada wajah. Memiliki kandungan dan sifat asam yang sangat tinggi, jika Anda mengaplikasikannya secara langsung cuka apel dapat menyebabkan sensasi terbakar pada kulit hingga mengakibatkan iritasi. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya sebagai toner, Anda harus melarutkan cuka apel dan air terlebih dahulu dengan perbandingan air lebih banyak dari cuka apel.

Baca juga : Cara Alami Menghilangkan Jerawat Akibat Alergi

Leave a Reply