Kulit Sehat Anti Kusam dan Glowing: 5 Kandungan Skincare yang Perlu Kamu Ketahui

Setiap hari, tubuh kita terpapar polusi, sinar matahari yang tidak terlindungi, pola makan yang tidak sehat, dan jadwal tidur yang tidak teratur. Bahkan stres juga menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita. Semua faktor ini dapat mempengaruhi kondisi kulit kita, menyebabkan gejala penuaan dini seperti warna kulit yang tidak merata, kerutan, bintik hitam, kulit kendur, kulit kusam, dan lingkaran hitam. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memperhatikan kandungan skin care yang kita gunakan untuk membantu menjaga kulit tetap sehat dan glowing.

Apa Saja Ciri-ciri Kulit Sehat?

Untuk memahami bagaimana cara menjaga kulit agar tetap sehat, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud dengan kulit sehat. Menurut sci.washington.edu, kulit yang sehat adalah kulit yang lembut, memiliki suhu hangat, tidak merah, tidak panas, dan terhindar dari iritasi. Kulit sehat juga terasa lembab dan merupakan cerminan dari tubuh yang sehat pula. Setelah mengetahui karakteristik kulit sehat, kita dapat mulai mempertimbangkan kandungan yang dibutuhkan dalam skin care untuk membantu menjaga kulit tetap sehat.

Apa Saja Ciri-ciri Kulit Kusam?

Kulit kusam adalah kebalikan dari kulit sehat. Ini adalah kulit yang kering, pecah-pecah, tidak merata, dan bahkan dapat mengalami hiperpigmentasi. Banyak faktor yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, seperti tumpukan kulit mati yang tidak dihilangkan dengan eksfoliasi, dehidrasi, pola makan yang tidak seimbang, dan gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan begadang.

Kulit Sehat Anti Kusam dan Glowing: 5 Kandungan Skincare yang Perlu Kamu Ketahui

Kulit Sehat Anti Kusam dan Glowing: 5 Kandungan Skincare yang Perlu Kamu Ketahui

Memenuhi kebutuhan kulit dan merawatnya dengan baik merupakan langkah penting dalam menjaga kulit tetap sehat. Berikut adalah 5 kandungan skincare yang dapat membantu menjaga kulit sehat dan terhindar dari masalah seperti kulit kusam:

Kolagen

75% lapisan dermis kulit terdiri dari kolagen, protein yang bertanggung jawab untuk mengikat struktur kulit dan menjaga elastisitasnya. Karena kolagen memainkan peran penting dalam kondisi kulit, berkurangnya kadar kolagen dapat menyebabkan masalah seperti kulit yang kendur, pelindung kulit yang menipis, dan masalah kulit lainnya. Untuk mencegah masalah kulit ini dan menjaga kulit tetap sehat, kolagen merupakan salah satu kandungan yang harus dicari dalam skincare yang kita gunakan.

Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid adalah kandungan yang berguna untuk menjaga kelembapan pada kulit dan membantu menjaga kulit tetap sehat. Seperti kolagen, hyaluronic acid juga diproduksi secara alami oleh tubuh, namun produksinya berkurang seiring bertambahnya usia. Untuk menjaga kelembapan kulit, carilah skincare yang mengandung hyaluronic acid untuk memberikan hidrasi ke dalam lapisan kulit dan mempertahankan kelembapan kulit.

Gold Peptide Crystal

Kolagen merupakan komponen penting untuk menjaga kulit sehat, glowing, dan terlihat selalu muda. Untuk mendukung produksi kolagen, kita perlu mencari skincare yang mengandung Gold Peptide Crystals. Peptide adalah molekul protein yang diperlukan oleh sel untuk proses pembentukan kolagen, sedangkan gold crystals berfungsi untuk melindungi peptide agar tidak mudah terurai. Gold crystals telah lama digunakan sejak zaman Cleopatra untuk mendapatkan kulit kenyal dan cerah bercahaya. Kombinasi peptide dan gold crystals pada kandungan ini membuatnya 90x lebih stabil dan efektif dalam proses peremajaan kulit.

SPF dan PA

Kandungan SPF dan PA merupakan kandungan yang sudah sangat dikenal oleh beauty enthusiast, terutama karena sinar matahari adalah faktor utama penyebab penuaan dini. Untuk memberikan tambahan perlindungan pada kulit selama beraktivitas, sebaiknya gunakan skincare dengan kandungan SPF dan PA. SPF akan melindungi kulit dari sinar UVB, sedangkan PA akan memberikan perlindungan terhadap sinar UVA yang menyebabkan penuaan.

Botanical Oils

Botanical oils merupakan kandungan yang penting untuk memberikan nutrisi pada kulit. Terbuat dari ekstrak tumbuhan, botanical oils memberikan nutrisi ekstra dan membantu melembapkan kulit. Contohnya adalah chamomile oil, jojoba oil, macadamia oil, dan avocado oil. Botanical oils bermanfaat tidak hanya untuk kulit, tapi juga untuk kesehatan rambut. Sebaiknya pilih kandungan skin care yang sesuai dengan kondisi kulitmu dan hindari penggunaan kandungan yang dapat menyebabkan iritasi. Selain itu, jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat, termasuk olahraga, pola makan, dan istirahat cukup, untuk menjaga kulit tetap sehat.