image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

kesalahan mencuci muka menyebabkan jerawat

Kesalahan Mencuci Muka Menyebabkan Jerawat yang Paling Sering Dilakukan

Eva Mulia – Mencuci muka adalah salah satu ritual yang paling sederhana dilakukan. Namun, dalam urusan mencuci wajah, harus dilakukan dengan tepat. Tidak boleh berlebihan, tapi juga tidak boleh terlalu jarang. Mencuci wajah cukup dilakukan dua kali sehari saja. Apalagi jika Anda sedang memiliki kondisi kulit berminyak dan berjerawat. Minyak berlebih pada wajah dan residu produk perawatan yang Anda kenakan di malam sebelumnya, sebaiknya Anda bersihkan di pagi hari. Berikut ini kesalahan mencuci muka menyebabkan jerawat.

Kesalahan Mencuci Muka Menyebabkan Jerawat

kesalahan mencuci muka menyebabkan jerawat

1. Sembarangan Memilih Produk

Banyak orang yang asal memilih pembersih muka hanya karena alasan rekomendasi dari teman atau tergoda pada iklan di televisi. Setiap orang pasti pernah punya keluhan seputar kulit, mulai dari jerawat membandel, flek hitam, bahkan wajah berminyak. Oleh karena itu, kanali jenis kulit wajah Anda dan apa masalah utama yang Anda hadapi. Sehingga Anda bisa memilih pembersih muka yang tepat. Pembersih muka yang baik harus bisa menghilangkan segala jenis kotoran, sisa makeup, dan debu yang menempel.

2. Terlalu Sering Mencuci Muka

Tahukah Anda bahwa terlalu sering mencuci muka bukannya menjadi bersih, justru akan membuat kulit iritasi dan merangsang produksi minyak berlebih. Oleh karena itu, batasi ritual cuci muka cukup 2 kali sehari, pagi dan malam hari. Jika Anda hanya beraktivitas di dalam ruangan, tidak menggunakan makeup, dan tidak berkeringat terlalu banyak. Anda bisa mencuci muka dengan air hangat di malam hari.

3. Terlalu Sering Eksfoliasi

Saat wajah Anda sedang mengalami masalah, maka salah satu yang harus dilakukan yaitu dengan perawatan kulit. Nah, salah satunya dengan melakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit. Eksfoliasi harus dilakukan secara rutin sekitar seminggu sekali. Tetapi jangan berlebihan, teknik menggosok scrub atau exfoliant juga harus tepat, jika tidak bisa membuat kulit menjadi kering, iritasi, peradangan, dan infeksi. Kondisi ini akan merusak kemampuan kulit untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Cara melakukan eksfoliasi yang benar yaitu dengan memijat dengan pola melingkar lembut mulai dari leher dan perlahan-lahan bergerak ke atas.

4. Membilas Muka dengan Terburu Buru

Mencuci muka yang terburu-buru justru tidak efektif dalam menyingkirkan kotoran dan minyak. Untuk itu, sebaiknya gunakan milk cleanser pada wajah. Usapkan cleanser perlahan dengan gerakan melingkar ke atas. Lakukan selama 30 detik hingga minyak dan sisa makeup hilang. Setelah itu, bilas dengan air sampai bersih.

5. Produk Berbahan Kimia Berbahaya

Kesalahan mencuci muka menyebabkan jerawat berikutnya yaitu menggunakan produk berbahan kimia berbahaya. Perhatikan komposisi yang terkandung dalam produk pembersih Anda. Jauhkan dari bahan kosmetik yang berbahaya, seperti pengharum, pewarna dan paraben. Selain itu, hindari juga sodium lauril sulfat (SLS), deterjen berkonsentrasi tinggi yang biasa dipakai untuk pembersih kotoran mesin, pembersih lantai, dan shampo mobil. SLS merupakan faktor risiko umum terjadinya reaksi alergi dan iritasi pada kulit wajah.

6. Kebiasaan Menggosok

Semua jenis kulit, harus berhati-hati dalam mengaplikasikan pembersih, masker, atau exfoliant. Hindari menggosok pembersih terlalu kencang sehingga kulit tertarik. Selain itu, jangan menggosokkan handuk ke wajah saat mengeringkan wajah. Kedua hal ini akan mengancam elastisitas kulit wajah. Biarkan wajah mengering dengan sendirinya atau tepuk-tepuk muka dengan handuk bersih.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Buah – Buahan

Leave a Reply