image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Kandungan Acid yang Digunakan Dalam Produk Skin Care - evamulia

6 Kandungan Acid yang Biasa Digunakan Dalam Produk Skin Care

Eva Mulia – Kandungan Acid Produk Skin Sare – Acid atau asam memang biasa digunakan dalam produk skincare. Ada berbagai macam acid yang punya manfaat baik untuk kulit. Sebelum membeli dan memakai produk skincare, ada baiknya untuk mengetahui kandungan apa yang ada di dalam produk tersebut, termasuk tahu fungsi acid apa yang ada di dalamnya.

Beberapa manfaat acid bisa kita rasakan seperti mencegah penuaan, menyamarkan noda, sampai membersihkan kulit sehingga mampu membasmi penyebab jerawat. Simak di artikel ini ya untuk tahu acid apa saja yang biasa digunakan dan apa manfaatnya untuk kulit kita.

Kandungan Acid yang Digunakan Dalam Produk Skin Care - evamulia

1. HYALURONIC ACID

Kandungan acid satu ini mungkin sering Anda temui dalam produk perawatan anti-aging, namun apakah Anda tahu akan khasiat lainnya? Hyaluronic Acid (HA) atau asam hialuronat sebenarnya berperan sebagai kandungan alami dalam kulit yang menghidrasi dan melembapkan.

Kandungan ini juga dapat meredakan inflamasi dan berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas. HA mampu menjaga kelembapan kulit lebih lama sehingga kulit terbebas dari dehidrasi. Jadi, jika kulit sudah cukup hidrasi, keriput dan tanda penuaan lainnya bisa Anda cegah.

2. LACTIC ACID

Sering mengonsumsi susu, buah atau sayuran? Ternyata ada kandungan lactic acid, lho di dalamnya. Nah, kalau susu, buah dan sayuran tersebut berperan dari dalam tubuh Anda, sedangkan dari luar tubuh, produk dengan kandungan ini mampu menghasilkan kulit lembut dan bebas iritasi. Lactic acid juga dapat mencerahkan kulit. Dan bagi pemilik kulit sensitif, kandungan ini tergolong aman untuk Anda gunakan.

3. GLYCOLIC ACID

Tak berbeda jauh dengan dua kandungan acid sebelumnya, glycolic acid juga dikenal efektif dalam melawan tanda-tanda penuaan karena mampu mempercepat pergantian sel kulit berkat efek eksfoliasinya yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

Kandungan ini juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit karena bisa memudarkan noda-noda di wajah.  Nah, jika Anda ingin memakainya setiap hari, pilih produk dengan 6-12 persen kandungan glycolic acid di dalamnya. Kadar ini memberikan manfaat lebih baik tanpa risiko pada kulit Anda.

4. SALICYLIC ACID

Nah, kalau acid yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi yang pernah pakai skincare untuk membasmi jerwat. Ya, salicylic acid merupakan salah satu kandungan ampuh untuk menghilangkan bekas dan mengatasi jerawat! Kenapa asam salisilat ini ampuh?

Biasanya jerawat muncul akibat kandungan minyak berlebih pada wajah yang tercampur dengan kotoran sehingga menumpuk dan menyumbat pori-pori. Kondisi ini memicu perkembangan bakteri penyebab jerawat yang bersarang di dalam kulit. Salicylic acid inilah kandungan yang mampu bekerja membersihkan kulit sampai ke dalam pori-pori dan melawan bakteri penyebab jerawat.

5. RETINOIC ACID

Retinoic Acid atau tretinoin merupakan turunan dari vitamin A yang umumnya digunakan untuk melawan tanda-tanda penuaan dini. Cara kerja kandungan ini adalah dengan memicu pertumbuhan sel-sel kulit baru dan memperkuat lapisan dalam kulit.

Hiperpigmentasi pada kulit bisa disamarkan dengan produk yang mengandung retinoic acid.  Ada satu hal yang perlu Anda ingat saat memakai produk dengan kandungan acid, yaitu biasanya pada sebagian wanita beberapa hari di awal pemakaian kulit akan mengelupas dan mungkin juga sedikit merah. Namun hal itu wajar karena kandungannya sedang bekerja untuk regenerasi kulit.

6. MYRISTIC ACID

Mungkin kandungan acid satu ini masih terdengar asing di telinga Anda. Myristic Acid atau tetradecanoic acid sering ditemui pada biji pala, minyak kelapa sawit dan minyak kelapa.

Di industri kecantikan sendiri, kandungan ini banyak berperan penting saat membersihkan wajah, serta efektif menyerap minyak berlebih dan kotoran di kulit. Namun, perhatikan juga kadar pemakaiannya ya agar tidak menimbulkan kekeringan pada kulit.

Leave a Reply