Hati-Hati, Ini Kebiasaan yang Salah Saat Pakai Moisturizer!

Eva Mulia Clinic – Hati-Hati, Ini Kebiasaan yang Salah Saat Pakai Moisturizer! – Pernahkah kamu merasa kulit wajahmu kering dan kusam? Atau, kamu sering mengalami jerawat dan komedo? Bisa jadi, salah satu penyebabnya adalah kebiasaan yang salah saat menggunakan moisturizer.

Moisturizer merupakan produk skincare yang penting untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Namun, penggunaannya yang tidak tepat justru dapat memperburuk kondisi kulit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui kebiasaan yang salah saat menggunakan moisturizer agar kamu dapat menghindarinya.

Kebiasaan Salah Saat Menggunakan Moisturizer yang Harus Dihindari

Moisturizer

Berikut adalah beberapa kebiasaan salah saat menggunakan moisturizer yang harus kamu hindari:

1. Menggunakan moisturizer saat kulit kering

Kesalahan pertama yang sering dilakukan adalah menggunakan moisturizer saat kulit sudah terasa kering. Hal ini justru tidak memberikan manfaat yang maksimal karena air di dalam moisturizer akan menguap sebelum meresap ke dalam kulit.

Tips: Gunakan moisturizer saat kulit masih lembap, seperti setelah mencuci muka dengan sabun cuci muka yang lembut atau setelah menggunakan toner. Hal ini membantu mengunci kelembapan alami kulit dan membuat moisturizer lebih mudah meresap.

2. Jarang memakai moisturizer

Banyak orang yang beranggapan bahwa moisturizer hanya perlu digunakan saat cuaca panas atau kering. Anggapan ini keliru karena kulit membutuhkan kelembapan setiap hari, terlepas dari cuaca.

Tips: Gunakan moisturizer secara rutin, minimal dua kali sehari, yaitu pada pagi hari setelah mencuci muka dan setelah menggunakan sunscreen dan pada malam hari sebelum tidur.

3. Menggunakan moisturizer yang tidak sesuai dengan jenis kulit

Ada berbagai jenis moisturizer yang diformulasikan untuk jenis kulit yang berbeda. Memilih moisturizer yang tidak sesuai dengan jenis kulit dapat menyebabkan masalah seperti jerawat, komedo, atau kulit kering.

Baca Juga:  Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Menghilangkannya!

Tips: Pilihlah moisturizer yang sesuai dengan jenis kulitmu.

  • Untuk kulit kering: Pilihlah moisturizer yang mengandung bahan pelembap, seperti hyaluronic acid, glycerin, atau ceramides.
  • Untuk kulit berminyak: Pilihlah moisturizer yang non-comedogenic dan oil-free.
  • Untuk kulit sensitif: Pilihlah moisturizer yang hypoallergenic dan fragrance-free.

4. Mengaplikasikan moisturizer dengan cara menggosok

Menggosok kulit saat mengaplikasikan moisturizer dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada kulit.

Tips: Aplikasikan moisturizer dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan dengan menggunakan ujung jari hingga meresap. Hindari gerakan menggosok atau menarik kulit.

5. Menggunakan makeup langsung setelah memakai moisturizer

Memberikan waktu jeda antara penggunaan moisturizer dan makeup adalah hal yang penting. Hal ini agar moisturizer dapat meresap ke dalam kulit dengan sempurna dan tidak membuat makeup menjadi cakey.

Tips: Tunggu 10-15 menit setelah mengaplikasikan moisturizer sebelum menggunakan makeup.

6. Tidak menggunakan sunscreen

Sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari. Penggunaan sunscreen yang tidak rutin dapat menyebabkan kulit kusam, keriput, dan bahkan kanker kulit.

Tips: Gunakan sunscreen setiap hari, minimal SPF 30, sebelum beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah sunscreen yang broad spectrum dan water-resistant.

7. Mencuci muka terlalu sering

Mencuci muka terlalu sering dapat menghilangkan minyak alami pada kulit, sehingga kulit menjadi kering dan iritasi.

Tips: Cuci muka dua kali sehari, pagi dan malam, menggunakan sabun cuci muka yang lembut dan sesuai dengan jenis kulitmu.

8. Tidak menggunakan pelembab bibir

Bibir juga membutuhkan kelembapan.

Tips: Gunakan pelembab bibir secara rutin, minimal sekali sehari. Pilihlah pelembab bibir yang mengandung SPF untuk melindungi bibir dari sinar UV matahari.

9. Mengabaikan area leher dan dada

Baca Juga:  Apa Saja Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Tubuh

Leher dan dada juga merupakan bagian tubuh yang perlu dijaga kelembapannya.

Tips: Aplikasikan moisturizer pada leher dan dada setiap hari.

10. Tidak mengecek tanggal kadaluarsa moisturizer

Menggunakan moisturizer yang sudah kadaluarsa dapat menyebabkan iritasi dan alergi pada kulit.

Tips: Cek tanggal kadaluarsa moisturizer secara rutin dan buang jika sudah kadaluarsa.

Tips Tambahan:

  • Eksfoliasi kulit secara rutin. Eksfoliasi membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat kulit lebih mudah menyerap moisturizer. Lakukan eksfoliasi 1-2 kali seminggu untuk kulit normal, sekali seminggu untuk kulit berminyak, dan sekali bulan untuk kulit sensitif. Gunakan produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulitmu.
  • Perhatikan pola makan. Pola makan yang sehat dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin A, C, dan E, serta asam lemak omega-3.
  • Minum air putih yang cukup. Dehidrasi dapat menyebabkan kulit kering. Minum air putih yang cukup, minimal 8 gelas per hari, dapat membantu menjaga kelembapan kulit.
  • Kelola stress. Stress dapat memperburuk kondisi kulit. Carilah cara untuk mengelola stress, seperti yoga, meditasi, atau berolahraga secara teratur.
  • Konsultasikan dengan dokter kulit. Jika kamu memiliki masalah kulit yang serius, sebaiknya konsultasikan dengan dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Kesimpulan

Moisturizer merupakan produk skincare yang penting untuk menjaga kesehatan dan kelembapan kulit. Namun, penggunaannya yang tidak tepat justru dapat memperburuk kondisi kulit.

Dengan menghindari kebiasaan yang salah saat menggunakan moisturizer dan menerapkan pola hidup sehat, kamu dapat menjaga kesehatan dan kecantikan kulitmu. Kulit yang sehat dan terawat akan membuatmu tampil lebih percaya diri.