image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

kacang tidak menyebabkan jerawat

Kacang Tidak Menyebabkan Jerawat, Tapi Cara Mengolahnya Harus di Perhatikan

Bagaimana Jerawat Dapat Tumbuh?

Kacang tidak menyebabkan jerawat- Pada umumnya jerawat pada wajah muncul karena kondisi hormon androgen. Hormon ini akan mulai aktif saat remaja. Kepekaan kulit terhadap hormon ditambah dengan bakteri pada kulit serta asam lemak di dalam kelenjar minyak membuat jerawat tumbuh.

Hal lainnya yang menjadi pemicu munculnya jerawat adalah menyentuh atau memencet jerawat, faktor makanan juga bisa menimbulkan jerawat.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ada jenis makanan yang dapat menyebabkan jerawatan. Para ahli dari Harvard School of Public Health di Amerika Serikat pada tahun 2005 dan 2006, melakukan dua penelitian untuk melihat hubungan antara susu dengan timbulnya jerawat. Kedua penelitian tersebut menyimpulkan adanya hubungan antara konsumsi susu sapi dengan tumbuhnya jerawat pada wajah mereka.

Selain itu, ada juga beberapa penelitian yang sudah dilakukan dengan makanan jenis lain dan sudah terbukti, Seperti cokelat dan makanan dengan indeks glikemik yang tinggi.

Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi dapat meningkatkan kadar hormon insulin. Kadar insulin yang terus bertambah akan meningkatkan kadar hormon androgen. Hormon androgen inilah yang mendorong produksi sebum atau minyak. Produksi minyak yang berlebih akan meningkatkan kemungkinan terjadinya jerawat.

Salah satu studi yang telah membuktikan hal ini adalah penelitian dalam JAMA Dermatology tahun 2002 silam. Para ahli melibatkan 1.300 responden di Kitavan Papua Nugini dan orang-orang Aché di Paraguay (Amerika Selatan) yang mencari makan dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan langsung dari alam.

Semua responden sama sekali tidak mengkonsumsi makanan dengan indeks glikemik yang tinggi seperti sereal, kue kering, roti, dan sebagainya. Mereka juga hanya mengkonsumsi sedikit makanan olahan dari susu, alkohol, gula, kopi dan garam. Orang Kitavan hanya makan buah, ikan, dan kelapa. Sedangkan Orang Aché hanya makan makanan yang dipanen dari lokal, yaitu kacang-kacangan dan jagung. Setelah diamati lebih dalam, tidak ditemukan satu pun kasus munculnya jerawat pada penduduk Kitavan dan Aché.

Kacang Tidak Menyebabkan Jerawat

kacang tidak menyebabkan jerawat

Sampai saat ini ada banyak orang yang mengira bahwa kacang bikin jerawat. Namun para ahli masih berbeda pendapat akan hal ini. Dengan dilakukannya penelitian oleh American Academy of Dermatology dan the Journal of American Medical Association menyatakan bahwa kacang tidak menyebabkan jerawat.

Banyak orang yang percaya bahwa kacang bisa menimbulkan jerawatan karena kacang-kacangan mengandung lemak. Padahal, lemak yang paling banyak terkandung dalam kacang adalah lemak tak jenuh. Lemak ini merupakan jenis lemak  yang justru punya manfaat baik buat kesehatan.

Namun, jika Anda makan kacang-kacangan yang diolah dengan cara digoreng, kadar lemak jenuhnya akan menjadi tinggi. Ini karena minyak yang digunakan untuk menggoreng mengandung lemak jenuh. Jadi hindari mengkonsumsi gorengan, termasuk kacang goreng, dalam jumlah berlebihan memang dapat memicu masalah pada kulit seperti jerawat.

Leave a Reply