Jerawat Meradang? Ini Cara Cepat dan Efektif Menghilangkannya

Eva Mulia Clinic – Jerawat Meradang- Jerawat yang meradang dapat sangat mengganggu. Jerawat berwarna merah terjadi ketika sebum (minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak di kulit) melewati dinding folikel kulit dan masuk ke dalam pori-pori. Di dalam pori, sebum bercampur dengan sel kulit mati, yang menyumbat pori dan membuat bakteri jerawat tumbuh. Sisa radikal bebas juga dapat merusak jaringan kulit, menyebabkan warna kemerahan pada jerawat.

Jerawat yang tidak terinfeksi biasanya akan hilang dengan sendirinya, meskipun mungkin memakan waktu yang lama.

Tips Mengatasi Jerawat Meradang

Namun, bagaimana cara agar jerawat yang meradang dapat segera sembuh dan membaik? Ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk membantu menyembuhkan jerawat meradang, seperti:

Kompres Menggunakan Es Batu

Jika Anda ingin mengurangi peradangan pada jerawat dengan cepat, Anda dapat mencoba mengompres jerawat dengan es batu. Caranya cukup mudah: bungkus es batu dalam kain bersih dan kompreskan ke area wajah yang terkena jerawat. Setelah beberapa menit, ulangi proses tersebut sampai peradangan pada jerawat mereda. Namun, jangan terlalu kencang saat mengompres dengan es batu, karena dapat merusak jerawat dan memicu infeksi.

Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi mungkin telah menjadi salah satu produk yang umum digunakan untuk menghilangkan jerawat, terutama karena kandungan silika yang terdapat di dalamnya. Silika merupakan zat yang dapat membantu mengeringkan jerawat. Namun, jika Anda memilih menggunakan pasta gigi untuk mengatasi jerawat, hindari yang mengandung mentol. Bahan ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan memicu munculnya jerawat baru. Selain itu, orang-orang dengan kulit sensitif mungkin tidak cocok menggunakan pasta gigi, karena bahan-bahan yang terkandung di dalamnya dapat menyebabkan iritasi.

Menggunakan Aspirin

Aspirin bukan hanya digunakan untuk mengobati sakit kepala, tetapi juga dapat membantu mengurangi kemerahan yang terjadi pada jerawat. Aspirin mengandung asam salisilat, yang dapat mengelupas sel kulit mati dan mengurangi peradangan. Untuk menggunakan aspirin sebagai obat jerawat, Anda dapat membelah aspirin menjadi dua bagian, kemudian tumbuk menjadi bubuk. Tambahkan sedikit air hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada jerawat yang meradang. Ingat untuk tidak mengoleskan aspirin terlalu banyak atau terlalu sering, karena dapat menyebabkan iritasi.

Tips Hilangkan Bekas Jerawat

Setelah peradangan jerawat dapat teratasi, masalah berikutnya yang mungkin dihadapi adalah bekas jerawat. Untuk menghilangkan bekas jerawat, penting untuk memahami risiko yang mungkin terjadi dan berbagai metode yang tersedia untuk mengembalikan kecerahan kulit. Jangan melakukan perawatan secara sembarangan, karena ini dapat memperburuk kondisi kulit. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat, seperti:

Menggunakan Madu

Madu adalah bahan alami yang banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Madu dapat membantu mencegah bibir yang kering dan meningkatkan imunitas tubuh dengan mengurangi panas dalam. Selain itu, madu juga dapat bermanfaat dalam menghilangkan bekas jerawat dan mengurangi terbentuknya jaringan parut pada luka. Cara mengaplikasikannya cukup mudah: cukup oleskan madu pada area yang memiliki bekas jerawat. Jangan lupa untuk memastikan bahwa madu yang Anda gunakan adalah madu murni dan tidak mengandung bahan tambahan lain.

Menggunakan Baking Soda

Baking soda dapat bekerja aktif untuk mengangkat sel kulit mati dan mengurangi bekas jerawat. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan baking soda dengan air hingga menjadi pasta, lalu oleskan pada wajah. Setelah menggunakan baking soda, sebaiknya gunakan pelembab untuk mencegah kulit menjadi kering. Jangan gunakan masker baking soda lebih dari 10-15 menit agar kulit tidak terlalu mengering. Anda juga dapat menggunakan baking soda dengan memijat wajah, kemudian bilas dengan air. Pastikan untuk tidak menggunakan baking soda terlalu sering atau dalam jumlah yang terlalu banyak, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Menggunakan Lidah Buaya

Lidah buaya mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda sebagai tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan rambut dan kulit. Lidah buaya dapat membantu menyuburkan rambut, sementara untuk kulit, kandungan dari tanaman ini dapat menyamarkan bekas jerawat dan mencerahkan area wajah yang gelap. Anda dapat menggunakan lidah buaya dengan cara memasukkannya ke dalam produk perawatan kulit atau mengaplikasikannya secara langsung pada kulit. Pastikan untuk tidak menggunakan lidah buaya terlalu sering atau dalam jumlah yang terlalu banyak, karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Menggunakan Jus Lemon

Lemon tidak hanya memiliki rasa yang menyegarkan, tetapi juga efektif dalam mengurangi bekas jerawat. Hal ini disebabkan karena kandungan antioksidan yang dimiliki lemon. Vitamin C yang terkandung dalam lemon dapat menyamarkan bekas jerawat dengan efektif. Namun, cara ini tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki kulit wajah yang sensitif karena dapat menyebabkan iritasi.

Untuk mencegah peradangan jerawat kembali terjadi, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan seperti mencuci wajah sebelum tidur. Meskipun mungkin merasa malas untuk mencuci wajah setelah seharian bekerja, jangan lupa bahwa kulit perlu dibersihkan agar tidak terjadi peradangan jerawat. Jangan menganggap wajah sudah bersih hanya karena tidak terlihat kotoran, karena masih ada kemungkinan bakteri atau minyak yang tertinggal di wajah yang dapat memicu peradangan jerawat.

Selain mencuci wajah dengan baik, Anda juga dapat menjaga kesehatan kulit dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan sayur dan buah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sayur dan buah secara teratur dapat membantu mencegah kerusakan kulit dan membantu dalam penyembuhan jerawat. Anda juga dapat mengurangi konsumsi gula berlebihan untuk menjaga kulit sehat. Daripada harus merasakan sakitnya jerawat, lebih baik melakukan perawatan secara teratur.

%d bloggers like this: