Jerawat diketiak saat hamil

Jerawat Diketiak Saat Hamil: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Klinik Eva Mulia – Masalah jerawat terkadang sering jadi sesuatu yang menakutkan, terutama saat tumbuh pada masa-masa kehamilan. Nah salah satu masalah yang dialami ibu hamil yaitu tumbuhnya jerawat di ketiak. Hal ini dikarenakan oleh beberapa asumsi tentang  jerawat di ketiak. Khususnya bila dialami ketika kondisi hamil sehingga dikait-kaitkan dengan kondisi bayi didalam perut hingga berbagai pertanda bahaya lainnya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang bahaya jerawat di ketiak saat hamil beserta cara mengatasinya.

Penyebab dan Bahaya Jerawat Di ketiak Saat Hamil

Jerawat diketiak saat hamil

Salah satu masalah kulit yang paling sering dialami, ternyata letak munculnya jerawat terkadang dihubungkan dengan kondisi yang terjadi dalam tubuh. Beberapa kondisi diantaranya bahkan di bisa dibilang berbahaya, terutama jika dialami dalam kondisi hamil. Berikut ini ada beberapa bahaya jerawat di ketiak saat hamil.

1.Infeksi Bakteri

Bahaya jerawat diketiak saat hamil  yang pertama yaitu adanya suatu pertanda bahwa infeksi bakteri sedang bersarang di tubuh Anda. Nah salah satu tanda atau penyebab tumbuhnya jerawat hingga penyebab jerawat bernanah dan gatal karena adanya infeksi bakteri, dimana bakteri tersebut masuk dalam pori-pori kulit. Ketika bakteri itu di diamkan dan terus berkembang biak dalam pori-pori maka akan menyebabkan jerawat meradang,  termasuk pada pori-pori kulit ketiak anda. Kondisi ini biasanya akan mudah terjadi pada saat masa kehamilan.

2. Infeksi Virus

Jerawat di ketiak juga menjadi salah satu pertanda adanya infeksi virus. Beberapa diantara infeksi virus tersebut seperti penyakit AIDS, herpes, hingga cacar air yang mungkin disebabkan oleh adanya infeksi virus. Dimana beberapa penyakit tersebut sangat berbahaya bagi masa kehamilan, sehingga jerawat di ketiak saat hamil sering menjadi sesuatu yang harus di waspadai.

3. Pertanda Fibroadenoma

Bahaya jerawat di ketiak saat hamil yang selanjutnya yaitu adanya kemungkinan terkena fibroadenoma. Fibroadenoma ini adalah suatu penyakit yang ditandai dengan tumbuhnya benjolan seperti jerawat yang disebabkan karena adanya kelebihan kelenjar penghasil susu atau lobulus dan pertumbuhan abnormal jaringan disekitar payudara. Kondisi ini termasuk salah satu tumor jinak yang tidak berpotensi menjadi kanker. Meskipun demikian, adanya jerawat di ketiak saat hamil harus di waspadai dengan penuh perhatian.

4. Kanker Payudara

Dan yang terakhir dari bahaya jerawat di ketiak saat hamil adalah adanya kemungkinan yang dihubungkan dengan pertanda kanker payudara. Hal ini disebabkan karena sel-sel kanker menyerang, sehingga  pertumbuhan sel-sel payudara akan menjadi tidak terkontrol atau menjadi abnormal. Biasanya pertumbuhan sel tersebut menyebabkan adanya penebalan kulit yang menyerupai jerawat di sekitar payudara, termasuk juga pada ketiak.

Nah itulah beberapa bahaya jerawat di ketiak saat hamil yang pastinya memerlukan perhatian khusus untuk menanganinya. Oleh karena itu, berikut ini ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Jerawat Di ketiak saat Hamil

Anda dapat mengatasi jerawat di ketiak saat hamil dengan bantuan beberapa bahan alami serta bantuan dokter. Beberapa cara mengatasi jerawat di ketiak diantaranya adalah:

• Lidah Buaya

Lidah buaya sudah tidak diragukan lagi dalam mengatasi jerawat. Salah satu manfaat lidah buaya untuk jerawat bisa dilihat dari kandungan Vitamin E didalamnya yang bisa berperan sebagai antioksidan untuk mencegah terjadinya peradangan dan infeksi pada jerawat. Selain itu tanaman ini juga bisa membantu proses pengangkatan sel kulit mati lebih efektif, sehingga jerawat akan lebih mudah mengempis. Cara memakainya, Anda hanya perlu membilas jerawat di ketiak hingga bersih dan oleskan gel lidah buaya secara merata. Bilas kembali saat olesan gel lidah buaya sudah mengering.

• Larutan Garam

Anda juga bisa menggunakan larutan garam. Caranya larutkan garam dengan air hangat dan oleskan  pada jerawat di ketiak anda secara rutin setiap harinya. Hasilnya larutan garam ini bisa membantu membunuh bakteri penyebab jerawat dan mengempiskan jerawat lebih cepat.

• Konsultasi Dokter

Disamping dua cara alami mengatasi jerawat di ketiak saat hamil diatas, cara yang paling efektif dan aman adalah dengan melakukan konsultasi dengan dokter kulit. Melakukan konsultasi dengan dokter kulit juga bisa membantu anda untuk mengetahui secara pasti jerawat apa yang bersarang di ketiak anda, sehingga anda tidak perlu khawatir dengan beberapa kemungkinan bahaya jerawat di ketiak seperti yang dijelaskan sebelumnya. Selain itu, anda juga akan mendapatkan perawatan yang sesuai dan aman dibanding dengan cara lainnya.

Demikian ulasan mengenai jerawat diketiak saat hamil beserta bahaya dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat.