Dapatkah Melasma disembuhkan dengan Produk Skincare?

Evamuliaclinic – cara menyembuhkan melasma – Melasma merupakan salah satu masalah kulit yang sering dihadapi oleh sebagian besar orang karena sering beraktivitas di bawah terik matahari. Paparan sinar matahari yang berlebihan dan kulit yang tidak terlindungi dengan tabir surya dapat menyebabkan munculnya flek hitam pada kulit, terutama pada wajah. Bintik hitam ini sering disebut melasma. Ada banyak cara untuk menghilangkan melasma, tapi apakah cukup menggunakan produk perawatan kulit saja?

Dapatkah Melasma disembuhkan dengan Produk Skincare?

Masalah kulit ini memanglah bukan masalah serius yang menyebabkan rasa sakit atau perih, namun melasma sangat merusak penampilan kulit wajah. Sebenarnya apa sih penyebab melasma yang bisa muncul di wajah ini?

Hormon

Naik turunnya hormon bisa menyebabkan melasma muncul. Tak heran melasma sering terjadi saat wanita hamil. Melasma dapat terjadi ketika wanita menggunakan atau menggunakan kontrasepsi hormonal seperti pengendalian kelahiran, terapi hormon, atau pil.

Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Hal yang mempengaruhi melasma adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Melasma dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan dan dapat memburuk jika terkena panas atau cahaya. Hal ini menunjukkan bahwa tabir surya atau sunblock yang dapat mencegah kanker kulit juga tidak sepenuhnya mampu mencegah melasma.

Tips Mengatasi Melasma di Rumah dengan Produk Skincare

Sebenarnya ada hal-hal yang dapat Anda lakukan di rumah untuk membantu regenerasi kulit dan mencegah kerusakan. Anda harus mengurangi paparan sinar matahari pada kulit dan melakukan beberapa hal di bawah ini.

Rutin membersihkan wajah dengan cleanser

Melasma dapat terjadi karena polusi dan pengaruh lingkungan. Partikel radikal bebas yang bersentuhan dengan kulit dapat merusak lapisan kulit dan membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Selalu pastikan untuk membersihkan wajah Anda dengan pembersih setiap malam sebelum tidur untuk membersihkan sisa partikel kotoran di wajah Anda.

Menggunakan Pelembap Secara Teratur

Meski menggunakan serum, sebaiknya tetap menggunakan pelembap secara rutin. Pelembab akan membantu mengembalikan lipid pelindung atau lemak kulit yang berfungsi melindungi kulit dari kerusakan lingkungan.

Gunakan Antioksidan untuk Meredakan Stres pada Kulit

Vitamin C dan Vitamin E dapat membantu merawat kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari yang berlebihan. Anda bisa menggunakan beberapa tetes serum yang mengandung vitamin C dan E ini untuk meningkatkan kesehatan kulit dan memperbaiki area kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

Lakukan Pencegahan Melasma

Melasma memang bisa hilang tapi bisa muncul kembali di beberapa titik. Jika Anda tidak hati-hati dan membiarkan kulit terpapar sinar matahari dalam waktu lama, melasma bisa datang kembali. Oleh karena itu perlu komitmen untuk terus merawat kulit agar terlindungi dari paparan sinar matahari guna mengurangi risiko melasma.

Karena menghilangkan melasma tidak mudah, Anda harus bersabar untuk mengatasi masalah kulit ini. Mulai sekarang kamu harus hati-hati dengan paparan sinar matahari ya! Ingatlah untuk selalu merawat kulit wajahmu

Leave a Comment

Your email address will not be published.