Cara Menggunakan Sunscreen untuk Perlindungan UV Optimal

Eva Mulia Clinic – cara menggunakan sunscreen – Tentunya Anda sudah mengetahui pentingnya menggunakan sunscreen  untuk melindungi kulit dari sinar UV. Namun, pernahkah Anda bingung bagaimana cara menggunakan sunscreen  sebelum makeup atau over makeup untuk perlindungan maksimal dan tahan lama? Jangan khawatir, Anda bisa menemukan panduan lengkap cara menggunakan sunscreen  dengan benar di artikel ini! Simak sampai habis untuk informasi lengkapnya, ya.

Langkah-langkah menggunakan sunscreen  yang tepat

Menggunakan sunscreen  memang menjadi rutinitas perawatan kulit yang wajib dimiliki oleh semua jenis kulit. Baik normal, kering, berminyak, kombinasi atau sensitif, semua harus menggunakan sunscreen  untuk melindungi kulit dari efek merusak sinar UV yang bisa menyerang siapa saja. Agar tidak salah memilih sunscreen , berikut beberapa langkah yang harus Anda perhatikan agar mendapatkan perlindungan UV yang optimal:

1. Pilih sunscreen  dengan SPF minimal 30

SPF atau Sun Protection Factor adalah ukuran standar perlindungan yang diberikan oleh sunscreen  untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVB yang berdampak instan pada kulit. Menurut beberapa penelitian, salah satunya oleh American Cancer Society, SPF 30 merupakan angka minimal yang baik untuk sunscreen  untuk memberikan perlindungan UVB yang maksimal.

The American Cancer Society juga memperingatkan bahwa sunscreen  dengan nilai SPF 15 hanya dapat melindungi terhadap efek sementara dari paparan sinar matahari, bukan terhadap efek jangka panjang seperti kanker kulit dan penuaan dini. .

Oh ya, nilai SPF juga bisa menunjukkan kekuatan perlindungan UVB. Misalnya, sunscreen  dengan SPF 15 melindungi kulit dari 93% sinar UVB, SPF 30 melindunginya dari 97% dan SPF 50 melindungi kulit dari 98% sinar UVB. Jadi, pastikan sunscreen  yang kamu pilih setidaknya memiliki SPF 30, ya!

2. Sunscreen  Spektrum Luas

Tidak hanya perlindungan UVB, kulit juga membutuhkan perlindungan dari sinar UVA yang memiliki efek jangka panjang pada kulit, seperti penuaan dini, kulit keriput dan risiko kanker kulit.

Untuk mendapatkan perlindungan UV penuh dan maksimal, pilih sunscreen  dengan label spektrum luas yang memberikan perlindungan UVA dan UVB. Dengan memilih sunscreen  dengan label spektrum luas, Anda dapat melindungi kulit Anda dari efek UV yang berbahaya seperti terbakar sinar matahari dan kemerahan, iritasi, kulit kusam, penuaan dini, dan kanker kulit.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Muka Sensitif: Cara Mengenali dan Merawat Kulit Sensitif Anda

3. Sunscreen  bertekstur ringan

Banyaknya sunscreen  yang terasa berat dan berminyak di kulit menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang masih malas menggunakan sunscreen . Padahal, sunscreen  merupakan perawatan kulit wajib yang harus dimiliki setiap orang.

Agar tidak malas menggunakan sunscreen , pastikan memilih sunscreen  dengan tekstur ringan dan cepat meresap ke dalam kulit. Ingatlah juga untuk memilih sunscreen  dengan kandungan non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori kulit Anda.

4. Gunakan sebelum aktivitas

Menggunakan sunscreen  bukan hanya saat kita berkunjung ke pantai lho. Sebaliknya, sunscreen  harus digunakan bahkan jika cuaca mendung dan hujan, atau jika Anda aktif di dalam ruangan. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan sunscreen  sebelum memulai aktivitas sehari-hari, ya!

5. Kocok sunscreen  sebelum digunakan

Sebelum menuangkan sunscreen, kocok terlebih dahulu kemasannya untuk mencampur partikel/isi sunscreen  yang menggumpal. Ini berlaku untuk jenis sunscreen  dengan kemasan tube atau spray, ya!

6. Berikan dosis yang cukup

Penggunaan sunscreen  juga harus dalam jumlah yang cukup untuk memberikan perlindungan UV yang merata. Untuk wajah dan leher, Anda bisa menggunakan maksimal dua jari. Untuk area tubuh seperti kaki, lengan dan lain-lain, Anda bisa menggunakan hingga 20ml (setara dengan satu sendok makan) atau lebih.

7. Hal yang Harus Dihindari Saat Menggunakan Sunscreen

Untuk mendapatkan perlindungan dan hasil terbaik, ada juga beberapa hal yang harus Anda hindari, seperti menggunakan terlalu banyak lapisan perawatan kulit dan menggunakan sunscreen  selama perawatan kulit sebelumnya untuk menghindari ruam. pilling, atau penggunaan produk perawatan kulit lainnya di atas sunscreen  yang dapat mengurangi lapisan perlindungan UV yang diberikan. oleh sunscreen . .

8. Oleskan kembali sunscreen  setiap 2 jam

Selain penting digunakan sebelum beraktivitas, kamu juga harus mengoleskan ulang sunscreen

Itu dia beberapa cara menggunakan sunscreen untuk mendapatkan perlindungan UV yang tahan lama, tanpa mengganggu berbagai aktivitas kamu. Setelah membaca poin terakhir, mungkin kamu sedikit bingung bagaimana cara reapply sunscreen saat wajah menggunakan makeup. Apakah harus menghapus makeup terlebih dahulu? Atau, bisa menggunakan sunscreen di atas makeup? Baca artikel ini hingga habis untuk ketahui jawabannya!

Cara Menggunakan Sunscreen di atas Makeup

Tenang saja, untuk melakukan reapply sunscreen, kamu tidak perlu menghapus makeup kamu terlebih dahulu, kok! Kamu bisa reapply sunscreen tanpa perlu merusak riasan wajahmu, sehingga tidak perlu membuang-buang waktu. Terdapat tiga cara menggunakan sunscreen di atas makeup yang bisa kamu lakukan, yaitu:

Baca Juga:  Rahasia Menyimpan Cream Malam Tanpa Kulkas

1. Reapply Langsung Menggunakan Tangan

Cara menggunakan sunscreen di atas makeup yang pertama adalah dengan menggunakannya secara langsung dengan telapak tangan. Untuk melakukannya, pastikan  tanganmu sudah bersih dari kotoran. Kemudian, tuangkan sunscreen di telapak tangan secukupnya lalu aplikasikan sunscreen di area wajah dengan cara tap-tap secara halus, lalu ratakan menggunakan jari secara perlahan. Setelah sunscreen meresap dengan sempurna, kamu bisa menggunakan compact powder atau loose powder untuk memberikan kompleksi wajah yang merata.

2. Reapply Menggunakan Beauty Blender

Selain menggunakan tangan secara langsung, kamu juga bisa menggunakan beauty blender atau spons untuk reapply sunscreen di atas makeup. Caranya, siapkan beauty blender atau spons yang sudah bersih lalu tuangkan sunscreen secukupnya ke telapak tangan. Oleskan sunscreen pada area wajah secara perlahan kemudian tap-tap sunscreen menggunakan beauty blender untuk meratakan sunscreen. Setelah sunscreen benar-benar meresap, kamu bisa menggunakan compact powder atau loose powder untuk memberikan kompleksi wajah yang merata.

3. Reapply Menggunakan Sunscreen Tekstur Spray

Sunscreen dengan tekstur spray seringkali lebih digemari untuk melakukan reapply setiap dua jam sekali. Hal ini bukanlah tanpa alasan, melainkan karena cara pengaplikasiannya yang simpel dan praktis.

Untuk reapply menggunakan sunscreen bertekstur spray, kamu bisa semprotkan sunscreen secukupnya ke telapak tangan, lalu tap-tap secara perlahan ke wajah. Pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati agar makeup yang kamu kenakan tidak bergeser atau luntur, ya!

Jika kamu ingin menyemprotkan secara langsung ke wajah, beri jarak sekitar 10-15 cm antara botol spray dengan wajah. Lalu semprotkan secara merata dalam kondisi mata tertutup.

Simpel sekali, bukan? Setelah mengetahui berbagai cara menggunakan sunscreen di atas makeup, kini saatnya kamu menentukan tekstur sunscreen yang cocok dan tepat untukmu.

Itulah beberapa cara menggunakan sunscreen  untuk mendapatkan perlindungan UV yang tahan lama, tanpa mengganggu berbagai aktivitas Anda. Setelah membaca poin terakhir, Anda mungkin akan sedikit bingung bagaimana cara mengoleskan kembali sunscreen  saat wajah Anda sudah di-make up. Haruskah saya menghapus riasan saya terlebih dahulu? Atau bisakah sunscreen  digunakan di atas riasan? Baca artikel ini sampai habis untuk menemukan jawabannya!

Baca Juga:  Bagaimana Cara Mencerahkan Wajah Remaja?

Cara menggunakan sunscreen  pada riasan

Jangan khawatir, untuk mengoleskan kembali sunscreen  tidak perlu menghapus riasan terlebih dahulu, kok! Anda dapat menerapkan kembali sunscreen  tanpa merusak riasan Anda, sehingga Anda tidak perlu membuang waktu. Ada tiga cara menggunakan sunscreen  di atas riasan yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Mengajukan permohonan kembali secara langsung dengan tangan

Cara pertama menggunakan sunscreen  di atas riasan adalah dengan menggunakannya langsung dengan telapak tangan. Untuk melakukan ini, pastikan tangan Anda bebas dari kotoran. Selanjutnya tuangkan sunscreen  secukupnya pada telapak tangan, lalu oleskan sunscreen  ke area wajah dengan gerakan menepuk-nepuk lembut, lalu ratakan dengan ujung jari. Setelah sunscreen  benar-benar terserap, Anda dapat menggunakan bedak padat atau bedak tabur untuk memberikan warna kulit yang merata.

2. Ajukan permohonan kembali menggunakan Beauty Blender

Selain menggunakan tangan secara langsung, Anda juga bisa menggunakan beauty blender atau spons untuk mengoleskan kembali sunscreen  di atas riasan Anda. Caranya, siapkan beauty blender atau spons bersih kemudian tuangkan sunscreen  secukupnya ke telapak tangan Anda. Oleskan sunscreen  secara perlahan ke area wajah, lalu tepuk-tepuk sunscreen  dengan beauty blender agar sunscreen  merata. Setelah sunscreen  benar-benar terserap, Anda dapat menggunakan bedak padat atau bedak tabur untuk memberikan warna kulit yang merata.

3. Terapkan kembali menggunakan tekstur semprotan matahari

Seringkali yang terbaik adalah mengoleskan sunscreen  dengan tekstur semprotan setiap dua jam. Ini bukan tanpa alasan, tetapi karena metode aplikasi yang sederhana dan nyaman.

Untuk menerapkan kembali menggunakan sunscreen  semprot bertekstur, Anda dapat menyemprotkan sunscreen  dalam jumlah yang cukup ke telapak tangan Anda dan kemudian tepuk-tepuk wajah Anda dengan lembut. Pastikan kamu melakukannya dengan hati-hati agar riasan yang kamu pakai tidak berubah atau luntur, ya!

Jika ingin menyemprotkan langsung ke wajah, sisakan jarak sekitar 10-15 cm antara botol semprot dengan wajah. Kemudian semprotkan secara merata dengan mata tertutup.

Sangat sederhana, bukan? Setelah mengetahui berbagai cara menggunakan sunscreen  pada riasan, kini saatnya Anda mencari tahu tekstur sunscreen  mana yang tepat untuk Anda.