image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Klinik eva mulia - Eva mulia klinik - Tips kecantikan - Mengatasi Jerawat Batu - Jika jerawat menimbulkan rasa nyeri di kulit, Anda dapat meredakannya dengan memakaian kompres air dingin. Pastikan kain atau handuk untuk mengompres yang Anda gunakan bersih agar tidak memunculkan masalah di kulit.

Cara Mengobati Dan Mengatasi Jerawat Batu

Klinik eva mulia – Eva mulia klinik – Tips kecantikan – Mengatasi Jerawat Batu – Jika jerawat menimbulkan rasa nyeri di kulit, Anda dapat meredakannya dengan memakaian kompres air dingin. Pastikan kain atau handuk untuk mengompres yang Anda gunakan bersih agar tidak memunculkan masalah di kulit.

Tempelkan kompres itu pada jerawat tidak lebih dari 15 menit agar pembengkakan dan rasa nyeri berkurang. Agar cepat sembuh, kita tidak disarankan untuk memencet jerawat. Tindakan ini bisa memperlambat proses penyembuhan kulit, bahkan memungkinkan terjadinya infeksi dan mengakibatkan kulit keropeng.

Langkah aman untuk mengobati jerawat ini adalah periksa ke dokter. Dokter dapat membantu Anda mencari penyebab munculnya jerawat sehingga keadaan ini dapat diatasi dengan cara yang tepat. Dokter akan memantau pemakaian obat untuk menangkal terjadinya efek samping.

Mengatasi Jerawat Batu

Klinik eva mulia - Eva mulia klinik - Tips kecantikan - Mengatasi Jerawat Batu - Jika jerawat menimbulkan rasa nyeri di kulit, Anda dapat meredakannya dengan memakaian kompres air dingin. Pastikan kain atau handuk untuk mengompres yang Anda gunakan bersih agar tidak memunculkan masalah di kulit.

Antibiotik

Adanya infeksi bakteri pada jerawat batu, menandakan bahwa keadaan tersebut dapat diobati dengan antibiotik. Obat ini bekerja untuk meminimalisir jumlah bakteri dan mengurangi peradangan sehingga membantu mengatasi jerawat batu. Sayangnya, obat ini tidak bekerja untuk mengurangi produksi sebum yang berlebihan dan sel kulit mati.

Untuk itu, obat ini tidak dipakai sebagai perawatan tunggal. Anda perlu memakai benzoil peroksida supaya hasilnya lebih optimal dan mengurangi risiko terjadinya resisten antibiotik,. Pengobatan ini hanya boleh dipakai dalam jangka pendek. Jika jerawat telah membaik, pengobatan akan dihentikan.

Menggunakan Isotretinon

Isotretinoin atau dikenal dengan accutane adalah obat yang diformulasikan untuk mengobati jerawat kistik. Namun, pemakaiannya mesti diperhatikan dokter, karena penentuan dosisnya yang disesuaikan dengan berat badan. Perawatan ini seringkali direkomendasikan untuk dilakukan jika pengguna antibiotik dan benzoil peroksida tidak terbukti ampuh.

Efek samping dari pemakaian obat ini antara lain:

  • Bibir pecah-pecah,
  • Nyeri sendi,
  • Penambahan kadar lipid, dan kehancuran hati.

Ibu hamil tidak diizinkan menggunakan obat ini karena dapat mengakibatkan kelainan bawaan, bayi lahir prematur, atau kematian. Untuk itu, sebelum dipakai oleh wanita, ia mesti meyakinkan lebih dahulu dirinya tidak sedang hamil

Benzoil Proksida

Benzoil peroksida sangat umum dipakai untuk mengobati jerawat ringan, sedang, dan parah. Obat ini bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab jerawat, yaitu Propionibacterium acnes (P. acnes) dan menghambat pertumbuhannya. Ada dua jenis benzoil peroksida yang tersedia, yaitu berbasis air dan alkohol.

Produk yang berbasis air memiliki efek mengeringkan kulit, hingga lebih sesuai digunakan untuk orang yang wajahnya berminyak. Sementara yang berbasis air, lebih baik digunakan untuk orang yang wajahnya kering.

Kalian dapat benzoil peroksida dengan Berbagai bentuk, seperti cairan pembersih, losion, krim, atau gel. Menggunakan obat ini di bawah pengawasan dokter menghindari terjadinya iritasi kulit sekaligus alergi.

Leave a Reply