Bolehkah Salicylic Acid digabungkan dengan Niacinamide?

Eva Mulia Clinic – Salicylic Acid digabungkan – Bahan aktif perawatan kulit memiliki manfaat yang berbeda, masing-masing dengan manfaat uniknya sendiri. Nah, terkadang kombinasi 2 bahan aktif atau lebih bisa meningkatkan efek yang Anda dapatkan.

Namun, bisa juga menggabungkan dua bahan aktif untuk mengiritasi kulit atau menyebabkan salah satu bahan aktif tidak bekerja dengan baik. Baik niacinamide dan Salicylic Acid memiliki manfaat dan manfaat kulit yang baik.

Bolehkah menggabungkan kedua bahan aktif ini?

Salicylic Acid digabungkan

 Yuk, lebih lanjut tentang niacinamide dan salicylic acid.

Salicylic Acid Sebagai Bahan Aktif Eksfolian

Salicylic Acid adalah bahan aktif yang mengelupas atau dapat melembutkan dan menghilangkan lapisan luar kulit. Senyawa asam ini biasa digunakan dalam chemical peeling dalam konsentrasi tinggi 10-50%.

Dengan menggunakan komponen ini, jerawat dan komedo akan berkurang secara efektif. Selain itu kandungan ini berfungsi sebagai exfoliator dan juga efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi seperti bekas jerawat, flek hitam dan melasma. Padahal, Salicylic Acid juga bisa menghaluskan permukaan kulit dengan mempercepat regenerasi sel kulit.

Salicylic Acid ditemukan dalam berbagai jenis produk perawatan kulit pada tingkat yang berbeda. Anda dapat menemukannya di sabun wajah untuk kulit berminyak dan berjerawat, serum, dan bahkan toner.

Saat ini, ada banyak toner yang menawarkan pengelupasan kulit ringan dan cukup lembut untuk digunakan setiap hari. Exfoliating toner ini umumnya mengandung 0.5% – 2% salicylic acid, produk ini sangat baik untuk mengurangi kadar minyak pada wajah. Pengelupasan ringan akan membuat wajah lebih cerah dengan pemakaian rutin.

Niacinamide untuk memperkuat penghalang kulit

Berbeda dengan Salicylic Acid yang merupakan asam keratolitik, niacinamide merupakan bentuk vitamin B3 yang memiliki banyak manfaat untuk kulit.

Niacinamide tidak menghilangkan lapisan luar kulit, sehingga niacinamide lebih aman untuk semua jenis kulit. Jika kulit Anda terlalu sensitif untuk menggunakan retinol atau terlalu kering untuk menggunakan produk AHA/BHA, niacinamide bisa menjadi pilihan Anda.

Karena niacinamide lebih baik ditoleransi oleh semua jenis kulit daripada Salicylic Acid.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa niacinamide dapat memerangi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit. Selain itu, kandungan ini juga dapat mengurangi garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan seperti kerutan.

Sering ditemukan di banyak produk perawatan kulit seperti pembersih wajah, serum, toner, dan krim, Anda bisa menyesuaikan produk yang Anda butuhkan.

Pada umumnya produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide akan mengandung bahan aktif lainnya karena niacinamide sudah cukup aman untuk dikombinasikan dengan bahan aktif lainnya dan tidak menimbulkan reaksi kulit yang merugikan.

Persamaan Niacinamide dan Salicylic Acid

Meskipun memiliki sifat dan mekanisme kerja yang berbeda pada kulit, kedua komponen ini memiliki beberapa fungsi yang sama untuk kulit.

Salah satu manfaatnya adalah dapat mengurangi minyak berlebih pada wajah. Tidak heran bahan aktif ini sangat baik digunakan pada kulit dan dihargai.

Salicylic Acid dan niacinamide dapat mengobati jerawat. Namun, mekanisme kerja kedua komponen ini berbeda. Salicylic Acid efektif dalam mengobati jerawat, komedo dan jerawat yang meradang.

Selain kemampuannya membersihkan pori-pori internal, Salicylic Acid juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi peradangan akibat jerawat. Di sisi lain, niacinamide dapat mengurangi peradangan pada jerawat dan memperkuat penghalang kulit sehingga kurang rentan terhadap bakteri penyebab infeksi jerawat.

Bisakah Salicylic Acid dicampur dengan niacinamide?

Seperti dijelaskan di atas, Salicylic Acid dan niacinamide memiliki banyak fungsi yang memiliki fungsi untuk kulit meskipun mekanisme dan sifatnya berbeda. Oleh karena itu, mencampur atau menggunakan kedua bahan ini secara bersamaan dapat meningkatkan efek menguntungkan pada kulit, terutama dalam fungsi menurunkan kadar sebum dan mengecilkan pori-pori kulit.

Salicylic Acid dan niacinamide keduanya bermanfaat untuk digunakan pada kulit kombinasi yang baik. Ya! Keduanya akan mengontrol keseimbangan lipid, mencegah dan mempercepat proses penyembuhan jerawat. Selain itu bekas jerawat akan teratasi karena keduanya memiliki fungsi mengatasi hiperpigmentasi.

Penjelasan singkat di atas sudah cukup untuk menjawab penggunaan Salicylic Acid dan niacinamide bukan? Anda tidak harus menggunakan keduanya dalam waktu yang bersamaan namun jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal tentunya anda bisa mengkombinasikan kedua bahan aktif tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *