Bisakah Jerawat Hilang dalam 1 Hari?

Bisakah Jerawat Hilang dalam 1 Hari? – Munculnya jerawat tentunya sangat menyebalkan. Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sangat umum. Kondisi ini terjadi ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati sehingga menyebabkan peradangan. Tidak hanya di wajah, jerawat juga bisa muncul di dada, punggung, bahu atau leher.

Ada beberapa penyebab jerawat, mulai dari perubahan hormon, konsumsi obat-obatan tertentu, jenis makanan tertentu, hingga stres. Jerawat akibat perubahan hormon sering kali diderita oleh remaja dan wanita dewasa.

Cara menghilangkan jerawat dalam semalam sering kali menjadi pilihan, kala jerawat muncul secara tak terduga.

Beragam Cara Menghilangkan Jerawat dalam 1 Hari

Agar tidak mengganggu penampilan Anda, terutama jika ingin menghadiri acara penting atau rapat keesokan harinya, ada beberapa cara menghilangkan jerawat dalam semalam, di antaranya:

1. Gunakan minyak pohon teh

Minyak pohon teh diekstraksi dari pohon Melaleuca alternifolia, asli Australia. Minyak ini dikenal dapat melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit, sehingga banyak digunakan untuk menghilangkan jerawat dalam semalam.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa menggunakan minyak pohon teh dapat secara signifikan mengobati jerawat ringan hingga sedang. Namun perlu diingat bahwa minyak pohon teh dapat menimbulkan efek samping, seperti kulit kering, iritasi, dan rasa terbakar.

Jika Anda ingin menggunakan minyak pohon teh untuk jerawat, Anda perlu mencampurnya dengan minyak pembawa, seperti minyak kelapa, minyak almond, atau minyak almond. Zaitun. Setelah tercampur, celupkan kapas dan oleskan ke jerawat Anda. Untuk menghindari kulit kering, oleskan pelembab sebelum tidur setelah menggunakan minyak pohon teh.

2. Oleskan obat jerawat

Krim jerawat yang banyak diiklankan di pasaran bisa menjadi cara menghilangkan jerawat dalam semalam. Penggunaannya langsung dioleskan pada jerawat yang meradang dan biasanya dibiarkan semalaman. Obat topikal ini paling banyak mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat.

Baca Juga:  Manfaat dan Bahaya Suntik Kolagen Bagi Tubuh

Benzoil peroksida sendiri dapat mengurangi peradangan dan melawan bakteri penyebab jerawat. Namun bahan ini bisa membuat kulit menjadi kering, sehingga hanya bisa digunakan sekali atau dua kali sehari.

Sementara itu, asam salisilat dapat menghilangkan jerawat dengan membersihkan kotoran yang terperangkap di pori-pori dan memperburuk jerawat atau komedo putih.

3. Gunakan teh hijau

Teh hijau diketahui mengandung antioksidan kuat dan senyawa anti inflamasi yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Selain itu, teh hijau juga kaya akan epigallocatechin gallate (EGCG), yang menurut angka penelitian dapat merawat kulit dan kulit.

Menggunakan teh sebagai cara untuk menghilangkan jerawat setelah hijau cukup sederhana. Anda hanya perlu menyeduh teh hijau dengan segelas air mendidih, diamkan selama 5 menit. Kemudian, keluarkan ampas atau kantong teh hijau, dan simpan di lemari es tertutup selama 3 hari.

Selanjutnya, basahi kapas dengan larutan teh hijau yang disimpan dan oleskan ke jerawat Anda. Cara ini dipercaya ampuh mengurangi peradangan jerawat dalam semalam.

4. Oleskan gel lidah buaya

Gel lidah buaya tentu tidak asing dengan rangkaian produk perawatan kulit. Memang, lidah buaya dipercaya mampu melawan bakteri penyebab jerawat, mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. Lidah buaya juga populer dalam pengobatan gangguan kulit, seperti ruam dan psoriasis.

Berkat manfaatnya untuk kulit, lidah buaya bisa menjadi cara menghilangkan jerawat dalam semalam. Anda cukup mengoleskan gel lidah buaya atau lidah buaya segar ke area kulit yang sudah disiapkan sebelum tidur.

Namun, saat menggunakan gel lidah buaya, pastikan produk yang Anda beli sudah memiliki izin edar dari BPOM, ya.

5. Menggunakan masker belerang (sulfur)

Mengoleskan masker wajah yang mengandung belerang bisa menjadi cara menghilangkan jerawat dalam semalam. Sulfur bekerja mirip dengan benzoil peroksida dan asam salisilat dalam mengobati jerawat, tetapi lebih lembut pada kulit.

Baca Juga:  Makanan Dengan Kolagen Alami

Meski memiliki aroma yang menyenangkan, belerang membantu menyerap minyak berlebih di kulit, membuka pori-pori sehingga kotoran lebih mudah keluar, dan mengurangi peradangan.

Anda bisa mengoleskan masker belerang pada area yang disediakan sendiri atau pada seluruh wajah. Tetapi pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan masker, karena ada masker belerang yang dapat dibiarkan semalaman dan beberapa perlu dibilas setelah beberapa menit.

6. Kompres dengan es batu

Cara Menghilangkan Jerawat Semalam Yang satu ini mungkin terdengar aneh, tapi manfaatnya bisa meredakan peradangan jerawat untuk sementara. Trik ini sering digunakan oleh para ahli kecantikan untuk mengurangi kemerahan, bengkak dan nyeri akibat jerawat.

Sebelum digunakan, bungkus terlebih dahulu es batu dengan kain lembut. Selanjutnya, letakkan es batu pada jerawat Anda selama 20-30 detik, lalu istirahatkan selama 1 menit. Anda bisa melakukan cara ini beberapa kali sehari, atau sebelum keluar rumah untuk mengurangi pembengkakan jerawat.

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengoleskan minyak esensial yang berasal dari kayu manis, mawar, atau lavender. Jus tomat dan lemon juga dipercaya dapat mengurangi jerawat jika dioleskan sebelum tidur.

Apapun metode yang Anda pilih untuk menghilangkan jerawat, selalu ingat untuk menjaga kebersihan kulit Anda setiap hari. Berikut beberapa tips membersihkan kulit agar terhindar dari jerawat:

  • Cuci muka minimal dua kali sehari atau setelah berkeringat
  • Gunakan pencuci muka bebas alkohol ringan untuk menghindari iritasi
  • Hindari menggosok kulit dengan kasar
  • Setelah mencuci muka, bilas dengan air hangat
  • Cuci secara teratur atau setiap hari jika Anda memiliki rambut berminyak

Saat jerawat muncul, jangan pernah memencetnya. Memencet jerawat hanya akan meningkatkan risiko infeksi dan munculnya bekas jerawat yang sulit dihilangkan.

Baca Juga:  Bolehkah Berenang Saat Kulit Berjerawat? Apakah Ada Dampak Negatifnya?

Jika cara menghilangkan jerawat di atas dalam semalam tidak efektif dan bahkan jerawat berlangsung selama beberapa bulan, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply