image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Bercak Putih di Wajah - Bercak putih di wajah dapat menyebabkan orang erasa malu, sehingga tidak percaya diri akan penampilannya. Kesan yang muncul akibat bercak putih adalah kurangnya menjaga kebersihan terutama di bagian wajah, meskipun sebenarnya tidak begitu.

Bercak Putih di Wajah

Eva Mulia Klinik Evamulia Perawatan Wajah Bercak Putih di Wajah – Bercak putih di wajah dapat menyebabkan orang erasa malu, sehingga tidak percaya diri akan penampilannya. Kesan yang muncul akibat bercak putih adalah kurangnya menjaga kebersihan terutama di bagian wajah, meskipun sebenarnya tidak begitu.

Dengan mengatahui penyebab bercak putih di wajah, maka kalian akan lebih mudah mengobatainya dengan tepat. Bercak putih pada kulit, termasuk di wajah dikenal sebagai hipopigmentasi. Hipopigmentas adalah merupakan sebuah kondisi dimana kulit lebih terang atau putih karena kekurangan pigmentasi melanin. Kondisi ini dapat dipengaruhi oleh banyak hal.

Bercak Putih di Wajah

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Perawatan Wajah - Bercak Putih di Wajah - Bercak putih di wajah dapat menyebabkan orang erasa malu, sehingga tidak percaya diri akan penampilannya. Kesan yang muncul akibat bercak putih adalah kurangnya menjaga kebersihan terutama di bagian wajah, meskipun sebenarnya tidak begitu.

Vitiligo

Vitiligo merupakan sebuah kondisi autoimun yang memicu terjadinya kelainan kulit berupa hilangnya pigmentasi kulit dan dapat timbul di berbagai area tubuh, termasuk wajah. Awalnya bercak putih pada vitiligo akan timbul dalam ukuran kecil, dan semakin lama semakin meluas. Kondisi ini umumnya baru menimbulkan gejala di usia 20-an. Resiko untuk mengalami vitiligo akan meningkat

Pityriasis alba

Penyebab lain dari bercak putih di wajah adalah pityriasis alba, yaitu sejenis eksim bisa berbentuk lonjong atau bundar atau tidak beraturan pada wajah. Kondisi ini umumnya terjadi pada anak usia 3-16 tahun dan sampai saat ini belum diketahui jelas apa penyebabnya, namun mungkin diindikasi paparan sinar matahari atau infeksi jamur.

Tinea Versicolor

Biasa disebut sebagai panu ini merupakan kondisi kelainan kulit yang disebabkan oleh pertumbuhan jamur. Panu biasanya ditandai dengan bintik putih diwajah atau merah muda yang nampak bersih atau kering.

Kerusakan Kulit

Luka bakar, lecet, infeksi atau iritasi dapat menyebabkan kerusakan jaringan kulit. Area kulit yang rusak tersebut mungkin akan kehilangan pigmentasi, sehingga dalam penyembuhannya akan tampak sebagai bercak putih. Meski seringkali kondisi ini tidak menetap, namun mungkin akan membutuhkan waktu cukup lama agar warna kulit kembali. Kondisi ini dikenal juga sebagai hipopigmentasi pasca inflamasi.

Cara Pengobatan Bercak Putih di Wajah

Cara mengobati bercak putih di wajah tergantung pada penyebabnya. Jika bercak putih disebabkan oleh vitiligo, maka dokter akan melakukan perawatan kulit dengan tujuan membalikkan warna pada kulit wajah dan menghentikan pelebaran area bercak putih tersebut. Dokter dapat menganjurkan obat oles, obat minum, maupun terapi sinar ultraviolet.

Menggunakan makeup juga mungkin dapat dilakukan untuk menyamarkan bercak putih pada wajah. Bercak putih yang dikarenakan tinea versicolor (panu), akan diberi obat panu dari dokter berupa krim, losion, sabun, atau mungkin obat tablet minum. Sedangkan untuk keadaan pityriasis alba, kemungkinan diperlukan obat oles berbentuk krim yang ditujukan untuk membantu menekan perubahan warna kulit wajah dan juga menghilangkan kekeringan, kerak, atau gatal pada kulit wajah.

Mengetahui penyebab bercak putih di wajah dapat membantu menemukan pengobatan yang tepat. Sebaiknya hindari pengobatan alami tanpa anjuran dari dokter. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan perawatan dan penanganan yang tepat.

Leave a Reply