image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

manfaat kulit berminyak - klinik eva mulia

Benarkah Wajah yang Berminyak Memiliki Manfaat Bagi Kulit? Yuk, Baca Jawabannya di Sini!

Banyak orang yang mempunyai jenis kulit berminyak yang terkadang mereka sendiri kesal dengan kondisi kulit mereka. Hal ini karena,
wajah yang berminyak mudah membuat wajah terlihat kusam, make-up menjadi tidak tahan lama bahkan jerawat mudah muncul. Untuk itu,
banyak orang yang menggunakan produk kecantikan untuk mengatasi wajah berminyak. Padahal, wajah yang berminyak tidak selalu memberikan efek negatif lho. Anda tidak percaya? Yuk, simak manfaat wajah berminyak berikut ini.

Manfaat wajah berminyak

1. Wajah menjadi terlihat lebih muda

Perlu diketahui, sebum adalah salah satu anti-aging alami yang dapat mempertahankan elastisitas kulit wajah. Produksi sebum pada kulit akan membuat wajah terlihat kenyal dan tampak lebih muda. Bila kulit dirawat dengan agresif akan membuat produksi sebum berkurang dan berisiko membuat kulit wajah tampak kering dan muncul kerutan. Anda pasti sering menemukan produk anti-aging yang bahan dasar minyak. Jadi, sebenarnya Anda sangatlah beruntung jika kulit Anda termasuk berminyak.

2. Memancarkan Kilau Alami

Manfaat wajah berminyak juga mampu memancarkan kilau alami saat wajah sedang lembap dan bersih. Wajah berminyak memang cenderung lebih lembap daripada kulit kering. Itulah sebabnya rona wajahmu akan terpancar secara alami. Namun, Anda perlu membersihkan wajah secara rutin menggunakan pembersih wajah yang lembut agar dapat mengontrol minyak di wajah. Anda perlu juga sering minum air putih dengan campuran lemon dan madu untuk membantu mendetoks wajah dan menambah rona alami kulit Anda.

3. Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV

Manfaat wajah berminyak ternyata juga dapat melindungi kulit dari bahaya sinar UV. Hal ini diperoleh dari sebum yang efektif untuk menangkal sinar UV. Lapisan sebum di permukaan kulit wajah menjadi pelindung kulit dari paparan sinar UV. Sebum juga mengandung vitamin E alami yang cukup efektif digunakan sebagai antioksidan atau penangkal radikal bebas.

4. Meminimalisir Dehidrasi Kulit

Sebum cukup efektif untuk mencegah kulit mengalami dehidrasi. Adanya sebum pun dapat mengontrol kadar air pada kulit wajah untuk memastikan bahwa kulit memiliki cukup cairan. Namun Anda pun harus mengonsumsi air dan pelembap kulit yang cukup agar kulit tidak mengalami dehidrasi. Dalam keseharian, gunakan pelembap secara rutin. Pilihlah pelembap dengan tekstur gel yang mudah menyerap.

5. Mengurangi Risiko Iritasi

Manfaat wajah berminyak mampu meminimalisir risiko iritasi kulit yang sering dialami oleh pemilik kulit kering. Hal ini dikarenakan kulit berminyak memiliki ekstra kelembapan yang dapat membuat kulit menjadi terlindungi dari iritasi dan gatal-gatal. Anda juga tidak perlu khawatir dengan tingkat kelembapan kulit saat sedang berada di ruangan ber-AC.

Meski wajah berminyak terdapat manfaat, tidak dapat dipungkiri jika wajah berminyak juga rentan muncul komedo dan jerawat. Masalah kulit tersebut akan terjadi bila minyak pada wajah Anda teroksidasi dan bercampur dengan kotoran.

Cara menghilangkan wajah berjerawat karena minyak berlebih

Komedo terjadi ketika tubuh memproduksi sebum berlebih, bercampur dengan kotoran, dan mengalami oksidasi. Sedangkan jerawat muncul karena kotoran dan sebum terperangkap di dalam pori-pori. Bila wajah Anda sudah terlanjur berjerawat, bisa diakali dengan mengikuti cara menghilangkan jerawat berikut ini.

Membersihkan wajah secara menyeluruh

Cara menghilangkan jerawat pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan wajah dengan rutin di pagi dan malam hari secara menyeluruh hingga wajah bersih dari kotoran atau sisa make-up. Agar wajah semakin bersih, gunakan juga make-up remover terutama pada waterproof make-up seperti maskara atau lipstick. Setelah itu, gunakan cleanser yang dapat membersihkan kulit. Pilihlah pembersih wajah yang minim busa dan memiliki pH seimbang untuk menghindari kulit terasa kering.

Gunakan produk yang memiliki kandungan khusus

Gunakanlah produk yang mengandung bahan untuk melawan jerawat seperti salicylic acidbenzoyl peroxide, dan tea tree yang memiliki kemampuan untuk membantu menghilangkan jerawat. Selain itu, cara menghilangkan jerawat selanjutnya juga, yakni pilih pelembap, serum, dan toner yang dipercaya bisa melawan jerawat. Perlu diingat, Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan kulit Anda dan lebih memperhatikan perubahan yang terjadi. Bila merasa kulit menjadi terlalu kering, kurangi intensitas penggunaan produk dan gunakan dua atau tiga hari sekali.

Hindari memencet jerawat

Cara menghilangkan jerawat yang perlu dilakukan juga adalah tidak memencet jerawat. Ketahuilah jika memencet jerawat bisa memicu terjadinya inflamasi pada jaringan kulit dan menyebabkan infeksi karena perpindahan bakteri yang menempel di tangan dan kuku Anda sehingga membuat kondisi jerawat semakin parah.

Hal ini bisa menyebabkan jerawat sulit untuk di hilangkan karena Anda sering memencetnya secara sembarangan.

Menjaga pola makan

Menjaga pola makan dapat membantu Anda menghilangkan jerawat. Hal ini disebabkan karena makanan yang Anda konsumsi, seperti makanan kaya akan minyak, lemak, dan pedas dapat memicu timbulnya jerawat. Maka dari itu, hindari makanan yang mengandung banyak kandungan kopi, minyak, susu, cabai, dan telur. Makanan berlemak tersebut bisa memicu produksi sebum lebih meningkat sehingga berdampak pada pertumbuhan jerawat baru.

Hentikan kebiasaan melakukan face scrub

Salah satu cara menghilangkan jerawat yang terkadang dilupakan adalah memberhentikan kebiasaan face scrub untuk sementara waktu. Ini penting untuk dilakukan karena melakukan face scrub dapat membuat jerawat semakin meradang dan kulit semakin kering. Kulit yang semakin kering bisa memicu produksi minyak yang berlebih.

Semoga enam hal di atas dapat membantu Anda untuk tidak memperparah kondisi jerawat dan membantu menghilangkan jerawat. Selain hal-hal di atas, Anda sebaiknya juga menggunakan produk skincare yang dikhususkan untuk kulit berjerawat karena dapat memaksimalkan usaha Anda untuk merawat kulit wajah perlu dilakukan baik dari segi produk skin care maupun gaya hidup.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Lengkap

Leave a Reply