Bahan Aktif dalam Skincare yang Cocok untuk Kulit Berminyak Mudah Berjerawat

Eva Mulia Clinic – Bahan Aktif dalam Skincare – Memiliki kulit berminyak dan berjerawat bisa membuat Anda mual karena sulit diatur. Meski ingin jerawat di wajah segera hilang, merawat kulit berjerawat tidak bisa diabaikan begitu saja. Jangan hanya mencoba berbagai merek obat jerawat karena hasilnya akan membuat jerawat Anda semakin meradang.

Merawat kulit berminyak dengan jerawat membutuhkan rutinitas perawatan kulit yang tepat. Nah, berikut bahan-bahan yang cocok untuk kulit berjerawat:

 Bahan Aktif dalam Skincare

Hyaluronic Acid

Asam hialuronat adalah salah satu bahan terbaik untuk mempersiapkan kulit. Bahan aktif ini cocok untuk kulit karena berfungsi sebagai pelembab atau hidrat kulit. Dengan menggunakan isi kulit akan lebih lembab dan kenyal. Asam hialuronat juga dapat menghidrasi kulit dari dalam dan mengatasi kekeringan karena kadar air kulit berkurang.

Anda bisa menggunakan asam hialuronat untuk perawatan kulit di pagi dan malam hari sebagai bahan perawatan kulit berjerawat. Anehnya, konten ini aman digunakan dengan konten apa pun. Jadi Anda bisa memadukannya dengan bahan lain.

Niacinamide

Bahan perawatan kulit yang bisa Anda gunakan adalah niacinamide. Niacinamide adalah bahan aktif yang ditemukan di banyak pelembab dan serum. Dengan pemakaian rutin, Niacinamide dapat mengurangi sebum dan minyak pada wajah. Kandungan ini mampu mengatur kadar sebum, mengecilkan pori-pori serta meningkatkan elastisitas dan ketahanan kulit.

Gunakan produk yang mengandung bahan ini hanya pada malam hari. Juga, jangan gunakan bahan ini dengan vitamin C.

Vitamin C

Bahan ini terkenal dan banyak digunakan untuk pembuatan kulit. Vitamin C merupakan antioksidan yang sangat kuat dan dapat melawan radikal bebas yang merusak kulit dan jerawat. Kandungan ini berfungsi untuk mengurangi jerawat, memudarkan flek hitam, mengatasi hiperpigmentasi dan memudarkan bekas jerawat.

Baca Juga:  Mix and Match: Salicylic Acid Boleh Dicampur dengan Apa Saja?

Vitamin C dapat digunakan pada pagi dan malam hari. Namun, jangan gunakan vitamin C dengan niacinamide karena dapat menyebabkan iritasi.

AHA (Alpha Hydroxy Acid)

Kandungan AHA merupakan salah satu bahan perawatan kulit. AHA bekerja dengan membantu proses regenerasi kulit. Kandungan ini akan membantu pengelupasan lapisan kulit terluar untuk mengangkat sel kulit mati dan kulit kusam, sehingga menghasilkan kulit yang lebih halus dan tampak lebih muda. Jenis AHA yang umum digunakan adalah asam laktat, asam glikolat, dan asam mandelat.

AHA ini bekerja untuk mengurangi efek berbahaya pada kulit yang disebabkan oleh sinar UV dan proses penuaan. Selain itu kandungan ini juga mampu mempercepat proses regenerasi kulit, memudarkan flek hitam dan hiperpigmentasi, serta mencerahkan kulit.

Anda harus menggunakan konten ini hanya pada malam hari dan tidak menggabungkannya dengan zat asam lainnya. Jangan lupa gunakan tabir surya di pagi hari.

Salicylic Acid

Asam salisilat berfungsi untuk membersihkan kotoran yang tersumbat di pori-pori dan meredakan peradangan. Asam salisilat merupakan bahan yang cocok untuk kulit karena dapat mengangkat sel kulit mati untuk mencerahkan kulit. Untuk lebih jelasnya kandungan ini mampu membersihkan dan mengecilkan pori-pori kulit, mengurangi jerawat, meningkatkan regenerasi sel kulit, serta membunuh kuman dan bakteri.

Asam salisilat untuk jerawat hanya boleh digunakan pada malam hari karena kulit akan menjadi lebih sensitif setelah digunakan. Jangan dicampur dengan zat asam lainnya. Juga, Anda harus menggunakan tabir surya di pagi hari.

Panthenol (Vitamin B5)

Salah satu kandungan yang baik untuk kulit adalah panthenol. Kandungan panthenol berfungsi sebagai pelembab, namun panthenol juga dapat memperbaiki kulit dan meningkatkan daya tahannya. Panthenol baik digunakan pada kulit dehidrasi, terutama bila dikombinasikan dengan BHA. Untuk lebih jelasnya, panthenol berfungsi untuk menjaga kadar kelembapan kulit, meningkatkan ketahanan kulit, serta membuat kulit lebih kenyal dan bercahaya.

Baca Juga:  Apakah Sunscreen Boleh Dipakai Malam Hari? Ini Jawabannya

Panthenol dapat digunakan pagi dan malam hari sehingga Anda tidak perlu khawatir. Selain itu, kandungan ini juga aman digunakan bersamaan dengan bahan lainnya.

Azelaic Acid (Azeclair)

Asam azelaic adalah senyawa organik yang ditemukan dalam gandum, gandum hitam, dan jelai. Azelaic dapat mengobati jerawat lebih lembut dibandingkan dengan retinoid dan benzoil peroksida. Untuk lebih jelasnya, ramuan ini mampu mengatasi kulit sensitif, mengatasi jerawat akibat bakteri dan jamur, mempercepat regenerasi kulit, mengalahkan dan membunuh bakteri, serta mencerahkan kulit.

Kandungan asam azelaic belum disetujui BPOM tetapi Anda dapat menggunakan turunannya yaitu Azeclair yang aman dan disetujui BPOM. Kandungan ini dapat digunakan pada malam hari dan tidak dikombinasikan dengan asam lainnya.

Berikut ringkasan daftar isi yang disesuaikan untuk kulit berjerawat:

  • Hyaluronic acid
  • Niacinamide
  • Vitamin C
  • AHA (Alpha Hydroxy Acid)
  • Salicylic Acid
  • Panthenol (Vitamin B5)
  • Azelaic Acid (Azeclair)

Saat ini sudah tidak perlu bingung lagi memilih produk skincare yang memiliki kandungan untuk kulit berjerawat, karena kamu bisa menyesuaikannya dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *