Bagaimana Cara Menyimpan Cream Wajah Jika Tidak Ada Kulkas?

Bagaimana Cara Menyimpan Cream Wajah Jika Tidak Ada Kulkas?

Eva Mulia Clinic – Mungkin Anda pernah mendengar bahwa cara produk kecantikan disimpan di lemari es membuatnya lebih tahan lama. Dalam hal menjaga kualitas kosmetik Anda lebih lama, suhu yang lebih rendah umumnya lebih baik. Ini karena reaksi kimia terjadi lebih cepat pada suhu tinggi. Kosmetik dan mengatasi kerentanan terhadap oksidasi akibat minyak yang dapat berubah menjadi bau yang tidak sedap. Pendinginan yang tertunda dapat memperlambat proses, memperlambat reaksi kimia dan menjaga kualitas produk perawatan kulit Anda.

Bagaimana Oksidasi Terjadi

Oksidasi terjadi ketika bahan dalam produk kosmetik terkena oksigen, yang menyebabkan perubahan warna. Faktanya, semua zat akan mengalami oksidasi, tetapi kita tidak selalu melihatnya karena reaksi oksidasi akan tergantung pada bahannya. Secara alami, mineral dalam riasan akan lebih rentan terhadap oksidasi. Misalnya, titanium dioksida, seng oksida, dan oksida besi adalah tiga mineral yang biasa ditemukan dalam riasan. Jika ketiga mineral ini menjadi bahan dominan dalam kandungan makeup, produk akan lebih cenderung teroksidasi. Titanium terutama merupakan pigmen putih, jadi semakin ringan krim malam Anda, semakin mudah teroksidasi.

Sebagian besar produk perawatan kulit mengandung bahan pengawet yang akan membantu produk bertahan untuk jangka waktu tertentu. Untuk alasan ini, lemari es tidak serta merta memperpanjang umur simpan produk. lebih baik membuang produk pada suhu kamar normal dan membuang apa pun yang telah dibuka selama tiga bulan. Beberapa produk perawatan kulit, seperti perawatan jerawat, memerlukan pendinginan, tergantung pada bahan kimia dalam krim. Penyimpanan di lemari es tidak akan mempengaruhi bahan aktif, tetapi dapat mempengaruhi penampilan krim.

Bagaimana Cara Menyimpan Cream Wajah Jika Tidak Ada Kulkas?

Namun, terkadang kita akan menghadapi situasi di mana lemari es tidak dapat digunakan atau tidak tersedia. Misalnya Anda sedang dalam perjalanan jauh, listrik padam, kulkas rusak, dll. Dengan kondisi tersebut, perlu diketahui alternatif pengawetan krim malam agar tidak teroksidasi. Berikut cara menyimpan krim wajah jika tidak memiliki lemari es.

1. Simpan jauh dari panas dan cahaya

Panas dan cahaya dapat mengubah susunan kimiawi krim wajah Anda, yang memengaruhi efektivitasnya. Untuk alasan ini, beberapa formula perawatan kulit dikemas dalam wadah buram untuk mencegah paparan cahaya dan panas. Berikan perhatian khusus pada formula yang mengandung vitamin C, peptida atau retinoid karena lebih rentan terhadap ketidakstabilan panas. Jauhkan produk perawatan kulit Anda dari jendela, yang merupakan cara yang jelas untuk kontak dengan cahaya dan panas dari matahari.

2. Jangan simpan di kamar mandi

Mungkin tampak lebih nyaman untuk menyimpannya di kamar mandi sebagai cara untuk menyimpan krim wajah jika tidak ada lemari es, tetapi kamar mandi sebenarnya adalah salah satu tempat terburuk untuk menyimpan krim wajah. produk perawatan kulit. Kamar mandi dapat berfluktuasi dalam suhu dengan panas dan kelembaban, yang dapat memecah bahan aktif dalam formula perawatan kulit, kosmetik, dan bahkan parfum. Meskipun produk Anda tertutup rapat, ada risiko pengembunan. Ini berarti bahwa kelembaban menciptakan lingkungan yang sangat baik untuk pertumbuhan jamur dan bakteri. Jadi sebaiknya simpan produk yang menggunakan toples, tabung atau toples dari kamar mandi. Simpan di laci meja rias untuk menjauhkannya dari panas dan cahaya.

3. Gunakan es gel

Saat ini sudah banyak alternatif lemari es yang memungkinkan Anda menyimpan krim wajah jika tidak memiliki lemari es tanpa harus khawatir produk kecantikan Anda rusak. Salah satunya adalah ice gel. Es beku juga sering disebut es kering atau es biru karena tidak akan membuatnya basah jika sudah mencair. Disebut es biru karena biasanya es gel ini hadir dalam bentuk gel biru yang dikemas dalam satu kemasan. Ada dua jenis ice gel, yaitu yang berfungsi sebagai pendingin warna biru, dan juga berfungsi sebagai pendingin dan penghangat warna putih.

4. Gunakan tas pendingin

Tas pendingin adalah cara lain untuk menyimpan krim wajah jika Anda tidak memiliki lemari es. Merupakan jenis wadah yang berbentuk tas dengan bagian dalam aluminium foil yang dapat menahan suhu dingin atau bahkan panas untuk beberapa waktu, dan umumnya digunakan untuk berpergian. Es gel sering dimasukkan ke dalam kantong untuk menjaga suhunya tetap dingin.

5. Gunakan kulkas portabel

Kini juga ada cara menyimpan krim wajah jika sudah tidak ada lagi kulkas yang nyaman yaitu kulkas portable. Kulkas portabel ini biasanya berukuran kecil dan hanya cukup untuk menyimpan sekaleng minuman, tetapi menerima daya listrik melalui kabel USB yang disediakan. Cara ini bisa menjadi solusi untuk menyimpan krim malam yang baik untuk usia 20-an dan krim malam pencerah wajah yang bagus pilihan Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa cara menyimpan krim wajah jika tidak ada residu yang tertinggal beberapa saat, alat tersebut hanya dapat bertahan beberapa saat sebagai alat pendingin. Anda harus meminta dokter kulit atau ahli kecantikan untuk menyimpan krim malam Anda jika ini benar – tidak mungkin menyimpannya di lemari es. Anda mungkin dapat meminta tips lain yang tidak memerlukan lemari es untuk penyimpanan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.