perawatan wajah berjerawat dan berminyak

Bagaimana cara menghilangkan wajah berminyak secara alami?

Eva Mulia Cliniccara menghilangkan wajah berminyak  – Wajah berminyak memang menjadi masalah karena akan memberikan tampilan wajah yang berkilau. Orang yang memproduksi sebum berlebih akan membuat wajah mereka berminyak. Tidak hanya wajah yang mengkilat tapi berminyak juga bisa menimbulkan berbagai masalah. Wajah yang mengandung minyak tinggi cenderung mengalami masalah berikut

komedo

Komedo terbentuk dari akumulasi minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit. Komedo ini bisa muncul sebagai komedo hitam atau whitehead yang muncul di atas pori-pori kulit. Munculnya komedo di kulit wajah bisa mengganggu penampilan. Wajah memiliki bintik-bintik, belum lagi produksi minyak berlebih yang membuat wajah terlihat berkilau.

Jerawat

Jerawat juga bisa disebabkan oleh minyak berlebih di wajah. Komedo akan muncul karena pori-pori tersumbat, dan dari komedo tersebut bisa muncul jerawat. Jerawat yang muncul di wajah bisa berupa jerawat besar atau jerawat kecil. Jenis kulit berminyak dan faktor keturunan bisa menjadi penyebab munculnya jerawat ini. Jika minyak di kulit bisa diatasi, masalah jerawat sebenarnya bisa diminimalisir asalkan Anda terus membersihkan wajah secara rutin.

Maka dari itu, masalah minyak di wajah harus dikontrol agar penampilan wajah bisa terjaga dengan baik. Tidak hanya wanita, pria juga perlu merawat wajah, terutama bagi mereka yang memiliki wajah berminyak. Ada yang bilang wajah berminyak cenderung awet muda, tapi kalau tidak dirawat dengan baik cenderung mudah berjerawat. Pembahasan berikut akan membahas secara detail cara mengatasi masalah wajah berminyak.

Makanan dan minuman sehat

Cara yang bisa sedikit umum dilakukan karena efeknya tidak hanya dirasakan pada wajah tetapi pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tapi jalan ini penting untuk dilakukan karena kita adalah apa yang kita makan. Hal-hal yang terlihat di luar, seperti wajah yang menunjukkan kita mungkin kekurangan makanan sehat yang bisa mengurangi produksi sebum berlebih. Beberapa makanan sehat yang dapat mengatasi ekspresi wajah antara lain:

1. Mentimun

Mentimun atau mentimun adalah 95% air dan dapat bermanfaat untuk melembabkan kulit dan menghilangkan minyak berlebih. Mentimun bisa dimakan mentah. Kita bisa memakannya dengan makanan lain yang juga tergolong makanan sehat dan dibutuhkan oleh tubuh kita.

2. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau dapat digunakan untuk mengobati wajah yang sakit. Misalnya sayuran berdaun hijau adalah bayam, sawi atau kangkung. Sayuran ini banyak mengandung vitamin C yang dapat melawan oksidan jahat yang menyerang tubuh. Bayam bisa dimasak dalam sayuran ringan atau salad. Kale sendiri bisa disiapkan sebagai smoothie segar untuk pagi hari.

3. Air

Air sangat baik dan dibutuhkan dalam jumlah yang cukup oleh tubuh. Minum air putih untuk mengatasi masalah wajah dan masalah tubuh lainnya. Orang yang minum cukup air akan lebih sehat. Air yang dibutuhkan setiap hari adalah sekitar 8 gelas per hari. Perlu diingat bahwa air berbeda dari sirup, teh, atau jus. Meskipun kita minum jus, kita tetap perlu minum air putih.

4. Asam lemak omega-3

pilihan makanan yang mengandung manfaat anti inflamasi. Manfaat tersebut bisa didapatkan dari makanan yang mengandung asam lemak omega-3. Beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega-3 antara lain salmon, tuna, kedelai, alpukat, dan kacang-kacangan. Makanan ini merupakan makanan yang enak dan sehat.

5. Jus lemon

Lemon dikenal banyak mengandung vitamin C. Kita sering melihat bahwa lemon banyak digunakan dalam sabun cuci piring untuk melawan lemak. Lemon juga dapat digunakan untuk mengatasi produksi minyak berlebih pada wajah, baik dari luar maupun dari dalam.

6. Jeruk bali

Jeruk bali mengandung banyak air dan vitamin C, sehingga sangat cocok untuk mengobati masalah kulit. Buah ini bisa dimakan langsung atau dijadikan jus. Saat membuat jus buah, Anda tidak perlu menambahkan gula atau menambahkan sedikit pemanis alami agar manfaatnya benar-benar terasa.

Makanan yang bisa menyebabkan minyak berlebih

Selain mengonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin C, cara mengatasi banyak masalah wajah adalah dengan menghindari berbagai makanan yang baik untuk produksi minyak di wajah. Berikut beberapa makanan yang harus dihindari:

8. Daging berlemak

Daging seperti daging sapi, domba dan sosis tinggi lemak jenuh yang tidak sehat. Selain baik untuk mengatasi masalah berminyak pada wajah, daging berlemak juga dapat menyebabkan masalah kesehatan lainnya seperti obesitas, penyakit jantung, dan peradangan. Selain daging, cara memasak juga harus diperhatikan. Nikmati memasak dengan metode memanggang, merebus, atau mengukus.

9. Produk susu sapi

Produk susu sapi seperti minuman susu, keju, yoghurt, dll. Produk ini bisa berakibat buruk jika diinginkan wajah. Jerawat akan bertambah parah jika tubuh disuapi dengan produk susu sapi. Produk susu sapi dapat membantu sebagai seorang anak karena mereka masih tumbuh, tetapi sebagai orang dewasa dengan kulit yang diperlukan mereka harus dihindari.

10. Makanan dan minuman yang terlalu banyak gula

Makanan dan minuman yang mengandung terlalu banyak gula tidak baik untuk kulit wajah yang memilikinya. Kurangi asupan gula dengan menghindari makanan seperti softdrink, selai, jelly, pancake, sirup, roti manis, kue dan lain-lain. Gula buah alami cenderung lebih baik daripada makanan yang dimaniskan dengan tambahan gula.

Leave a Comment

Your email address will not be published.