Bagaimana Cara Menghilangkan Komedo Putih di Wajah?

Eva Mulia Clinic – Menghilangkan Komedo Putih – Komedo atau whiteheads adalah folikel rambut yang membesar yang tersumbat oleh minyak kulit, sel, dan bakteri. Komedo putih juga dikenal sebagai komedo tertutup dan merupakan jenis lesi jerawat yang paling dasar.

Whiteheads terjadi ketika kelenjar sebaceous melepaskan minyak alami yang disebut sebum ke permukaan kulit. Ini terjadi dalam struktur pori yang disebut unit pilosebaceous (PSU). PSU paling sering muncul di wajah, dada, dan punggung. Semua bagian tubuh ini adalah tempat munculnya jerawat.

 Lalu bagaimana cara menghilangkan komedo putih?

Ada cara sederhana dan efektif untuk menghilangkan komedo putih. Nah, berikut ini beberapa cara menghilangkan komedo putih:

Uap panas di wajah

Mengekspos kulit wajah ke uap panas dapat membuka pori-pori yang tersumbat. Jika Anda memiliki komedo putih, cobalah metode ini. Rebus sedikit air lalu tuang ke dalam mangkuk, lalu arahkan uap hangat-hangat kuku ke bagian kulit yang memiliki komedo putih.

Eksfoliasi dengan lembut

Pengelupasan atau pengelupasan kulit (dengan atau tanpa asam salisilat) juga dapat membantu mengatasi komedo putih. Cara ini tidak hanya membuat kulit lebih halus, tetapi juga mengangkat sel kulit mati berlebih.

Pilih produk atau bahan pengelupasan yang memiliki formula lembut. Ini akan memberikan kulit pengelupasan yang dibutuhkan tanpa menyebabkan iritasi kulit atau kekeringan.

Oleskan madu

Madu memiliki sifat antibakteri yang kuat. Teksturnya yang lengket dapat mengecilkan pori-pori sekaligus menembus jauh ke dalam kulit. Untuk menggunakan madu sebagai cara menghilangkan komedo putih, panaskan satu sendok makan madu dalam microwave selama 15 detik.

Anda juga bisa memanaskan madu sampai suhunya bisa ditoleransi oleh kulit wajah. Sebelumnya bersihkan kulit terlebih dahulu, lalu madu yang sudah dihangatkan bisa langsung dioleskan dan dibiarkan selama 15 menit.

Kompres dengan air hangat

Selain terapi uap, cara menghilangkan komedo juga bisa dilakukan dengan mengompres wajah dengan air panas. Mudah. Anda bisa menggunakan handuk yang sudah direndam air hangat.

Kemudian, kompres komedo di wajah. Anda dapat melakukan ini dua hingga tiga kali sehari, sehingga kelenjar sebaceous akan menghasilkan lebih sedikit sebum.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *