Cara Pakai Serum dan Krim Malam yang Benar

Eva Mulia Clinic – Cara Pakai Serum dan Krim Malam yang Benar- Memiliki kulit sehat dan cerah merupakan dambaan setiap orang. Di era modern ini, banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai kulit yang ideal, salah satunya dengan menggunakan produk skincare. Serum dan krim malam adalah dua produk skincare yang populer dan banyak digunakan.

Namun, tahukah Anda bahwa penggunaan serum dan krim malam yang tidak tepat justru dapat memberikan efek yang berlawanan? Untuk mendapatkan hasil maksimal, penting untuk mengetahui cara pakai serum dan krim malam yang benar.

Cara Pakai Serum dan Krim Malam yang Benar

Sebelum menggunakan serum dan krim malam, penting untuk memastikan bahwa kulit Anda dalam kondisi bersih dan bebas dari makeup, debu, dan kotoran. Anda dapat membersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Sabun cuci muka yang tepat dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak tanpa membuat kulit kering. Pilihlah sabun cuci muka yang non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori.

Setelah itu, gunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit dan membantu membuka pori-pori agar serum dan krim malam dapat meresap lebih optimal.

Pilihlah toner yang bebas alkohol agar tidak membuat kulit kering dan iritasi.

Langkah-langkah Memakai Serum

  1. Tuangkan 2-3 tetes serum ke telapak tangan atau aplikator.
  2. Ratakan serum ke seluruh wajah dan leher dengan gerakan memutar menggunakan jari manis. Hindari area mata.
  3. Tepuk-tepuk wajah dengan lembut untuk membantu penyerapan serum.
  4. Tunggu hingga serum meresap sempurna sebelum melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Serum memiliki konsentrasi bahan aktif yang tinggi sehingga penggunaannya perlu dilakukan dengan hati-hati. Hindari penggunaan serum di area mata karena kulit di area tersebut lebih tipis dan sensitif.

Tips Memakai Serum:

  • Gunakan serum 2 kali sehari, pagi dan malam hari.
  • Pilih serum yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan Anda.
  • Oleskan serum pada kulit yang lembap, agar serum lebih mudah meresap.
  • Gunakan secukupnya, hindari penggunaan serum berlebihan.
  • Serum umumnya memiliki tekstur yang ringan dan mudah meresap, sehingga tidak perlu menunggu lama sebelum menggunakan produk skincare selanjutnya.

Langkah-langkah Memakai Krim Malam

  1. Ambil secukupnya krim malam ke telapak tangan.
  2. Oleskan krim malam ke seluruh wajah dan leher dengan gerakan memijat ke atas. Hindari area mata.
  3. Gunakan krim malam 15-30 menit sebelum tidur**.
  4. Biarkan krim malam bekerja semalaman untuk memberikan efek maksimal pada kulit.

Krim malam memiliki tekstur yang lebih berat daripada serum sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk meresap.

Tips Memakai Krim Malam:

  • Gunakan krim malam setiap malam hari setelah membersihkan wajah.
  • Pilih krim malam yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan Anda.
  • Gunakan secukupnya, hindari penggunaan krim malam berlebihan.
  • Pastikan wajah Anda dalam keadaan bersih dan kering sebelum menggunakan krim malam.
  • Krim malam umumnya mengandung bahan aktif yang bekerja untuk memperbaiki dan meregenerasi kulit selama Anda tidur.

Memaksimalkan Hasil Serum dan Krim Malam

Selain menggunakan serum dan krim malam dengan cara yang benar, Anda juga dapat melakukan beberapa langkah tambahan untuk memaksimalkan hasil, seperti:

  • Minum air putih yang cukup untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Minum air putih 8 gelas per hari dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari dalam.
  • Makan makanan yang sehat dan bergizi untuk memberikan nutrisi yang dibutuhkan kulit. Konsumsi banyak buah, sayur, dan protein untuk menjaga kesehatan kulit dari luar.
  • Tidur yang cukup untuk membantu regenerasi kulit. Tidur 7-8 jam per malam dapat membantu kulit memperbaiki diri dan terlihat lebih segar.
  • Gunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini dan kerusakan kulit lainnya. Pilihlah tabir surya dengan SPF minimal 30 dan gunakan setiap hari, bahkan saat cuaca mendung.
  • Kelola stres dengan baik karena stres dapat berdampak negatif pada kesehatan kulit. Lakukan aktivitas yang dapat membantu Anda meredakan stres, seperti yoga, meditasi, atau mendengarkan musik.

Kesimpulan

Dengan menggunakan serum dan krim malam dengan cara yang benar dan melakukan langkah-langkah tambahan untuk memaksimalkan hasil, Anda dapat memiliki kulit yang sehat, cerah, dan awet muda.

Pastikan untuk memilih produk serum dan krim malam yang sesuai dengan jenis kulit dan kebutuhan Anda. Konsultasikan dengan dokter kulit jika Anda memiliki masalah kulit yang serius.