Apa Saja Manfaat Kuning Telur Untuk Wajah – Kering, Berminyak dan Berjerawat?

Eva MuliaManfaat Kuning Telur Untuk Wajah – Telur yang merupakan salah satu hidangan makanan yang paling praktis memang kaya akan manfaat bagi organisme kita, khususnya kandungan protein hewani yang dikandungnya. Biasanya kami menyajikan gorengan atau telur dadar, bahkan menu pelengkap seperti nasi goreng, mie bahkan sayur. Bahkan untuk membuat kue, telur merupakan bahan dasar wajib yang harus ada untuk melunakkan kue. Dengan banyaknya kegunaan telur terutama telur ayam untuk kebutuhan sehari-hari, tidak heran jika di rumah selalu ada stok telur ayam. Maka dari itu, perawatan kulit wajah menggunakan masker telur ini merupakan perawatan yang paling murah dan mudah dilakukan di rumah.

Manfaat Kuning Telur Untuk Wajah – Kering, Berminyak dan Berjerawat

Seperti yang kita ketahui, ada dua bagian dalam telur, yaitu putih telur dan kuning telur. Putih telur dan kuning telur memiliki kandungan yang berbeda. Untuk kuning telur, berdasarkan hasil penelitian 100 gram kuning telur ayam mengandung 16,3 gram protein, 361 kilokalori energi, 0,7 gram karbohidrat, 31,9 gram lemak, kalsium 147 miligram, fosfor 586 miligram dan zat besi 7 miligram. Selain itu, kandungan vitamin kuning telur ayam adalah 2000 IU vitamin A, 0,27 miligram vitamin B1 dan 0 miligram vitamin C. Dengan demikian, manfaat telur untuk kesehatan tubuh antara lain memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan. tulang. , baik untuk kesehatan dan perkembangan otak.

Selain itu, putih telur dan kuning telur juga memiliki manfaat kesehatan kulit yang berbeda. Putih telur membuat kulit lebih kuat dan bercahaya, sedangkan kuning telur mengandung kadar vitamin A yang lebih tinggi. Namun putih telur dan kuning telur dapat digunakan sebagai masker wajah.

Baca Juga:  Cara Pakai Cleansing Oil untuk Merawat Kulit Wajah dengan Tepat

Kali ini kita akan membahas manfaat kuning telur untuk wajah. Berikut manfaat dan cara pemakaiannya pada wajah:

Untuk Mengatasi Jerawat

Kuning telur dapat digunakan untuk membersihkan jerawat dari wajah dan sekaligus membersihkan sisa jerawat yang menempel di wajah. Selain itu, kuning telur juga dapat mengontrol produksi minyak berlebih pada wajah yang dapat menyumbat pori-pori dan kemudian menyebabkan jerawat. Lalu bagaimana cara merawat wajah dengan penggunaan kuning telur untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah, sehingga dapat membersihkan kulit wajah dan sekaligus membantu mencegah terbentuknya jerawat baru.

Cara membuat masker kuning telur untuk menghilangkan jerawat ini adalah:

  • Campur kuning telur dan minyak zaitun dalam mangkuk.
  • Kemudian oleskan pada wajah yang menentukan.
  • biarkan masker mengering.
  • Kemudian bilas dengan air hangat.
  • lakukan ini sampai jerawat atau bekas jerawat bersih dari wajah.

Sebagai Pelembab Kulit

Masker kuning telur juga bisa digunakan untuk melembabkan kulit sehingga menjadi lembut dan halus. Oleh karena itu masker kuning telur ini sangat cocok sebagai solusi untuk kulit kering dan kusam serta bagi anda yang memiliki kulit wajah sensitif dengan kandungan kimia dalam kosmetika. Caranya oleskan kuning telur yang sudah dipisahkan putihnya ke seluruh bagian kulit wajah hingga merata.

Untuk Menghilangkan Komedo

Kuning telur bisa digunakan untuk menghilangkan komedo di wajah secara alami. Munculnya komedo di wajah bisa disebabkan oleh paparan sinar UV atau karena Anda tidak menjaga kebersihan wajah dengan rutin membersihkan wajah dari riasan atau kotoran setelah beraktivitas. Dengan pemakaian kuning telur secara teratur, komedo tidak menumpuk dan menimbulkan banyak komedo di wajah. Metode :

  • Campurkan kuning telur dan jeruk nipis dalam mangkuk.
  • Oleskan ke wajah, terutama yang memiliki banyak komedo.
  • Diamkan hingga mengering dan meresap ke dalam kulit.
Baca Juga:  Obat Jerawat Saat Hamil

lalu basuh wajah Anda dengan air hangat.

Untuk menghaluskan wajah.

Manfaat kuning telur untuk masker wajah adalah dapat membuat kulit wajah halus dan bercahaya. Untuk membuat maskernya, kuning telur juga dicampur dengan bahan lain yaitu air jeruk lemon dan madu. Bagaimana melakukan :

  • Campurkan kuning telur, jus lemon, dan madu dalam mangkuk atau wadah bersih.
  • Oleskan campuran tersebut ke seluruh wajah hingga merata.
  • Diamkan hingga masker mengering di wajah Anda.
  • Kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih.

Untuk mengatasi kulit wajah kering

Kuning telur kaya akan asam lemak dan vitamin sehingga dapat mengatasi kulit wajah yang cenderung kering sehingga dapat terlihat normal dan terhidrasi secara alami. Cara membuat masker kuning telur untuk kulit wajah kering adalah:

  • Campur kuning telur dengan satu sendok teh minyak zaitun dan air jeruk nipis.
  • Oleskan campuran tersebut ke wajah dan leher hingga merata dengan ujung jari atau bisa juga menggunakan kuas kecil.
  • Hindari area mata, bibir dan lubang hidung.
  • Biarkan selama 15 menit.
  • Kemudian bilas wajah Anda dengan air hangat.

Efek samping kuning telur di wajah

Jika saat menggunakan kuning telur pada wajah terjadi alergi kulit seperti gatal-gatal atau kemerahan, segera hentikan penggunaan kuning telur ini. Penyebab lain dari alergi kulit termasuk iritasi, bahan kosmetik, dan kondisi cuaca.

Juga, jika hidung Anda sensitif terhadap bau telur, Anda harus menghindari penggunaan kuning telur di wajah Anda. Karena telur memiliki bau amis saat mulai mengering di wajah. Sehingga banyak orang yang ragu menggunakan kuning telur untuk masker wajah. Namun seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika masker kuning telur juga dicampur dengan bahan lain, seperti minyak zaitun, madu atau jeruk nipis. Jadi ketika kuning telur sudah tercampur dengan bahan lain, rasanya tidak akan terasa dan Anda akan merasa nyaman melakukan masker kuning telur di wajah Anda.

Baca Juga:  9 Cara Merawat Kulit Berjerawat Setelah Facial

Kuning telur yang dimakan terlalu sering akan meningkatkan kolesterol, karena kuning telur mengandung banyak lemak sehingga tidak dimakan terlalu banyak. Meskipun Anda paling terpengaruh oleh kuning telur, yang terbaik adalah Anda menggunakan kuning telur sebagai masker wajah. Dan saat menggunakan kuning telur, jangan buang putihnya. Karena putih telur lebih aman dikonsumsi sebagai bagian dari rencana diet Anda. Jadi, selain memiliki kulit wajah yang cantik dan sehat, tubuh Anda juga akan terlihat lebih sehat dan enak dipandang. Anda tentu menginginkan hal ini sebagai salah satu cara untuk menjaga penampilan seorang wanita. Semoga beruntung!

Leave a Reply