8 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kulit – Wajah dan Tubuh

Eva Mulia – Manfaat Susu Kedelai Untuk Kulit – Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kedelai. Kedelai, sumber protein nabati, dikonsumsi setiap hari. Produk olahan kedelai seperti tempe, tahu, kecap, yogurt dan susu memang banyak diminati masyarakat Indonesia. Bahkan susu kedelai juga dikenal sebagai minuman yang menyegarkan dan menyehatkan. Selain rasanya yang enak, susu kedelai juga mengandung manfaat kesehatan yang signifikan bagi tubuh.

8 Manfaat Susu Kedelai Untuk Kulit – Wajah dan Tubuh

Kandungan dalam susu kedelai adalah:

  • Protein – Kedelai mengandung sembilan asam amino esensial yang membentuk protein baru, termasuk antibodi untuk sistem kekebalan, serta enzim penghasil energi. Asam amino ini mengandung lisin, isoflafon, serin, niasin, leusin dan triptofan.
  • Karbohidrat.
  • Serat (fiber).
  • Vitamin dan Mineral – Vitamin dan mineral dalam susu kedelai diperlukan untuk kesehatan tubuh, termasuk vitamin A, B1, B2, B12, E dan K, kalsium, zat besi dan riboflavin.

Susu kedelai mengandung banyak bahan yang baik. Oleh karena itu susu kedelai tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Manfaat susu kedelai untuk kulit adalah:

  1. Untuk menjaga hidrasi kulit

Susu kedelai dapat mempertahankan kelembapan alami kulit karena susu kedelai mengandung fleksor kulit lembut yang dapat memperbaiki sel kulit mati dan mengontrol dehidrasi pada organ tubuh. Jadi, jika Anda rajin minum susu kedelai, kulit Anda tidak akan terlihat kering, segar dan lembut.

  • Untuk menghilangkan flek hitam di wajah

Flek hitam berupa flek hitam atau yang sering disebut dengan flek biasanya disebabkan oleh faktor penuaan, seringnya terpapar sinar ultraviolet atau tidak menjaga kebersihan kulit wajah setelah makeup atau beraktivitas. Flek hitam di wajah tentu saja mengganggu kecantikan wajah kita. Maka salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah dan cara menghilangkan flek hitam di hidung adalah dengan rajin mengkonsumsi minuman susu kedelai ini. Bahkan bisa menjadi bahan alami untuk menghilangkan komedo membandel. Karena kandungan vitamin B kompleks dalam susu secara perlahan bisa memudarkan flek hitam di wajah. Agar wajah terlihat bersih dan terhindar dari flek hitam pada wajah.

  • Untuk mengatasi kulit kusam dan tidak bercahaya.
Baca Juga:  Bagaimana Cara Double Cleansing?

Nutrisi dalam susu kedelai dapat mengatasi kulit wajah kusam dan bingung. Karena susu dapat meningkatkan produksi kolagen alami dan meningkatkan serat elastin. Dengan demikian, konsumsi susu secara teratur merupakan cara untuk merawat wajah agar tidak terlihat kusam dan mengurangi kadar minyak berlebih pada kulit sekaligus menjaga kesegaran kulit wajah Anda.

  • Sebagai anti penuaan.

Munculnya penuaan dini dapat mempengaruhi kecantikan alami kulit wajah Anda. Tanda-tanda penuaan dini seperti munculnya kerutan halus pada kulit wajah atau munculnya kantung di bawah mata. Namun cara mencegah penuaan dini bisa diatasi jika Anda rajin minum susu kedelai. Karena nutrisi dalam susu kedelai, terutama vitamin B1 dan vitamin E, dapat mengencangkan kulit wajah agar terbebas dari penyebab kulit keriput di usia muda. Selain itu, susu kedelai juga berfungsi sebagai detoksifikasi atau membersihkan racun dari dalam tubuh.

  • Dapat meningkatkan kolagen pada kulit.

Kolagen pada kulit memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit agar kulit tidak kendur. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen di kulit tubuh juga semakin berkurang. Jadi, rajin mengonsumsi susu kedelai dapat meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh dan menjaga keremajaan kulit wajah Anda.

  • Untuk menjaga elastisitas kulit.

Susu kedelai yang mengandung isoflavon sangat membantu dalam mencegah munculnya kerutan pada kulit dan membuat kulit tampak lebih muda. Isoflavon memiliki manfaat yang sama dengan hormon estrogen. Jadi dengan minum susu kedelai juga bisa meningkatkan kadar hormon estrogen dalam tubuh.

  • Untuk merawat kulit kering bersisik.

Ada banyak pelembab untuk kulit kering dan kusam, dan salah satu pelembab alami itu adalah susu kedelai. Susu kedelai mengandung vitamin B1 atau thiamin yang berperan penting dalam perawatan kulit kering dan bersisik. Karena susu kedelai berfungsi sebagai pelembab kulit alami, maka kesehatan kulit dapat terjaga jika Anda rutin mengonsumsi susu kedelai.

  • Sebagai antioksidan.
Baca Juga:  10 Tips untuk Menjaga Kulit Bersih dari Jerawat

Kandungan vitamin E memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas penyebab penuaan dini, melindungi kulit dari efek buruk polusi udara, dan efek buruk obat-obatan atau bahan kimia lainnya. Sehingga susu kedelai dapat menyehatkan kulit tubuh dan wajah.

Leave a Reply