Apa Saja Jenis Kulit yang Susah Putih dan Apa Penyebabnya?

Eva Mulia Clinic – Kulit Susah Putih – Memiliki kulit putih mulus adalah dambaan setiap wanita, terutama di Asia seperti Indonesia. Setiap orang umumnya akan memiliki kulit yang lebih terang di area tertutup seperti paha dan perut, yang merupakan ukuran luminositas kulit seseorang. Tapi, ada berbagai hal yang membuat kulit tidak terlihat putih maksimal seperti salah satunya karena Jenis Kulit Susah Putih seperti ulasan kami di bawah ini.

Apa Saja Jenis Kulit Susah Putih?

Memiliki kulit putih mulus adalah dambaan setiap wanita, terutama di Asia seperti Indonesia. Setiap orang umumnya akan memiliki kulit yang lebih terang di area tertutup seperti paha dan perut, yang merupakan ukuran luminositas kulit seseorang. Tapi, ada berbagai hal yang membuat kulit tidak terlihat putih maksimal seperti salah satunya karena jenis kulitnya sudah putih seperti ulasan kami di bawah ini.

Kulit Hitam

Jenis kulit hitam yang merupakan jenis kulit wajah di lapisan epidermis ini memiliki lapisan skuamosa yang terdiri dari melanin. Melanin adalah pigmen yang memberi warna pada kulit, membuatnya lebih gelap. Semakin banyak pigmen pada kulit, maka warna kulit juga akan semakin hitam dan sulit menjadi putih. Namun pada kenyataannya, semakin berpigmen kulit, maka kulit juga akan semakin terlindungi dari bahaya sinar ultraviolet yang dihasilkan matahari sekaligus memberikan tampilan kulit yang bersih meski terlihat hitam.

Kulit Sawo Matang

Kulit cokelat yang biasanya dimiliki oleh orang Asia juga merupakan jenis kulit yang sulit untuk diputihkan. Kulit coklat biasanya dimiliki oleh orang-orang yang tinggal di daerah tropis seperti Indonesia, yang merupakan ciri khas Mongoloid Melayu seperti di Indonesia bagian barat dan tengah seperti Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, Nusa Tenggara, Irian dan Maluku. Namun, meskipun kulit coklat ini sulit untuk diputihkan, akan sangat didambakan oleh masyarakat Barat karena merupakan warna kulit sehat yang ideal. Pigmen eumelanin dan karoten pada kulit kecokelatan membuat kulit tampak lebih eksotis. Kulit coklat juga tahan terhadap sinar matahari, sehingga tidak mudah terkena masalah kulit seperti kanker kulit.

Kulit Melayu

Jenis kulit melayu ini memiliki warna coklat-coklat, namun kandungan pigmen pheomelanin bahkan lebih kecil dari eumelanin, sehingga terlihat seperti sawo matang. Jika terlalu sering terkena sinar matahari, jenis kulit ini sangat mudah menggelap dan menghitam, sehingga sangat sulit untuk menjadi putih karena terlalu mudah menjadi gelap jika hanya terkena sinar matahari sedikit saja. Adapun cara mengatasi kulit yang terbakar sinar matahari dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Indian

Jenis kulit sulit memutihkan berikutnya adalah kulit India yang memiliki warna coklat agak kehitaman. Pada jenis kulit India ini, pigmen pheomelanin lebih rendah dari eumelanin yang menjadi penyebab kulit hitam baik pada pria maupun wanita. Inilah yang membuat kulit orang India semakin gelap dan gelap jika terlalu banyak terkena sinar matahari.

Negroid

Negroid jelas merupakan jenis kulit yang sangat sulit untuk diputihkan. Kulit gelap ini hanya memiliki pigmen eumelanin dimana pengaruh sinar matahari akan meningkatkan pembentukan eumelanin sehingga kulit tampak lebih gelap. Jenis kulit negroid sering dialami oleh orang-orang yang tinggal di daerah tropis seperti Asia, Amerika Latin, dan Afrika. Eumelanin sebenarnya tidak berguna dalam menangkal efek buruk sinar matahari, yaitu sinar ultraviolet yang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kanker.

Apa Saja Faktor Penyebab Kulit Susah Putih?

Selain jenis kulit yang lebih banyak mengandung pigmen yang memberi warna gelap, kulit sulit memutihkan juga bisa terjadi karena berbagai faktor seperti berikut ini.

Faktor genetik

Sulit memutihkan kulit bisa terjadi karena faktor genetik atau keturunan, menurut para ahli, jika warna kulit merupakan faktor keturunan maka sulit untuk mengubahnya menjadi putih. Inilah yang menyebabkan jika kedua orang tua Anda memiliki kulit berwarna cokelat atau hitam, maka kulit anaknya juga akan serupa.

Cahaya matahari

Aktivitas yang dilakukan di luar ruangan dan paparan sinar matahari yang terus menerus juga menyebabkan kulit menghitam meski sudah menggunakan berbagai produk pemutih. Sinar matahari membakar dan merusak kulit sehingga tampilan kulit semakin lama semakin gelap.

Waktu istirahat kurang

Disengaja atau tidak, jika Anda sering begadang dan tidak cukup istirahat, kulit Anda bisa menjadi kusam dan hitam. Para ahli juga mengungkapkan bahwa jika seseorang sering begadang, maka akan menghilangkan luminositas alami wajah sekaligus penyebab penuaan wajah yang terjadi karena hormon stres meningkat, yang pada akhirnya menyebabkan kulit meradang, muncul kerutan dan terlihat lebih gelap. .

Asupan Makanan tidak mencukupi

Selain kurang istirahat, asupan nutrisi yang kurang juga menjadi penyebab kulit jadi putih dan juga penyebab ruam pada wajah. Berbagai nutrisi penting yang terutama berasal dari sayuran dan buah-buahan sangat wajib dikonsumsi setiap hari jika ingin memutihkan kulit dengan aman dan cepat.

Salah dalam Penggunaan Produk Pemutih

Penggunaan produk pemutih yang tidak sesuai juga menjadi penyebab kulit putih dan keras. Kandungan dalam pemutih kulit murah ini tentunya mengandung berbagai bahan berbahaya yang mampu memutihkan kulit dalam sekejap, namun efek jangka panjang yang mungkin terjadi adalah kerusakan pada kulit sehingga tampilan kulit tampak lebih gelap bahkan permanen.

Ada beberapa jenis kulit yang sudah putih karena merupakan faktor keturunan dengan kandungan eumelanin yang lebih banyak dibandingkan dengan pheomelanin yang merupakan pigmen kulit yang memberikan warna hitam. Namun nyatanya, semakin banyak kandungan eumelanin pada kulit, semakin banyak pula berbagai kelainan kulit seperti kanker kulit juga memiliki risiko lebih rendah terkena kanker kulit, terlihat lebih eksotis, dan kulit dianggap sehat dibandingkan kulit putih.

Bagaimana Cara Mencerahkan Kulit yang Susah Putih Secara Alami?

Untuk membuat wajah lebih cerah, kita harus menggunakan krim pencerah yang mahal. Oleh karena itu maka simak ulasan Membuat Wajah Glowing tanpa efek samping berikut ini
Untuk membuat wajah lebih cerah, kita harus menggunakan krim pencerah yang mahal. Oleh karena itu maka simak juga ulasan Membuat Wajah Glowing tanpa efek samping berikut ini:

Makan buah yang kaya vitamin C secara teratur

Vitamin C bekerja dengan meningkatkan produksi kolagen, sehingga kulit menjadi kencang dan bercahaya. Menurut sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C selama 12 minggu dapat menunda gejala pertama.

Vitamin C telah terbukti mengurangi kerutan, mencegah kerusakan kulit dan meningkatkan produksi kolagen yang mendukung jaringan kulit. Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan mengonsumsi jeruk, pepaya, mangga, dan jambu biji.

Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Jika Anda menginginkan kulit yang sehat dan bercahaya, jangan biarkan kulit Anda terpapar sinar matahari terlalu lama. Hal ini karena paparan sinar ultraviolet matahari dapat membuat kulit kusam dan warna kulit tidak merata.

Oleh karena itu, selalu lindungi kulit Anda dengan mengoleskan produk tabir surya atau tabir surya yang mengandung SPF 30 setiap kali Anda keluar rumah. Gunakan terutama pada wajah dan lengan yang lebih sering terkena sinar matahari.

Cukup tidur

Ketika Anda cukup tidur, tubuh Anda memiliki kesempatan untuk membangun kembali kolagen. Tidur yang cukup juga memperlancar aliran darah di bawah kulit sehingga kulit menerima nutrisi. Jadi, pastikan untuk tidur minimal 7 jam sehari.

Rutin olahraga

Olahraga dapat meningkatkan kemampuan memantau darah ke seluruh tubuh, termasuk jaringan kulit. Kulit yang menerima oksigen dan nutrisi yang cukup akan terlihat lebih sehat, terhidrasi dan bercahaya.

Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut hanya dengan melakukan olahraga ringan. Latihan terbaik untuk kulit termasuk jogging, berjalan, berenang dan bersepeda. lakukan secara rutin minimal tiga hari dalam seminggu untuk mendapatkan hasil.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Cara mudah lainnya untuk mencerahkan kulit adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan. Air menjaga kelembapan kulit dan memelihara jaringan kolagen. Kedua hal ini berperan penting dalam menjadikan kulit lembut, padat dan glowing.

Sumber cairan terbaik untuk kulit adalah air, sayuran dan buah-buahan. cair berupa minuman beralkohol karena alkohol memiliki sifat yang menarik. Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat membuat kulit menjadi kering, kasar dan kusam.

Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin

Kulit membutuhkan banyak nutrisi dan antioksidan untuk mempertahankan bentuk dan fungsinya, menangkal radikal bebas, dan memproduksi kolagen. Vitamin B (biotin), vitamin C dan vitamin E adalah jenis vitamin yang sangat baik untuk kulit.

Semua nutrisi tersebut bisa Anda dapatkan dari makanan sehat berupa sayuran, buah-buahan, dan kacang-kacangan.

Baca Juga : Bahan Alami yang Dapat Membuat Wajah Glowing Tanpa Efek Samping!

Tips Mencerahkan Kulit dengan Rutinitas Skincare

jenis kulit susah putih eva mulia

Manfaat dari perubahan gaya hidup yang Anda alami akan lebih besar jika disertai dengan rutinitas perawatan kulit. Berikut beberapa hal terkait rutinitas penggunaan produk perawatan kulit yang dapat membantu mengatasi kulit kusam dan sulit putih.

Rajin Mandi dan Mencuci Wajah

Salah satu penyebab kulit kusam adalah pori-pori yang tersumbat. Jadi, jaga kebersihan kulit Anda dengan mencuci muka sekali sehari dan mencuci muka dua kali sehari. Aktivitas ini dapat membantu mencegah penyumbatan pori akibat kotoran dan minyak.

Saat mandi atau facial, pilihlah sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Gunakan sabun lembut yang mengandung sedikit bahan kimia tambahan agar kulit tidak kering.

Menggunakan Pelembab

Pelembab merupakan syarat penting untuk mendapatkan kulit glowing. Gunakan pelembap dalam waktu 2-3 menit setelah mandi dan mencuci muka agar kandungannya dapat langsung menjebak sisa air yang masuk ke dalam kulit.

Pastikan untuk memilih pelembab yang tepat untuk jenis kulit Anda. Meski kulit Anda berminyak, Anda tetap harus menggunakan pelembab. Hanya saja, tentunya Anda perlu memilih pelembab untuk kulit berminyak yang tidak menyumbat pori-pori.

Mengunakan Produk Skincare yang Mengandung Vitamin C

Vitamin C membantu mencegah penuaan kulit dan menyamarkan bintik hitam dan coklat pada kulit. Vitamin ini juga mengurangi produksi melanin berlebih yang dapat memperburuk masalah kulit kusam pada beberapa orang.

Jadi jangan lupa untuk menambahkan vitamin C ke rutinitas perawatan kulit Anda. Pilih produk yang tinggi vitamin C dan gunakan secara teratur untuk hasil yang optimal.

Penggunaan pelembab dan serum wajah yang tepat secara teratur dapat memberikan hasil yang optimal. Selain melembabkan, rangkaian formula skincare yang mengandung niacinamide dapat membantu mencerahkan warna kulit dan mengurangi munculnya flek hitam.

Menggunakan Asam Kojic

Banyak orang mencerahkan dan memutihkan kulit menggunakan asam kojic. Senyawa ini digunakan sebagai agen pencerah kulit karena mampu menghambat fungsi enzim tertentu yang diperlukan untuk pembentukan melanin.

Anda dapat menemukan asam kojic dalam berbagai produk, termasuk masker wajah dan pembersih. Secara umum, dibutuhkan 2 hingga 6 minggu untuk melihat efeknya pada kulit kusam.

Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah elemen yang sangat penting untuk mencerahkan kulit. Dengan pengelupasan, Anda menghilangkan lapisan sel kulit mati yang membuat kulit Anda terlihat kering dan kusam.

Anda bisa melakukan eksfoliasi dengan dua cara, secara mekanis menggunakan scrub atau secara kimiawi menggunakan toner yang mengandung AHA dan BHA. Lakukan secara rutin seminggu sekali untuk mendapatkan wajah yang lebih putih.

Jangan berlebihan

Hindari menggunakan terlalu banyak produk perawatan kulit atau kecantikan. Hal ini justru bisa membuat kulit Anda terlihat tidak sehat karena produk kecantikan yang Anda beli mungkin tidak cocok untuk kulit Anda, apalagi jika Anda memiliki kulit sensitif.

Perawatan Kecantikan di Klinik Kecantikan

treatment klinik eva mulia
Eva Mulia Clinic

Tahap ini biasanya dilakukan saat perubahan gaya hidup dan penggunaan perawatan kulit juga tidak membuahkan hasil. Perawatan oleh dokter kulit relatif aman, namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum memilih cara ini.

Dokter akan mengamati kondisi kulit Anda untuk menentukan jenis perawatan yang tepat. Setelah proses konsultasi, kemungkinan besar dokter akan menyarankan satu atau lebih metode berikut.

Suntik Vitamin C

Semakin tinggi jumlah pigmen melanin dalam jaringan kulit, semakin gelap warna kulit. Kulit kusam sebenarnya bukan disebabkan oleh kandungan melanin yang tinggi, namun tidak sedikit yang menempuh cara ini untuk membuat kulitnya tampak lebih putih.

Pemberian Suntikan memiliki efek langsung pada kulit. Prosedur ini bertujuan untuk mengurangi jumlah pigmen melanin, kulit Anda tampak lebih putih dan muncul seketika.

Namun, Anda harus berhati-hati. Glutathione, komponen utama yang ditambahkan pemutih, dapat menyebabkan beberapa efek samping. Efek yang dilaporkan termasuk rambut rontok, bintik putih pada kuku, mati rasa, dan gejala depresi dan kecemasan.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi menggunakan alat khusus dengan ujung kasar yang akan mengangkat lapisan kulit mati dan sel kulit yang rusak. Cara ini dapat merawat kulit kusam, meratakan warna dan permukaan kulit, serta menghilangkan tanda-tanda penuaan.

Chemical Peeling

Prinsip dari metode chemical peeling ini sama dengan exfoliation, yaitu terdiri dari menghilangkan lapisan kulit mati sehingga sel-sel sehat di bawahnya dapat muncul dipermukaan kulit. Bedanya, Anda akan menggunakan bahan kimia dokter untuk melakukan eksfoliasi.

Ada banyak cara untuk mencerahkan kulit kusam, mulai dari perubahan gaya hidup, rutinitas perawatan kulit, hingga perawatan di spesialis. Agar perawatan memberikan hasil yang optimal, ingatlah untuk mendidik diri sendiri tentang manfaatnya dan mencari bantuan medis jika perlu.

1 thought on “Apa Saja Jenis Kulit yang Susah Putih dan Apa Penyebabnya?”

  1. Pingback: Cara Mencerahkan Kulit Melalui Kebiasaan Sehari-hari

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *