Apa Penyebab Beruntusan Kecil di Wajah?

Eva Mulia Clinic – Penyebab Beruntusan – Memiliki kulit wajah yang mulus sangat penting bagi wanita, namun ada kalanya menjaga kulit wajah tetap mulus menjadi tantangan tersendiri karena jerawat kecil sering muncul di kulit wajah. Jerawat sering muncul di wajah Anda ketika Anda tidak mengharapkannya, bahkan jika Anda telah melakukan semua yang Anda bisa untuk merawat dan membersihkan wajah Anda dengan benar. Meskipun muncul sebagai gangguan yang tidak terduga, pelarian tidak muncul secara tiba-tiba.

Apa Penyebab Beruntusan Kecil di Wajah?

Penyebab Beruntusan Setelah Facial

Jerawat atau jerawat yang muncul bisa menjadi petunjuk yang jelas untuk kesehatan dan kebersihan seseorang. Terkadang jerawat ini muncul sebagai satu atau dua titik kecil, namun terkadang muncul dalam jumlah besar dan bergerombol di beberapa area wajah seperti dahi, hidung, dagu, dan pipi. Dengan kata lain, salah satu bentuk jerawat ini muncul di area Bruntus, yang terkadang menyebabkan gatal atau rasa panas, menyebabkan keinginan untuk menggaruk, dan terbentuk ketika pori-pori wajah tersumbat oleh minyak, kotoran dan juga mati dan sel kulit yang tersisa.

Mengapa wajah Brutus

Seringkali penyebab benjolan kecil di wajah sulit ditentukan secara tepat, namun dalam banyak kasus benjolan muncul karena penyebab berikut:

Tidak Merawat Wajah

Jerawat kecil mungkin muncul jika Anda malas membersihkan wajah secara rutin, tidak membersihkan wajah secara menyeluruh, atau menggunakan pembersih wajah yang tidak sesuai. Setiap kesalahan dalam pembersihan wajah dan pemilihan produk pembersih akan menyebabkan ruam pada wajah akibat menumpuknya kotoran dan sisa pembersih serta kosmetik di pori-pori wajah. Gunakan pembersih wajah untuk wajah berjerawat atau produk wardah untuk wajah berjerawat.

Tidak Menetralkan Wajah Ketika Ganti Skincare

Ada kalanya Anda mungkin ingin mengganti produk perawatan kulit atau kosmetik dan alat kecantikan yang Anda gunakan. Yang tidak disadari banyak wanita adalah ketika beralih ke produk yang sering digunakan di wajah, perlu ada masa transisi yang tepat. Tujuannya agar kulit wajah terbiasa melepaskan produk lama dan beradaptasi dengan produk baru. Anda harus menunggu beberapa hari setelah menghentikan produk lama sebelum menggunakan produk baru.

Reaksi Terhadap Alergi

Anda mungkin juga mengalami jerawat kecil di wajah sebagai reaksi alergi pada kulit wajah. Alergi akan menjadi penyebab jerawat wajah yang berlanjut jika sumber alergi tidak segera ditemukan. Selain ruam alergi, reaksi juga bisa muncul di bagian tubuh lainnya. Hal ini dapat terjadi sebagai akibat dari alergi makanan, kosmetik, debu, obat-obatan, dll.

Alat Make up yang Kotor

Kebersihan alat make up seringkali diabaikan oleh penggunanya, yang beranggapan bahwa alat make up tidak perlu dibersihkan. Padahal kuas make up yang tidak dibersihkan secara rutin membuat rentan terhadap bakteri yang akan menimbulkan jerawat kecil di wajah. Ruam ini bisa terjadi karena bekas make up yang tidak dibersihkan.

Makanan

Apa yang kita konsumsi biasanya akan langsung menunjukkan efeknya pada tubuh. Selama ini, makanan pedas dan berminyak terbukti menjadi cara cepat meningkatkan tingkat jerawat di wajah, jadi hindarilah. Menghindari makanan berminyak dan pedas bisa menjadi cara untuk mencegah timbulnya jerawat di wajah.

Perubahan hormon

Fluktuasi kadar hormon dalam tubuh wanita adalah penyebab umum jerawat wajah. Ketidakseimbangan hormon biasanya terjadi pada masa remaja, melahirkan, menstruasi, penggunaan kontrasepsi, atau menopause. Jerawat kecil di wajah juga bisa disebabkan oleh jenis kulit berminyak, sehingga mudah menarik kotoran dan debu serta minyak berlebih yang menyumbat pori-pori.

Penggunaan Obat-obatan

Bagi Anda yang sedang menjalani pengobatan tertentu, jerawat kecil di wajah juga bisa dialami sebagai efek samping. Jika hal ini terjadi, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui cara mengatasinya atau kemungkinan mengubah perawatan ke perawatan yang lebih sesuai sehingga tidak menimbulkan efek samping negatif pada kulit wajah.

Bagaimana Cara Mengatasi Beruntusan di Wajah?

Untuk menghilangkan jerawat kecil di wajah, Anda dapat melakukan hal-hal berikut untuk mencegah dan mengobati jerawat, di antaranya:

  • Lakukan perawatan wajah secara rutin dan teratur dengan membersihkan wajah dua kali sehari, tidak menyentuh bagian wajah yang mengalami ruam dan memilih produk perawatan kulit yang tepat dan cocok untuk kulit wajah Anda. Anda bisa melakukan facial untuk wajah berjerawat untuk menghilangkan jerawat di wajah.
  • Periksa komposisi atau formula bahan dalam produk perawatan kulit yang digunakan. Ingatlah untuk menghapus riasan yang Anda gunakan sebelum tidur di malam hari, dengan gerakan lembut dan tidak menggosok wajah terlalu banyak.
  • Hentikan penggunaan produk makeup jika Anda mengalami breakout saat digunakan. Gunakan pelembab yang cocok untuk jerawat dan salep untuk jerawat gatal di wajah.
  • Selalu cuci tangan sampai bersih sebelum menyentuh wajah dan hindari menyentuh atau memencet bagian wajah yang patah untuk mencoba menghilangkan jerawat dalam semalam.
  • Gunakan tabir surya dengan kandungan SPF yang sesuai setiap kali Anda keluar rumah.
  • Lakukan manfaat eksfoliasi wajah sekitar dua hingga tiga kali seminggu.

Anda bisa mengobati jerawat kecil di wajah dengan memperhatikan apa penyebabnya dan juga cara mengatasinya. Selain itu, Anda juga perlu melakukan perubahan gaya hidup untuk mendapatkan efek penuh dari cara mengatasi ruam. Kebiasaan merokok dan minum alkohol serta kurang tidur juga akan menyebabkan kondisi tubuh menjadi buruk, sehingga kesehatan kulit juga akan terpengaruh. Tidak hanya facial yang diperlukan untuk memastikan wajah mulus tanpa masalah, tetapi juga perawatan seluruh tubuh yang akan membantu menjaga kesehatan sistem tubuh secara keseluruhan yang akan terlihat dari kondisi kulit Anda.