basic skincare untuk remaja

Apa Saja Basic Skincare Yang Wajib Digunakan? Ini Jawaban Menurut Dermatolog

Eva Mulia Clinic – basic skincare untuk remaja – Pembersih wajah, toner, serum, pelembab, tabir surya, mungkin deretan rangkaian produk perawatan wajah ini sering kamu dengar. Tapi sesungguhnya, perawatan kulit dasar apa yang penting untuk kesehatan kulit? Simak ulasan berikut ini trekait produk basic skincare yang penting untuk digunakan!

Apa Itu Skincare?

Apa Saja Basic Skincare Yang Wajib Digunakan? Ini Jawaban Menurut Dermatolog

Perawatan kulit atau skin care adalah rangkaian produk tertentu yang digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan, terutama wajah, meskipun pada umumnya menutupi seluruh tubuh.

Dengan menggunakan rangkaian perawatan kulit yang tepat, dapat menunjang penampilan sehari-hari Anda tanpa mengalami masalah kulit. Karena kulit akan menjadi lebih sehat dan rapi.

skin care memiliki beberapa manfaat yaitu menjadikan kulit wajah bersih, tidak kusam, cerah, lebih lembab dan halus serta bernutrisi.

Apa Saja Ciri-ciri Kulit Sehat?

Menurut dokter kulit, ada beberapa tanda bila Anda memiliki kulit yang sehat. Diantaranya adalah:

  • Meratakan warna kulit, di mana tidak ada komedo, bekas jerawat atau adanya penyakit kulit lainnya
  • Kulitnya basah
  • Tekstur kulitnya kenyal, elastis dan halus. Dan tidak ada jerawat, komedo, lecet, dll.
  • Kondisi kulit nyaman, tanpa rasa gatal, sesak, kering, rasa terbakar, dll.
  • Kulit tidak terlihat kusam

Pada dasarnya, kulit yang sehat tidak berarti mulus seperti kaca. Jika ada pori-pori wajah yang muncul, itu adalah kondisi yang normal.

Namun jika kulit tidak pernah dirawat, beberapa hal dapat terjadi pada kulit, seperti:

  • Kulit tampak kusam karena penumpukan sel kulit mati
  • Tanda-tanda awal penuaan kulit muncul, seperti kerutan dan bintik hitam
  • Kulit wajah tidak bersih, pori-pori mudah tersumbat, mudah berjerawat, dan mudah iritasi
  • Kondisi kulit menjadi lebih kering atau berminyak
  • Warna dan tekstur kulit tidak merata
  • Oleh karena itu, disarankan untuk mulai menjaga kesehatan kulit setidaknya menggunakan perawatan dasar.

Jika masalah kulit cukup mengganggu, segera periksakan ke dokter kulit terdekat. Dan dalam beberapa kondisi, mungkin memerlukan kombinasi tindakan dan produk obat secara bersamaan.

Apa Saja Basic Skincare untuk Remaja yang Diperlukan?

Dermatolog menunjukkan bahwa ketika memulai perawatan kulit dasar, pemilihan produk tidak harus datang dengan label harga tinggi. Namun harus efektif, tergantung jenis dan kondisi kulit, serta produk seminimal mungkin ujarnya.

Ada tiga perawatan dasar yang paling penting untuk diterapkan, yaitu pembersihan, hidrasi, dan perlindungan.

Cleansing

Seperti yang sudah kita ketahui, dianjurkan untuk melakukan pembersihan wajah dua kali sehari. Yakni saat bangun dan sebelum tidur, atau jika kulit berkeringat, seperti setelah berolahraga.

Moisturizing

Menggunakan pelembab yang tepat dapat membuat kulit Anda lebih terhidrasi, cerah, dan tampak lebih muda. Gunakan pelembab pada wajah, tubuh dan bibir.

Meski memiliki kulit berminyak, Anda tetap perlu menggunakan pelembap agar lebih sehat.

Protecting

Langkah selanjutnya adalah menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 atau lebih tinggi. Produk ini dapat membantu mencegah keriput, flek hitam dan tumor kulit ganas.

Ingatlah untuk mengulangi penggunaan tabir surya setidaknya setiap dua jam dan setelah berenang atau berkeringat.

Dokter kecantikan juga merekomendasikan orang dengan kulit berjerawat atau berminyak untuk menggunakan produk non-comedogenic atau won’t clog pores.

Bagaimana Cara Memilih Basic Skincare yang Tepat?

Langkah paling tepat dalam memilih produk perawatan kulit adalah mencocokkannya dengan kondisi dan jenis kulit yang Anda miliki.

Kulit normal

Pada kulit normal, umumnya penggunaan perawatan dasar sudah cukup. Namun, kebutuhan perawatan kulit ini dapat disesuaikan dengan kondisi kulit lainnya, seperti bekas jerawat, kerutan dan lainnya.

Kulit kering dan sensitif

Sedangkan untuk kulit kering dan sensitif, disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan pelembab, seperti hyaluronic acid dan ceramides.

Selain itu, niacinamide juga dapat digunakan untuk jenis kulit ini, namun disarankan untuk menggunakan konsentrasi yang lebih rendah.

Sebaiknya hindari produk dengan bahan yang bisa menyebabkan iritasi. Misalnya retinol, bakuchiol, asam retinoat, asam glikolat, dan vitamin C dosis tinggi.

Bukan berarti jenis kulit ini tidak bisa menggunakan produk tersebut. Namun, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu.

Bahan yang direkomendasikan untuk produk ini adalah krim atau lotion. Karena bahan gelnya akan membuat kulit lebih kering.

Kulit berminyak dan kombinasi

Untuk kulit berminyak dan kombinasi, disarankan untuk menggunakan produk yang mengandung retinol atau asam retinoat.

Biasanya, jenis kulit ini disertai dengan munculnya jerawat, sehingga retinol atau asam retinoat dapat membantu mengontrol kelenjar sebaceous, mempercepat regenerasi kulit, dan mengelupas sel-sel kulit mati.

Selain itu, asam glikolat juga dapat membantu mengecilkan pori-pori dan memperbaiki tekstur kulit. Asam salisilat, benzoil peroksida, dan niacinamide juga dapat digunakan untuk membantu mengecilkan pori-pori dan sebagai anti inflamasi untuk kulit berjerawat.

Hindari penggunaan krim dan produk berbahan dasar minyak, karena dapat menyumbat pori-pori dan memperburuk kulit yang rentan berjerawat.

Pada kulit kombinasi, Anda bisa memadukan bahan-bahan yang digunakan untuk kulit kering dan berminyak. Seperti retinol, retinoic acid, glycolic acid, hyaluronic acid, niacinamide, dll.