image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

bruntusan

4 Perawatan Kulit untuk Menghilangkan Bruntusan di Wajah

eva mulia – Selain jerawat, masalah kulit lainnya yang tidak kalah poluler adalah bruntusan. Setiap orang pasti pernah mengalami bruntusan di sekitar wajahnya. Meski ini bukan kondisi yang berbahaya, wajah bruntusan tentu akan mengganggu penampilan. Apa lagi jika kemunculannya hampir di seluruh wajah. Lalu, bagaimana cara menghilangkan bruntusan di wajah? Berikut penjelasannya untuk Anda!

Apa sih bruntusan itu?

bruntusan

Sebenarnya bruntusan bukanlah sebuah istilah medis. Justru kondisi ini mengganmbarkan suatu keadaan kulit yang permukaannya terasa kasar dan tidak rata. Jika dipegang, bruntusan akan terasa seperti bintik-bintik kecil yang menonjol di kulit.

Selain muncul di wajah, bruntusan juga bisa timbul dibagian tubuh lainnya. Selama bagian tubuh tersebut masih tertutupi kulit. Bruntusan hanya akan muncul pada 1 atau 2 titik saja. Tetapi tak jarang kondisi ini juga bisa muncul bergerombol atau berkelompok di beberapa area tubuh tertentu. Beberapa daerah yang sering mengalami bruntusan diwajah seperti dahi, dagu, hidung. Selain itu, bruntusan juga bisa muncul di bagian leher, lengan, punggung, dada dan bahu.

Penyebab Bruntusan Diwajah

Penyebab bruntusan diwajah bisa terjadi karena beberapa faktor, mulai dari komedo, iritasi wajah, folikulitis (peradangan pada folikel rambut),  milia dan lain sebagainya. Namun, komedolah yang menjadi salah satu kemunculan bruntusan yang paling sering terjadi.

Komedo terbentuk dari penumpukkan sel-sel kulit mati dan minyak yang terperangkap di dalam pori-pori kulit. Ada beberapa penyebab pori-pori tersumbat antara lain:

  • Stres
  • Perubahan hormon
  • Produksi keringat berlebih
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Kebersihan kulit yang tidak terjaga dengan baik
  • Penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit yang tidak tepat

Cara Menghilangkan Bruntusan Diwajah

Cara untuk menghilangkan bruntusan di wajah paling ampuh adalah dengan menerapkan perawatan kulit dasar yang benar. Anda bisa memulainya dengan cara:

1. Rutin Bersihkan Wajah

Agar bruntusan diwajah cepat menghilang, Anda harus rutin membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari saat pagi dan malam hari. Pilihlah sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Kalau perlu Anda juga bisa menerapkan prinsip double cleansing, untuk memastikan kulit wajah Anda benar-benar bersih dari kotoran.

Nah, bagi Anda yang selalu menggunakan makeup, jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah menggunakan makeup remover yang berbasis air (micellar water) atau yang berbasis minyak untuk membersihkan makeup waterproof di wajah.

Pastikan bahwa Anda membersihkan wajah sampai benar-benar bersih dan tidak ada sisa makeup lagi yang masih menempel. Karena sisa makeup yang menempel bisa memicu munculnya komedo.

2. Pakai Pelembap

Setelah selesai membersihkan wajah, cara menghilangkan bruntusan di wajah selanjutnya yaitu rutin menggunakan pelembab. Setiap orang wajib menggunakan pelembab apapun jenis kulitnya. Jangan lupa, sebelum menggunakan pelembab Anda harus gunakan toner dan serum. Pastikan Anda memilih produk perawata kulit sesuai jenisnya agar masalah kulit bisa diatasi.

3. Pakai Sunscreen

Sebelum melakukan aktivitas diluar ruangan, Anda juga perlu melindungi kulit dari paparan sinar  UV dengan menggunakan sunscreen. Sunscreen adalah perawatan wajah yang wajib untuk digunakan. Bukan hanya efektif untuk melindungi kulit Anda dari paparan matahari yang bisa memicu kanker kulit. Sunscreen juga bisa mencegah bruntusan di wajah semakin parah,

Gunakan sunscreen setiap kali setelah menggunakan pelembab. Pastikan seluruh kulit yang tidak tertutup pakaian untuk dioleskan sunscreen secara merata.

4. Eksfoliasi

Cara berikutnya untuk menghilangkan bruntusan di wajah adalah dengan melakukan eksfoliasi. Perawatan wajah ini berfungsi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Lakukan eksfoliasi secara rutin, tiap seminggu sekali, dengan menggunakan produk eksfoliasi yang tepat sesuai jenis kulit Anda.

HBruntusan Bisa Menimbulkan Masalah Kulit Serius

Meski bukan kondisi yang membahayakan, namun jika bruntusan tidak ditangani dengan tepat bisa memicu berbagai masalah kulit serius. Salah satunya tumbuhnya jerawat.

Salah satu bruntusan yang paling sering dikeluhkan adalah komedo. Komedo ini bisa berkembang menjadi jerawat yang meradang dan bernanah jika tidak diatasi dengan tepat.

Namun, jika bruntusan di wajah masih membandel, segera kunjungi dan konsultasikan ke dokter kulit. Nantinya, dokter kulit akan merekomendasikan obat atau melakukan perawatan khusus untuk membantu menghilangkan bruntusan di wajah.

Perawatan Menghilangkan Bruntusan Didokter

Pada umumnya, perawatan yang dilakukan untuk mengatasi bruntusan mungkin berbeda pada setiap orang. Biasanya dokter akan menyesuaikan jenis perawatan dengan penyebab bruntusan yang mendasarinya.

Jika disebabkan karena komedo, biasanya dokter memberikan krim perawatan tertentu untuk melunakkan komedo. Sehingga komedo mudah lepas dan tidak menyumbat pori-pori.

Cara menghilangkan bruntusan di wajah juga bisa dilakukan dengan menggabungkan dengan prosedur medis tertentu seperti ekstraksi komedo, mikrodermabrasi, atau chemical peeling.

Baca juga: Tanda-Tanda Skincare Anda Sudah Kadaluarsa atau Tidak Layak Pakai

Leave a Reply