image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

sleeping mask

3 Manfaat Sleeping Mask untuk Kesehatan Kulit Wajah

Eva Mulia – Perawatan wajah tak hanya dilakukan di siang hari saja, tapi juga perlu dilakukan di malam hari. Jika perawatan wajah di siang hari bertujuan untuk memberikan perlindungan pada wajah, berarti perawatan wajah di malam hari bertujuan untuk membersihkan wajah dan membantu memaksimalkan proses regenerasi kulit. Selain menggunakan krim malam, salah satu jenis perawatan yang di minati banyak orang adalah sleeping mask.

Sleeping mask adalah salah satu jenis masker yang bisa dipakai selama tidur. Maker ini diklaim bahwa Anda akan langsung mendapatkan perubahan kulit saat Anda bangun tidur seperti kulit tampak lebih glowing dan kenyal. Bentuk sleeping mask pun berbeda-beda mulai dari bentuk gel, cream, serta sheet mask.

Manfaat Sleeping Mask

manfaat sleeping mask

Sleeping mask banyak disukai bakan hanya karena bisa membuat wajah menjadi glowing dan kenyal setelah bangun tidur tapi juga karena mempunyai banyak manfaat lainnya. Berikut adalah 3 mafaat sleeping mask untuk kulit wajah yang harus Anda ketahui!

1. Melembapkan Kulit

Manfaat sleeping mask yang pertama adalah bisa melembapkan kulit secara maksimal. Untuk menjaga kelembapan kulit terkadang sulit dilakukan, terutama jika Anda berada di wilayah yang cukup dingin. Tak hanya itu, ketika tidur kulit akan menjadi tidak seimbang sehingga tidak terhidrasi dengan baik.

Penggunaan sleeping mask ini akan membantu kulit wajah Anda agar terhidrasi dengan baik meskipun di malam hari. Dengan menjaga dan mengunci kelembapan kulit menjadi hal yang sangat penting dilakukan, karena kulit yang tidak terhidrasi dengan baik akan mudah mengalami gejala penuaan.

2. Meregenerasi Kulit

Kelebihan sleeping mask yang kedua adalah bisa membantu proses regenerasi kulit. Sleeping mask memiliki nutrisi yang bisa membantu proses regenerasi kulit dan pertumbuhan sel kulit baru. Sehingga masalah kulit yang sedang Anda alami akan cepat mereda dengan proses regenerasi yang berjalan lebih maksimal.

Selain itu, masker jenis ini juga bisa membuat produksi kolagen dalam kulit sehingga kulit lebih kenyal, elastis, dan terhindar dari gejala penuaan. Seiring bertambahnya usia, maka produksi kolagen dalam kulit biasanya akan lebih berkurang.

3. Melindungi Wajah

Manfaat sleeping mask yang terakhir adalah bisa melindungi kulit wajah. Perlu Anda ketahui, bahwa tidur di malam hari tidak menjamin wajah kita akan terbebas dari kotoran dan debu yang bisa menyumbat pori-pori kulit. Selain bisa melindungi kulit, sleeping mask juga berguna untuk mengunci produk perawatan kulit lainnya agar bisa lebih terserap ke kulit dan bekerja lebih maksimal.

Selain tiga manfaat di atas, masih ada manfaat sleeping mask lainnya. Mulai dari mengurangi masalah jerawat, menghilangkan dark spot, dan lain sebagainya. Manfaat tersebut tergantung dari klaim produk dan juga kondisi kullit masing-masing.

Tips Menggunakan Sleeping Mask

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan sleeping mask ini secara rutin dan sesuai dengan anjuran produk yang Anda gunakan. Berikut adalah beberapa tips menggunakan sleeping mask yang bisa Anda terapkan dengan benar!

  • Pakailah sleeping mask sesuai dengan jenis kulit Anda. Bagi pemilik kulit kering sebaiknya hindari produk sleeping mask yang mengandung alkohol, pewangi, asam salisilat, tea tree oil, dan kaolin. Bagi pemilik kulit sensitif sebaiknya konsultasikan lebih dulu pada dokter kulit sebelum memilih produk perawatan wajah.
  • Gunakan sleeping mask sesuai dengan yang disarankan dalam kemasan. Beberapa produk sleeping mask biasanya dianjurkan untuk digunakan sebanyak 1-3 kali seminggu, tetapi ada juga produk sleeping mask yang bisa digunakan setiap hari.
  • Gunakan sleeping mask setelah menggunakan night cream. Jangan lupa gunakan rangkaian perawatan rutin lainnya yang dimulai dari membersihkan wajah.
  • Saat menggunakan sleeping mask, tidur terlentang adalah posisi tidur yang paling tepat. Jika Anda tidur dengan posisi miring atau tengkurap bisa membuat masker ini menempel pada bantal atau masker akan terlepas dari wajah.
  • Sebaiknya gunakan bahan sleeping mask yang mudah menyerap di kulit.
  • Tidurlah paling lama 7-8 jam dan tidur paling lambat jam 10 malam. Ini karena proses regenerasi kulit berjalan maksimal pada jam 10 malam sampai jam 2 pagi.

Itulah beberapa manfaat sleeping mask dan tips penggunaan sleeping mask agar lebih maksimal.

Baca juga: Ini Dia Cara Kerja Sleeping Mask Selama Kita Tidur

Leave a Reply