Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Tips Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Evamuliaclinic – Tips Menghilangkan Komedo – Memiliki kulit bebas komedo merupakan dambaan setiap wanita. Bintik hitam, juga disebut hiperpigmentasi, dapat mengganggu penampilan Anda dan memengaruhi kepercayaan diri Anda. Flek hitam itu sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari bekas jerawat, paparan sinar matahari, penumpukan sel kulit mati, ketidakseimbangan hormon, usia, kehamilan dan masih banyak lagi lainnya.

Tapi jangan khawatir, ada beberapa cara mudah untuk memudarkan atau bahkan menghilangkan flek hitam. Penasaran? Menghilangkan komedo di wajah tidak harus menjadi masalah. Berikut cara menghilangkan komedo dalam 1 jam yang bisa diterapkan di rumah.

Menghilangkan komedo dengan bahan alami

Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

Anda bisa menggunakan bahan dapur yang mudah ditemukan untuk menghilangkan noda hitam secara alami. Selain murah dan sederhana, bahan-bahan alami ini juga memiliki efek yang baik, cepat dan tidak berbahaya bagi kulit. Berikut beberapa cara alami menghilangkan flek hitam di wajah dan tubuh yang bisa Anda coba di rumah.

Kunyit

Kunyit mengandung bahan-bahan yang dapat Anda gunakan untuk memperbaiki kerusakan akibat radikal bebas. Oleh karena itu, sejak dahulu kala, kunyit sering digunakan sebagai pencerah wajah dan juga untuk menghilangkan komedo. Anda bisa menggunakan bubuk kunyit untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara alami.

Untuk menggunakan kunyit sebagai penghilang noda hitam, Anda membutuhkan bubuk kunyit dan campuran air mawar. Tempatkan kedua bahan dalam mangkuk kecil dan aduk rata. Kemudian oleskan campuran tersebut ke wajah Anda dan biarkan mengering. Setelah kering, bilas dengan air bersih pada suhu normal dan keringkan wajah Anda dengan handuk.

Kentang

Kemudian dapat mencoba menggunakan kentang untuk menghilangkan bintik hitam secara alami. Zat Tepung dalam kentang memiliki fungsi mengurangi pigmentasi dan mampu menutrisi kulit wajah. Oleh karena itu, kentang sangat dianjurkan untuk menghilangkan komedo dan bekas jerawat.

Anda bisa menggunakan irisan kentang sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam di wajah Anda.

Untuk menggunakan metode ini, potong kentang menjadi potongan tipis. Kemudian letakkan irisan kentang di seluruh wajah. Tunggu 20 menit lalu bilas wajah Anda dengan air hangat. Anda secara alami akan melihat perubahan warna bekas jerawat di wajah Anda. Tidak hanya itu, seluruh wajah Anda juga akan lebih cerah dan terhidrasi.

Teh hijau

Selain enak untuk diminum, ternyata teh hijau juga bisa membantu menghilangkan flek hitam di wajah dan tubuh secara alami. Teh hijau dapat menekan produksi melanin secara alami, sehingga efektif dalam menghilangkan hitam. Tak hanya itu, teh hijau juga mengandung antioksidan yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas. Jadi setelah komedo hilang, kandungan antioksidannya bisa mencegahnya datang kembali.

Untuk metode ini, Anda cukup merendam satu atau lebih kantong teh hijau seperti biasa selama 3-5 menit. Kemudian tunggu sampai teh celup tidak terlalu panas. Kemudian tempelkan pada area wajah dan tubuh yang terdapat flek hitam dan biarkan selama 20 menit. Anda tidak perlu membilas kulit Anda untuk metode ini. Setelah menggunakan teh hijau, kulit akan tampak lebih cerah dan lebih terhidrasi. Anda dapat meminum teh yang telah Anda siapkan atau Anda dapat mengoleskannya ke wajah Anda setiap beberapa menit untuk mencerahkan kulit Anda.

lemon

Lemon dikenal memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C ini bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan komedo dan bekas jerawat di wajah Anda. Untuk menggunakan lemon sebagai krim anti noda, peras lemon dan cicipi jus lemon dalam wadah bersih. Kemudian campurkan air hangat dengan air jeruk lemon dengan perbandingan 1:1 untuk menyamakan acara yang tadinya tinggi.

Saat pencampuran selesai, celupkan kapas ke dalam cairan dan gosokkan campuran jus lemon ke area hitam pada kulit. Biarkan cairan menempel di wajah Anda selama 10 menit. Kemudian bilas wajah Anda dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Dengan menggunakan lemon, Anda bisa menghilangkan flek hitam di wajah dalam waktu singkat.

Pepaya

Ada banyak buah yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan flek hitam secara alami. Salah satu buah terbaik untuk ini adalah pepaya. Pepaya memiliki kadar vitamin C dan vitamin E yang tinggi, sehingga efektif dalam mengurangi pigmentasi dan mencerahkan kulit. Selain itu, pepaya mengandung enzim papain yang sangat efektif dalam mengangkat sel kulit mati.

Cara menggunakan pepaya untuk menghilangkan flek hitam pada wajah dan tubuh. Cukup kupas pepaya dan buang bijinya. Kemudian potong pepaya dan tumbuk dengan garpu sampai halus. Campurkan 1 sendok makan pure pepaya dengan 1 sendok teh madu dan aduk hingga membentuk pasta. Oleskan ke wajah dan bagian tubuh lain yang memiliki komedo. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat. Setelah dibilas, sel-sel kulit mati akan terangkat sehingga flek hitam dan bekas jerawat yang Anda miliki segera memudar.

Daun jambu biji

Kemudian Anda bisa menggunakan daun jambu biji untuk dengan mudah menghilangkan flek hitam di wajah Anda. Anda bisa melakukan teknik ini dengan menghancurkan daun jambu biji kering dan mencampurnya dengan air bersih. Kemudian aduk adonan hingga bertekstur. Anda bisa menggunakan pasta ini sebagai masker pada area kulit wajah Anda yang memiliki flek hitam. Kenakan masker setidaknya selama 10 menit.

Adanya sifat antibakteri dan antiinflamasi pada daun jambu biji dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan cara ini karena kemudahan dalam mencari bahan baku.

Sebagian besar bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan komedo sangat mudah ditemukan setiap hari di rumah. Oleh karena itu, dengan memilih bahan-bahan di atas, Anda dapat menghemat pengeluaran daripada menggunakan produk perawatan kulit yang mahal. Tidak hanya itu, penggunaan bahan alami juga mengurangi efek samping bahan kimia pada wajah Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *