image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

tepung beras untuk jerawat

5 Manfaat Tersembunyi dari Tepung Beras untuk Jerawat dan Kecantikan Kulit Anda

Tepung beras untuk jerawat- Melakukan perawatan kecantikan kulit menggunakan air beras mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Tetapi, tahukan Anda ternyata selain air beras, tepung beras juga bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit? Tepung beras sudah digunakan selama berabad-abad lamanya sebagai bahan perawatan kecantikan alami oleh para wanita di berbagai negara Asia. Hal ini karena tepung beras dikenal efektif untuk mengatasi masalah pigmentasi kulit, garis-garis halus pada wajah, bahkan melawan penuaan dini pada kulit wajah. Untuk itu, yuk kita cari tahu beberapa manfaat kecantikan menakjubkan lainnya dari tepung beras di bawah ini!

Manfaat Tepung Beras Untuk Jerawat

1. Mengurangi Jerawat

tepung beras untuk jerawat

Tepung beras dikenal mampu untuk mengurangi jerawat karena sifat antiseptiknya yang bisa menghilangkan kuman dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, bahan alami ini juga mengandung allantoin yang mempunyai sifat anti-inflamasi yang sangat baik. Selain itu, manfaat lain dari Allantoin adalah bisa membantu memperbaiki tekstur kulit.

Cara penggunaan: Buatlah masker wajah dari 2 sdm tepung beras, 1 sdm madu, dan 2 sdm gel lidah buaya. Aduk campuran bahan-bahan tersebut hingga membentuk adonan pasta yang halus. Pijat secara lembut masker wajah ke kulit wajah Anda. Biarkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air dingin.

2. Mencerahkan Kulit

tepung beras untuk jerawat

Sudah bukan rahasia lagi jika tepung beras yang kaya akan mineral ini merupakan salah satu solusi tradisional untuk mencerahkan kulit. Asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam tepung beras bekerja untuk mencerahkah kulit dengan meningkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Kandungan tirosinase pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit. Selain itu, tepung beras juga memiliki konsentrasi PABA yang tinggi atau Para Aminobenzoic Acid yang berkhasiat sebagai tabir surya yang sangat baik bagi kulit.

Cara penggunaan: Di dalam mangkuk, campurlah 2 sdm tepung beras, 1 sdt kunyit, dan 4 sdm air jeruk nipis. Aduk hingga terbentuk adonan pasta yang halus. Sebelum mengaplikasikan masker, bersihkan wajah terlebih dahulu lalu uapi wajah Anda agar hasilnya lebih efektif. Aplikasikan masker ke wajah, lalu biarkan sekitar 15 menit. Kemudian, bilaslah wajah dengan air hangat.

3. Melawan Penuaan

tepung beras untuk jerawat 3

Jika Anda sedang mencari bahan alami untuk melawan penuaan pada kulit wajah, tepung beras bisa menjadi salah satu solusinya. Tepung beras memiliki kandungan ferulic acid, yaitu anti-oksidan yang membantu mengencangkan kulit yang kendur, menyamarkan garis-garis halus di wajah, serta membuat kulit terasa lembap. Tepung beras juga kaya akan vitamin B yang dapat meregenerasi sel-sel wajah serta melawan proses penuaan kulit. Tak hanya itu, penggunaan masker tepung beras secara teratur juga dapat mempertahankan elastisitas dan kekencangan kulit yang membuat Anda selalu terlihat segar dan awet muda.

Cara penggunaan: Masker anti-penuaan ini terdiri atas campuran 2 sdm tepung beras, 1 putih telur, dan 1 sdm madu. Oleskan masker ke wajah Anda yang telah dibersihkan sebelumnya, lalu diamkan sampai benar-benar kering. Lepaskan masker secara perlahan ke arah atas menggunakan ujung jari Anda. Kemudian, bilas dengan air dingin.

4. Menyamarkan Kantung Mata yang Gelap

tepung beras untuk jerawat

Merasa terganggu dengan bagian kantung mata Anda yang gelap? Tepung beras adalah salah satu cara terbaik dan alami untuk menyamarkan “mata panda.” Kandungan asam amino dan vitamin pada bahan alami ini dapat membantu menyamarkan kantung mata yang gelap serta memberi efek mendinginkan pada mata yang lelah secara efektif.

Cara penggunaan: Haluskan setengah buah pisang, lalu campurkan dengan 2 sdm minyak jarak dan 3 sdm tepung beras. Aplikasikan ke area kantung mata Anda dan biarkan selama 15 menit. Lalu, bersihkan sisa masker menggunakan kapas yang telah dibasahi.

5. Bedak Tabur Alami untuk Kulit Berminyak

tepung beras untuk jerawat

Sifat dari partikel tepung beras yang dapat menyerap minyak menjadikan bahan alami ini pengganti yang baik untuk bedak wajah bermerek Anda. Partikel pada tepung beras ini baik digunakan sebagai bedak tabur alami karena sifatnya yang mudah menyatu dengan lapisan kulit serta menyerap kelebihan minyak pada wajah. Inilah yang menjadikan tepung beras baik digunakan untuk Anda dengan tipe kulit berminyak dan acne-prone.

Cara penggunaan: Buat campuran tepung beras dan tepung maizena dengan perbandingan 2: 1. Setelah itu, aplikasikan secara merata ke wajah Anda menggunakan brush. Lakukan hal ini setelah mengaplikasikan foundation terlebih dahulu untuk hasil makeup yang tidak cracky, cakey, dan membantunya bertahan lebih lama.

Demikian ulasan kali ini mengenai manfaat tepung beras untuk jerawat dan kecantikan kulit, semoga bermanfaat ya.

Baca juga: Sering Muncul Jerawat di Belakang Telinga? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Leave a Reply