Sudah Tahu Urutan Pemakaian Sunscreen yang Benar? Simak Penjelasannya

Eva Mulia Clinic – Urutan Pemakaian Sunscreen – Kulit kita adalah lapisan pelindung terluar tubuh dari berbagai faktor eksternal, termasuk sinar matahari yang berbahaya. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kulit agar tetap sehat dan terlindungi, terutama saat berada di bawah sinar matahari. Salah satu langkah penting dalam perawatan kulit adalah menggunakan tabir surya atau sunscreen dengan benar. Namun, tahukah Anda bahwa cara mengaplikasikan sunscreen juga memiliki urutan tertentu yang sebaiknya diikuti? Yuk, simak penjelasannya agar Anda bisa mendapatkan perlindungan maksimal dari paparan sinar UV.

Mengapa Urutan Pemakaian Sunscreen Penting?

Sebelum masuk ke dalam pembahasan urutan pemakaian sunscreen, penting untuk memahami mengapa langkah ini begitu krusial. Sunscreen adalah produk yang dirancang untuk membantu melindungi kulit dari sinar UV yang merusak. Sinarnya terdiri dari dua jenis utama: UVA dan UVB. UVA dapat menyebabkan penuaan dini dan meningkatkan risiko kanker kulit, sementara UVB adalah penyebab utama dari sunburn. Dengan menggunakan sunscreen secara teratur, Anda dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar UV tersebut. Namun, pemakaian sunscreen yang salah atau tidak tepat dapat mengurangi efektivitasnya dalam melindungi kulit.

Langkah-langkah yang Benar dalam Menggunakan Sunscreen

  1. Cuci Wajah dengan Lembut: Sebelum mengaplikasikan sunscreen, pastikan wajah Anda bersih dari kotoran, minyak, dan sisa produk lainnya. Gunakan pembersih yang cocok dengan jenis kulit Anda untuk membersihkan wajah secara menyeluruh. Hindari menggunakan pembersih yang mengandung alkohol atau bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit.
  2. Gunakan Pelembap (Opsional): Jika kulit Anda cenderung kering, mengaplikasikan pelembap sebelum sunscreen dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan membuat tekstur sunscreen lebih mudah untuk diaplikasikan. Pilih pelembap yang ringan dan tidak mengandung minyak agar tidak menyebabkan sunscreen Anda menjadi ‘bergulir’ atau ‘klontong’ di kulit.
  3. Aplikasikan Sunscreen dengan Merata: Ketika menggunakan sunscreen, pastikan untuk mengaplikasikannya secara merata ke seluruh area yang akan terkena sinar matahari, termasuk wajah, leher, telinga, dan bagian tubuh lainnya yang terbuka. Gunakan jumlah yang cukup untuk menutupi kulit dengan lapisan tipis. Jangan lupa untuk memperhatikan area yang sering terlewat, seperti bagian belakang leher dan telinga.
  4. Reaplikasikan Secara Berkala: Sunscreen memiliki waktu kerja terbatas dan dapat hilang dari kulit karena keringat, air, atau gesekan pakaian. Oleh karena itu, penting untuk melakukan reapply secara teratur, terutama setelah berenang, berkeringat banyak, atau setelah beberapa jam terpapar sinar matahari secara langsung.

Kesimpulan

Menggunakan sunscreen secara tepat adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan kulit Anda dan melindunginya dari kerusakan akibat paparan sinar UV. Dengan mengikuti urutan pemakaian yang benar, Anda dapat memastikan bahwa sunscreen memberikan perlindungan maksimal dan efektif bagi kulit Anda. Jangan lupa untuk memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit Anda dan memiliki SPF yang cukup tinggi untuk melindungi kulit dari sinar UVB dan UVA. Dengan demikian, Anda dapat menikmati aktivitas di luar ruangan tanpa khawatir tentang efek buruk dari sinar matahari.