image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

klinik eva mulia - day crem

Perbedaan Antara Day Cream dan Night Cream

evamuliaclinic – Dalam melakukan perawatan wajah harian, moisturizer atau pelembab adalah salah satu produk penting yang tidak boleh untuk dilewatkan. Selain berguna untuk mencegah kulit kering, penggunaan produk skin care ni juga bisa membantu mengatasi berbagai permasalahan kulit Anda. Seperti untuk mencegah kerutan dan garis halus, mengurangi noda hitam, dan menjaga kekencangan kulit. Pelembap ini ada yang diformulasikan khusus untuk penggunaan pagi hari yaitu day cream dan penggunaan pada malam hari yaitu night cream. Tapi, apakah pernah Anda pernah berpikir.  Seperti apa perbedaan day cream dan night cream yang Anda miliki? Agar tidak sembarang dipakai, yuk cari tahu perbedaan kedua krim wajah ini!

1. Day Cream

klinik eva mulia - day cream

Karena digunakan untuk beraktifitas di siang hari, day cream harus mempunyai kandungan yang bisa melindungi kulit dari polusi, dan menangkal efek buruk sinar matahari. Day cream juga bisa mempunyai kandungan tabir surya, dan harus punya kandungan yang melembapkan kulit, atau kandungan anti-oksidan untuk melawan efek buruk polusi.

Selain itu, biasanya beberapa day cream memiliki kandungan tambahan, seperti vitamin C atau ascorbic acid, Vitamin E atau alpha tocopherol, dan ekstrak green tea. Beberapa bahan ini juga termasuk pelembap yang tepat karena bisa berguna juga untuk melindungi kulit dari efek buruk lingkungan. Mengingat day cream digunakan sebelum makeup, biasanya produk ini punya tekstur yang lebih ringan, tidak meninggalkan rasa lengket, dan cepat menyerap di kulit hanya dalam waktu hitungan menit.

2.  Night Cream

klinik eva mulia - day cream

Berbeda dengan pelembap di siang hari, night cream biasanya memiliki tekstur yang lebih tebal atau ‘berat’. Kulit cenderung bekerja lebih lambat dalam proses melembapkan di malam hari, sehingga kulit biasanya memasuki kondisi dehidrasi saat bangun di pagi hari. Ini alasan di balik perbedaan day cream dan night cream dalam segi tekstur: harus lebih melembapkan. Selain itu krim malam cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk meresap dalam kulit dan sedikit meninggalkan kesan lengket.

Lain halnya dengan pelembab di siang hari, biasanya night cream memiliki tekstur yang lebih tebal dan berat. Kulit akan bekerja lebih lambat dalam proses melembapkan di malam hari, sehingga biasanya kulit akan mengalami kondisi dehidrasi saat bangun di pagi hari.

Karena memiliki tekstur yang tebal dan menutup lapisan kulit, sebaiknya Anda memperhatikan urutan dalam menggunakan produk skin care. Gunakan night cream sebagai langkah terakhir, setelah toner, booster, atau serum. Untuk urusan kandungan, night cream harus memiliki kandungan aktif yang punya fungsi mencegah penuaan dini serta mengoptimalkan proses regenerasi kulit seperti retinol, ceramide, atau hyaluronic acid. Nah, bagian ini yang harus diperhatikan. Kandungan-kandungan tersebut sebaiknya tidak digunakan sebagai day cream. Jika digunakan pada siang hari, kandungan ini termasuk photosensitive yang akan menimbulkan reaksi terhadap paparan sinar matahari dan berisiko menyebabkan iritasi.

Baca juga: Kenali Jenis Kulit Wajah di Sini!

Leave a Reply