Penyebab Bekas Jerawat Berlubang

Penyebab Bekas Jerawat Berlubang

Evamuliaclinic – Penyebab Bekas Jerawat Berlubang- Jerawat adalah masalah kecil yang bisa berdampak besar jika tidak ditangani dengan baik. Munculnya jerawat, seperti bengkak, komedo dan lubang di kulit, dan beberapa hal lain terkadang dapat mengurangi percaya diri.

Siapapun bisa merasakan dampak psikologis dari munculnya jerawat, mulai dari anak-anak hingga dewasa, wanita dan pria.

Segala sesuatu tentang jerawat yang perlu diketahui penyebab jerawat berdasarkan faktor internal dan eksternal. Aktivitas sehari-hari membuat kulit wajah terpapar debu penyebab jerawat, yang juga membuat kulit wajah kurang halus.

Oleh karena itu, diperlukan metode pengobatan yang efektif dan efisien untuk mengobati jerawat.

Bekas jerawat membuat kulit wajah menjadi tidak lembut dan sedap dipandang. Perlu diperhatikan cara menghilangkan bekas jerawat agar tidak menimbulkan bekas yang semakin parah dan sulit dihilangkan.

Penasaran ingin tahu bagaimana cara menghilangkan lubang bekas jerawat? Simak artikel selanjutnya!

Penyebab bekas jerawat

Mengapa bekas jerawat berlubang? Hal ini sebagian besar disebabkan oleh tindakan kita sendiri. Salah satu penyebab timbulnya jerawat adalah kebiasaan menyentuh wajah dengan tangan yang kotor, bahkan ketika jerawat sudah muncul, tangan kita cenderung sering menyentuh dan meremasnya. Efek memencet jerawat adalah peradangan jerawat karena tangan kita menyimpannya dalam jumlah besar, sehingga mudah terjadi infeksi dan akibatnya akan terbentuk lubang di kulit. Hal ini terjadi karena lokasi jerawat berada di lapisan dalam kulit.

Berikut cara menghilangkan bekas jerawat, mulai dari cara alami hingga obat-obatan.

Tomat

Tomat diketahui mampu menghilangkan bekas jerawat, termasuk bekas jerawat berlubang. Manfaat tomat untuk menghilangkan jerawat adalah kandungan vitamin dan nutrisi yang dapat mengkodekan pori-pori untuk menghilangkan bekas luka. Selain itu, tomat dapat mengangkat sel-sel mati dari kulit sehingga dapat meregenerasinya dengan cepat.

Salah satu cara untuk mengobati jerawat tomat adalah dengan memakai masker. Anda bisa membaca di sini manfaat masker tomat untuk wajah yang ramah.

Terus, kami menunjukkan cara menghilangkan bekas jerawat dengan tomat:

  • Siapkan tomat, lalu iris (jangan terlalu kental) atau campur.
  • Jika dipotong-potong, hasil potongannya bisa langsung dioleskan pada kulit wajah dengan cara menempelkan potongan potongan tomat tersebut pada kulit wajah, terutama pada area bekas jerawat yang bolong.
  • Jika Anda mencampurnya, Anda bisa mengaplikasikan hasilnya pada kulit wajah, area bekas jerawat.
  • Diamkan selama 20 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih.
  • Gunakan masker tomat sehari sekali sampai bekas jerawat hilang.

Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang memiliki banyak manfaat. Manfaat lidah buaya untuk jerawat adalah karena mengandung polisakarida dan giberelin yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat, mempercepat jerawat, dan mendorong regenerasi sel kulit baru. Terlebih lagi, lidah buaya juga mengandung antioksidan yang dapat memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

Berikut cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya.

  • Siapkan daun lidah buaya, potong-potong, lalu ambil gel yang ada di dalam lidah buaya.
  • Gel yang dihasilkan dapat langsung digunakan dengan cara dioleskan pada kulit yang terdapat bekas jerawat.
  • Biarkan bekerja selama sekitar 10 menit.
  • Bilas kulit wajah dengan air bersih.
  • Untuk hasil terbaik, gel lidah buaya dapat dioleskan pada malam hari sebelum tidur, dibiarkan semalaman, dan dibilas keesokan paginya.

Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Minyak kelapa bisa menjadi masker wajah alami, karena membantu menyembuhkan luka dan bekas jerawat, serta mendukung produksi kolagen. Kolagen dapat melembutkan kembali kulit dan menghilangkan bekas jerawat.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan bekas jerawat:

  • Siapkan minyak kelapa, lalu teteskan minyak kelapa di jari telunjuk.
  • Kemudian jari telunjuk digunakan untuk mengoleskan minyak kelapa pada kulit terutama bekas jerawat. Saat menyebar, pijat dengan gerakan sendi.
  • Biarkan bekerja selama sekitar 10 menit.
  • Bilas kulit dengan air bersih. Perhatikan juga cara merawat wajah yang benar untuk mempersiapkan kulit.
  • Untuk hasil terbaik, minyak kelapa dapat dioleskan pada malam hari sebelum tidur, dibiarkan semalaman, dan dibilas di pagi hari.
  • Untuk hasil terbaik, oleskan minyak kelapa secara teratur sampai bekas jerawat hilang.

Krim wajah

Salah satu cara termudah dan paling umum adalah dengan menggunakan krim wajah. Saat membeli krim bekas luka jerawat yang dijual bebas, pastikan yang Anda beli mengandung retinoid, krim kortison, dan steroid. Pastikan juga untuk berkonsultasi dengan dokter kulit untuk menyesuaikan dengan kondisi jenis kulit wajah Anda, untuk menghindari reaksi alergi.

Itulah beberapa tips mengatasi bekas jerawat berlubang yang bisa kamu coba.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *