Manfaat minyak nilam

Mengenal Minyak Nilam dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

evamuliaclinic – Manfaat minyak nilam – Minyak nilam atau dalam bahasa Inggris disebut patchouli oil adalah jenis minyak atsiri yang diperoleh dari tanaman nilam. Nilam atau tanaman latin Pogostemon cablin Benth merupakan salah satu komoditas unggulan Indonesia.

Manfaat minyak nilam

Di Indonesia, sebagian besar masyarakat hanya mengetahui bahwa tanaman nilam dapat menghasilkan minyak atsiri yang biasa digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum, sabun, dan kosmetik. Padahal, masih banyak kegunaan lain dari minyak nilam ini.

Beberapa orang mungkin menyadari bahwa minyak nilam biasanya digunakan untuk mengikat bau pada parfum. Jadi, minyak nilam digunakan untuk membuat aroma lebih tahan lama. Namun, masih ada beberapa manfaat lainnya, seperti berikut yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

Pijat dan aromaterapi

Minyak nilam dapat digunakan sebagai minyak pijat dan sebagai aromaterapi. Jika kita menggunakan minyak atsiri seperti nilam misalnya, dapat memberikan efek tinggi pada pikiran, mengendurkan saraf dan juga dapat menghilangkan stres.

Mencegah Penuaan

Minyak nilam memiliki sifat anti-penuaan atau yang biasa dikenal dengan sifat anti-penuaan. Inilah manfaat yang menjadikan minyak ini sebagai bahan dalam produk perawatan kulit. Minyak yang memiliki bau khas akan membuat kulit tampak lebih sehat dan awet muda. Selain itu, minyak ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas luka, kulit kering dan kerutan.

Bahan dalam pembuatan parfum dan dupa

Minyak nilam ternyata juga digunakan untuk membuat parfum dan dupa. Tapi, karena minyak ini memiliki aroma yang khas, tentunya Anda membutuhkan campuran minyak esensial lainnya untuk mendapatkan aroma yang khas. Minyak nilam biasanya akan ditambahkan dengan minyak lain seperti minyak mawar, minyak cendana, minyak jeruk, minyak mur, minyak melati dan minyak lainnya yang memiliki bau yang harum.

Mencegah bau badan

Bagi Anda yang memiliki masalah bau badan, coba gunakan minyak nilam untuk mengatasinya. Pasalnya, beberapa industri juga menggunakan minyak ini untuk membuat deodoran.

Manfaat Minyak Nilam untuk Kesehatan

Minyak nilam juga memiliki banyak manfaat, terutama untuk kesehatan. Namun, mungkin ada beberapa manfaat minyak nilam yang belum teruji secara klinis atau laboratorium.

  • Dapat digunakan untuk mengobati kondisi kulit atau dermatitis.
  • Aroma khas minyak nilam bisa diperhitungkan saat kita menciumnya. Namun, untuk aroma yang lebih harum, Anda bisa mencampurnya dengan minyak cendana, mawar, melati, mur, atau jeruk.
  • Dapat digunakan untuk mengobati luka dan luka.
  • Ini juga dapat digunakan untuk mencegah infeksi luka.

Minyak nilam juga bisa digunakan untuk mengusir serangga di sekitar rumah. Anda hanya perlu menyemprotkannya di dalam ruangan, maka serangga akan hilang karena tidak menyukai bau minyak ini.

Indonesia merupakan pemasok minyak nilam terbesar di dunia, mencapai 70%. Memulai bisnis minyak atsiri ini sebenarnya sangat menggiurkan, selain dari permintaan pasar nasional yang kuat karena digunakan untuk industri seperti kosmetik, sabun dan wewangian, permintaan dari negara lain pun tidak sedikit.

Selain permintaan pasar yang kuat, minyak nilam dibanderol cukup mahal. Satu kilogram minyak ini, hanya di tingkat petani, harganya bisa mencapai 400 ribu rupiah. Dengan banyaknya permintaan dan harganya, tentu membuat Anda berpikir untuk memulai bisnis nilam yang sedang berkembang. Namun, budidaya nilam masih terkendala dengan sulitnya mencari tanaman dengan varietas unggul. Varietas yang sudah terbukti seperti Tapak Tuan, Sidikalang, dan Balittro masih sulit ditemukan.

Saat ini, banyak petani nilam menanam nilam secara sederhana. Hasil yang didapat tentunya juga seadanya. Sebelum mendapatkan minyak nilam, kita harus menanam tanaman nilam terlebih dahulu. Tanaman tersebut kemudian dipanen saat berumur antara 7 dan 9 bulan. Jika panen dilakukan tanpa sampai ke akar, tanaman masih bisa dipanen lagi sekitar 3-4 bulan kemudian.

Panen nilam sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari. Jika kita panen pada siang hari, kandungan minyak tanaman akan berkurang. Setelah panen, hasil panen dijemur terlebih dahulu di bawah sinar matahari.

Pengeringan dilakukan sampai kering dengan cara dibalik. Setelah daun matang, angkat ke rak bambu. Biasanya waktu tergantung waktu antara 3-4 hari, tergantung cuaca pada saat proses pengeringan. Baru setelah kering nilam siap untuk disuling.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *