Eva Mulia - Perawatan Wajah - Cara Memilih Sunblock Untuk Kulit Sensitif - Memiliki kulit sensitif perlu mengetahui cara memilih sunblock yang tepat. Jika tidak selektif atau asal pilih produk tabir surya, mereka yang memiliki kulit sensitif akan lebih rentan mengalami iritasi atau alergi.

Memilih Sunblock Untuk Kulit Sensitif

Eva Mulia Perawatan Wajah Cara Memilih Sunblock Untuk Kulit Sensitif Memiliki kulit sensitif perlu mengetahui cara memilih sunblock yang tepat. Jika tidak selektif atau asal pilih produk tabir surya, mereka yang memiliki kulit sensitif akan lebih rentan mengalami iritasi atau alergi.

Kulit sensitif adalah kondisi dimana kulit mudah mengalami iritasi atau peradangan setelah terkena zat atau kondisi tertentu. Seperti bahan kimia dalam sabun atau produk kecantikan, sinar matahari, suhu panas atau dingin, debu hingga stres.

Ketika mengalami iritasi, kulit akan menjadi kemerahan, terasa gatal, kering hingga mengelupas. Oleh karena itu, mereka yang berkulit sensitif harus lebih berhati-hati dalam memilih produk perawatan kulit, termasuk sunblock.

Memilih Sunblock Untuk Kulit Sensitif

Ada banyak produk sunblock yang bisa kalian gunakan untuk kulit sensitif. Tetapi jangan asal memilih, Berikut adalah beberapa sunblock yang bisa digunakan untuk kulit sensitif:

Eva Mulia - Perawatan Wajah - Cara Memilih Sunblock Untuk Kulit Sensitif - Memiliki kulit sensitif perlu mengetahui cara memilih sunblock yang tepat. Jika tidak selektif atau asal pilih produk tabir surya, mereka yang memiliki kulit sensitif akan lebih rentan mengalami iritasi atau alergi.

Gunakan sunblock dengan label broad spectrum

Sinar UV dari matahari tidak hanya menyebabkan kulit menjadi gelap dan mengalami penuaan dini, tetapi meningkatkan risiko terjadinya kanker kulit. Pilihlah sunblock dengan label broad spectrum yang memiliki proteksi lebih tinggi untukmenghalau penyerapan sinar UVA dan UVB ke dalam kulit.

Pastikan pula sunblock yang kalian pilih mengandung SPF 30 atau lebih, karena sunblock dengan SPF di bawah 30 hanya mampu menjaga kulit dari sunburn, tanpa melindunginya dari risiko kanker kulit.

Hindari sunblock kandungan para-aminobenzoic acid (PABA)

Walaupun bisa menghalau sinar UV dengan baik, orang yang berkulit sensitif disarankan untuk menghindari sunblock dengan kandungan para-aminobenzoic acid (PABA), terlebih jika sunblock ini berbahan dasar alkohol. Hal ini karena kandungan bahan tersebut menyebabkan terjadinya iritasi atau reaksi alergi pada kulit.

Pilih sunblock dengan bahan zinc atau titanium dioksida

Sunblock dengan bahan titanium dioksida/seng oksida direkomendasikan untuk kalian yang sensitif terhadap bahaya bahan kimia. Sunblock jenis ini aman dan berisiko lebih kecil untuk menimbulkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit sensitif.

Sunblock untuk kulit sensitif berlabel hypoallergenic pada label kemasannya. Ini artinya, produk tersebut telah diformulasikan secara khusus agar tidak memicu reaksi alergi pada kulit.

Hindari sunblock berbahan benzophenones

Tidak hanya PABA, memilih sunblock untuk kulit sensitif yang mengandung bahan benzophones juga tidak disarankan bagi kalian yang memiliki kulit sensitif. Hal ini karena benzophones dapat membuat reaksi alergi pada kulit berupa kemerahan, bengkak, gatal, hingga kulit melepuh.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kalian bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu di klinik kecantikan. Hal ini dilakukan agar kalian mendapatkan jenis perawatan wajah hingga skincare yang sesuai jenis kulit sensitif kalian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *