image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - Klinik Evamulia - Manfaat Minyak Almond Untuk Kesehatan - Perawatan Wajah - Sudah tidak diragukan lagi jika minyak almond sangat bermanfaat, baik itu kesehatan atau manfaat minyak almon untuk kecantikan. Akan tetapi, belum banyak yang menyadari bahwa minyak almond memberikan beragam manfaat untuk tubuh kita.

Manfaat Minyak Almond Untuk Kesehatan

Eva Mulia Klinik Evamulia Manfaat Minyak Almond Untuk Kesehatan Perawatan Wajah Sudah tidak diragukan lagi jika minyak almond sangat bermanfaat, baik itu kesehatan atau manfaat minyak almon untuk kecantikan. Akan tetapi, belum banyak yang menyadari bahwa minyak almond memberikan beragam manfaat untuk tubuh kita.

Apa Itu Minyak Almond?

Minyak Almond adalah hasil ekstrak biji almond yang mengandung lemak sehat dalam jumlah yang tinggi. Minyak almond terdiri dari dua jenis, yaitu minyak yang dimurnikan dan tidak melalui proses pemurnian;

  • Untuk bisa mendapatkan almond oil yang murni, kacang almond dikeringkan terlebih dahulu dan diekstrak melalui proses pengolahan dan bahan kimia tertentu. Akan tetapi, proses ini mempengaruhi nilai gizi minyak itu sendiri. Hal ini karena banyak nutrisi yang ikut terkuras akibat panas tinggi zat kimiawi saat pengolahan.
  • Untuk mendapatkan minyak almond yant tidak melalui proses pemurnian, minyak almond didapatkan dengan cara menekan kacang almond mentah hingga keluar minyaknya tanpa menggunakan bahan kimia. Keunggulannya adalah kandungan nutrisi almond tidak hilang atau berkurang. Untuk jenis minyak ini biasanya digunakan untuk memasak.

Kandungan Gizi Minyak Almond

Walaupun kandungan gizi minyak almond tidak sebanyak kacang almond utuh, minyak almond tetap mengandung zat yang baik untuk kesehatan tubuh. Menurut penelitian, setiap 14 gram atau setara dengan satu sendok makan. Berikut rinciannya;

  • Kalori 119
  • Lemak total 13,5 gram
  • Lemak jeniuh 1,1 gram (10%)
  • Lemak tak jenuh tunggal 9,4 gram (70%)
  • Lemak tak jenuh ganda 2,3 gram (20%)
  • Vitamin E 26% dari kebutuhan harian
  • Fitosterol 35,9 Miligram

Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, terlihat jelas jika minyak almond menjadi sumber vitamin E yang sangat baik. Minyak almond juga mengandung lemak tak jenuh (lemak sehat) yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk menurunkan resiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan obesitas.

Manfaat Minyak Almond Untuk Kesehatan

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat minyak almond cocok untuk kalian yang sedang diet atau ingin menurunkan berat badan. Banyak orang yang menghindari lemak saat mencoba menurunkan bera badan, akan tetapi, lemak baik dalam minyak almond justru bisa membantu menurunkan berat badan yang ideal.

Diet dengan makan kacang almond telah terbukti membantu menurunkan berat badan. Nah, hal ini juga berlaku untuk minyak almond, Baik minyak atau kacang almond sama-sama dapat meluluhkan timbunan lemak dalam tubuh kalian.

Penangkal Radikal Bebas

Salah satu manfaat minyak almond adalah fungsinya sebagai antioksidan. Hal ini karena kandungan vitamin E pada almond oil yang cukup tinggi. Dari 1 sendok makan minyak almon saja sudah memenuhi 26% dari asupan harian yang disarankan untuk tubuh.

Vitamin E memiliki manfaat untuk melindungi sel tubuh dari radikal bebas. Meskipun sebenarnya tubuh memerlukannya, radikal bebas dapat membahayakan tubuh bila jumlahnya terlalu banyak. Karena bisa menimbulkan kerusakan oksidatif yang tertuju pada kanker dan penyakit jantung.

Mengendalikan Gula Darah

Jika kalian mengidap diabetes, tidak ada salahnya mencoba manfaat minyak almond. Almond oil dapat membantu kalian menjaga gula darah tetap stabil. Ini karena kandungan lemak tak jenuh tunggal dan ganda pada yang mampu menurunkan gula darah pada penderita diabetes.

Sebuh studi menunjukan jika partisipan yang mengkonsumsi menu sarapan dengan tambahan minyak almond memiliki gula darah yang lebih rendah, baik setelah makan atau sepanjang hari, dibandingkan dengan peserta yang tidak mendapatkan tambahan minyak almond.

Menjaga Kesehatan Jantung

Seperti penjelasan sebelumnya, minyak almond terdiri dari 70% lemak tak jenuh tunggal. Kandungan lemak jenis ini terbukti memberikan efek positif bagi kesehatan jantung, yaitu dengan meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

High-Density Lipoprotein (HDL) adalah jenis protein yang membawa kolesterol menjauh dari arteri jantung menuju hati. Pada organ hati inilah tempat kolesterol dipecah dan dikeluarkan dari tubuh. Semakin tinggi HDL, maka semakin terlindung dari penyakit organ jantung (penyakit jantung).

Leave a Reply