image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Manfaat Mentimun Untuk Jerawat

Manfaat Mentimun Untuk Kecantikan Wajah

Eva Mulia – Mentimun memiliki banyak kandungan yang baik untuk kecantikan wajah. Seperti kandungan air, Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, potasium dan biotin mampu mengatasi masalah kulit seperti kulit wajah berminyak, sensitif, kering.

Tanaman satu ini juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini, mengecilkan pori-pori wajah hingga mengembalikan warna kulit akibat paparan matahari. Manfaat tersebut akan terasa hasilnya jika diterapkan dengan teratur. Cara melakukannya sangat mudah dan bisa dibuat dirumah. Yuk simak penjelasan berikut!

Manfaat Kandungan Gizinya dari Mentimun

Manfaat mentimun untuk jerawat- Kandungan gizi yang ada dalam mentimun mempunyai banyak manfaat untuk wajah. Bisa di lihat dari manfaat masing–masing kandungan gizi pada mentimun yaitu:

  1. Kandungan air bermanfaat untuk menghidrasi kulit, melembutkan dan membuat kulit kenyal serta melindungi kulit dari kekeringan, gatal dan kulit pecah – pecah.
  2. Vitamin A Sangat penting untuk pertumbuhan sel normal dan mempunyai sifat anti radang serta anti oksidan untuk melindungi kulit dari infeksi serta peradangan.
  3. Vitamin B1 Meningkatkan kualitas peredaran darah dan cairan tubuh lainnya melalui sel – sel dalam kulit. Menjaga kulit dari radang, eksim, kulit bersisik dan lainnya.
  4. Vitamin C Sangat penting dalam pembentukan kolagen, yang struktur proteinnya membentuk kulit kita. Menetralkan aktivitas radikal bebas yang bisa menjadi penyebab kulit keriput dini.
  5. Biotin berfungsi untuk memelihara kulit sehat. Karena jika kekurangan biotin bisa menyebabkan iritasi kulit, eksim, infeksi jamur, dan kondisi kulit lainnya yang meradang.
  6. Potasium –  Menjaga fungsi kulit yang bekerja baik. Kekurangan potasium dapat menyebabkan kondisi kulit kering dan kusam. Mencegah pengelupasan dan kekeringan kulit.

Manfaat Mentimun Untuk Kecantikan

Manfaat Mentimun Untuk Jerawat

Sebagai bagian dari bahan yang digunakan untuk perawatan kecantikan, mentimun sering dipakai untuk merawat wajah. Adapun manfaat mentimun yang sangat berguna bagi perawatan kulit wajah yaitu seperti berikut ini:

1. Menghilangkan Bintik Hitam

Mentimun bermanfaat menghilangkan bintik hitam pada wajah secara alami. Cara menggunakannya yaitu memarut mentimun dan menggunakan airnya untuk diusapkan ke seluruh wajah dan leher. Hal ini berguna agar noda – noda hitam atau bintik hitam pada wajah akan berkurang seiring waktu jika memakainya dengan teratur.

2. Mengecilkan Pori–Pori

Mentimun juga bisa mengecilkan pori – pori besar secara alami bila digunakan sebagai toner wajah. Anda bisa mencampurnya dengan beberapa tetes cuka apel, lemon, lidah buaya atau tomat. Bisa juga digunakan tanpa campuran apapun. Hal ini untuk mengecilkan pori kulit yang terbuka.

3. Mengatasi Wajah Berminyak

Anda bisa menggunakan mentimun sebagai masker untuk mengatasi jerawat dan kulit berminyak. Cara membuatnya cukup mudah yaitu haluskan mentimun dengan cara diparut atau diblender dan tambahkan dengan air mawar. Kemudian aplikasikan pada wajah yang memproduksi banyak minyak seperti di bagian T dahi, hidung dan dagu. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat hingga bersih.

4. Merawat Wajah Sensitif

Kulit wajah yang sensitif akan mudah memerah, mengelupas dan mengalami radang, bahkan sangat mudah berjerawat. Nah mentimun bisa digunakan untuk merawat wajah yang sensitif dengan menggunakannya sebagai masker wajah dengan campuran apel serta oatmeal. Manfaat oatmeal sendiri untuk mengeksfoliasi wajah yang sensitif. Cara membuatnya:

  • Siapkan potongan mentimun dan apel yang sudah dibersihkan secukupnya saja.
  • Campurkan dengan satu sendok oatmeal aduk sampai merata.
  • Aplikasikan semua bahan pada wajah dan diamkan sampai agak mengering sekitar 10 menit.
  • Cuci dan bilas wajah sampai bersih.

5. Mengatasi Kulit Kering

Masker mentimun dan alpukat mampu mengatasi masalah kulit kering pada wajah. Cara membuatnya yaitu:

  • Siapkan setengah cangkir mentimun yang sudah dipotong dan setengah cangkir alpukat, satu putih telur, dan dua sendok teh susu bubuk.
  • Campur semua bahan sampai membentuk tekstur seperti pasta
  • Aplikasikan ke wajah dan leher sambil dipijat melingkar.
  • Diamkan selama 10 menit atau sampai agak mengering
  • Bilas dengan air hangat, lalu diikuti dengan air dingin.

Itulah ulasan mengenai kandungan gizi dan manfaat mentimun untuk jerawat yang sangat mudah dibuat dirumah. Selamat mencoba.

Baca juga: Scrub Alami Wajah Berjerawat dan Berminyak, Serta Cara Membuatnya

Leave a Reply