Manfaat Asam Jawa

Manfaat Asam Jawa bagi Wajah Berjerawat

Evamulia – Perawatan Wajah – Mungkin, asam jawa lebih sering dijadikan sebagai bumbu dapur. Tetapi lebih dari itu, asam jawa juga berkhasiat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit dan kecantikan wajah. Manfaat asam jawa bagi jerawat terbukti ampuh karena asam jawa sendiri memiliki kandungan Vitamin C serta betakaroten yang mampu membuat kulit wajah cerah dan bersinar.

Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari asam jawa bagi kulit wajah berjerawat maupun bernoda bekas jerawat.

Manfaat Asam Jawa bagi Wajah Berjerawat

Manfaat Asam Jawa

Mengobati Jerawat

Ketika jerawat muncul di kulit wajah, banyak orang yang mulai kebingungan. Apalagi jika munculnya secara bersamaan. Tetapi, jangan kesal terlebih dahulu hingga kemudian menggunakan obat berbahan kimia untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Pasalnya kamu bisa memanfaatkan asam jawa, bahan alami dengan kandungan baik yang akan membantu mengobati jerawat secara aman.

Cara penggunaannya dari dalam

  • Siapkan asam jawa sebesar ibu jari orang dewasa.
  • Daun jintan 10 lembar.
  • Teh adas 1 sendok teh.
  • Kencur 5 cm.
  • Daun sambiloto 12 lembar.
  • Temulawak 10 iris.

Semua bahan lebih baik di cuci terlebi dahulu sebelum akhirnya ditumbuk hingga benar-benar halus, lalu masukan asam jawa terakhir. Semua bahan bisa diseduh dengan air panas 2 gelas saja. Lalu biarkan dingin dan barulah airnya bisa kamu saring dan minum sebanyak 3 kali sehari.

Cara penggunaan dari luar

Asam jawa yang hendak digunakan untuk pengobatan jerawat dari luar adalah 3 biji saja, kemudian bisa diseduh bersamaan dengan air anas 1 gelas. Setelah itu biarkan dingin terlebih dahulu dan kemudian bisa disaring airnya. Air saringan asam jawa tersebut kemudian bisa kamu manfaatkan untuk mencuci wajah setiap hari.

Cara Alternatif

Untuk membuatnya tentunya sangat mudah, cukup menyiapkan asam jawa dan kunyit masing-masing 50 gram. Dari biji dan isinya, kamu bisa memisahkan terlebih dahulu daging asam jawa kemudian tumbuk hingga halus.

Kunyit juga tak lupa dihaluskan dan kemudian bisa kamu tambahkan ke asam jawa dan aduk ramuan hingga merata. Pastikan kedua bahan sudah tercampur rata. Ketika sudah rata, maka ramuan masker ini bisa langsung digunakan dengan cara mengaplikasikannya ke kulit yang penuh jerawat.

Tetapi, jangan lupa juga untuk membersihkan wajah terlebih dahulu dari makeup dan sebagainya, setelah itu barulah gunakan ramuan masker ini. Maker perlu digunakan sekitar 25 menit, kemudian kamu boleh mencuci wajah menggunakan air hangat atau boleh juga dengan air dingin.

Membuat Wajah Menjadi Lebih Cerah

Karena asam jawa memiliki kandungan Vitamin C didalamnya, sehingga asam jawa berkemampuan tinggi dalam mencerahkan kulit wajah. Untuk perawatan kulit berjerawat meupun kulit dengan bekas jerawat, asam jawa akan dapat membuat bekas jerawat memudar secara bertahap.

Ketika noda bekas jerawat sedikit demi sedikit menghilang, kulitpun akan tampak cerah. Hal ini otomatis akan membuat kamu lebih percaya diri.

Caranya, ambil buah asam jawa secukupnya lalu ambil daginnya dan dilumatkan menggunakan air hangat. Untuk lebih berkhasiat, maka tambahkan sedikit bubuk kunyit yang bisa diaduk secara merata hingga terbentuklah adonan seperti lulur. Ramuan inilah yang bisa dimanfaatkan untuk dibalurkan ke wajah yang berjerawat, lalu biarkan kurang lebih 15 menit dan bilaslah dengan air bersih.

Memperbaiki Tekstur Kulit

Seperti yang kita tahu, kulit yang berjerawat tentunya tidak lagi bertekstur lembut dan inilah yang dikhawatirkan oleh banyak orang ketika jerawat mulai muncul di wajah mereka. Dengan memanfaatkan asam jawa yang diketahui memiliki kandungan Vitamin C, maka kebutuhan kulit akan kolagen pun bisa didapatkan.

Kolagen inilah yang akan memberikan struktur ke pembuluh darah, dari pembuluh darah kecil yang ada dibawah kulit dan inilah yang akan membawa nutrisi serta oksigen demi menjaga kesehatan kulit.

Mencegah Perubahan Warna Kulit

Jerawat akan menimbulkan bekas dan bekas inilah yang akan menunjukan adanya perubahan warna kulit yang tadinya cerah menjadi gelap serta hitam dan bahkan merah tua. Vitamin C yang terkandung didalam asam jawa dapat memberikan perlindungan bagi kulit agar bekas jerawat memudar dan kulit menjadi lebih cerah. Jadi, selain membuat tekstur kulit menjadi lebih lembut, namun kulit pun akan kelihatan tampak halus serta tampak awet muda.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Kulit yang kusam diakibatkan jerawat tandanya daalah kulit yang dipenuhi dengan sel-sel lama kulit mati. Buah asam jawa yang memiliki kandungan AHA atau Alpha Hydrocy Acids dapat membuat sel-sel kulit mati terangkat secara natural, sehingga dapat mengatasi kulit wajah yang gelap. Kulit wajah yang bersih, bebas dari noda hitam, bebas kusam serta bebas jerawat bisa kamu dapatkan secara alami dengan mengikuti tips berikut ini.

Daging buah asam jawa bisa dilumatkan terlebih dahulu ditambahkan garam secukupnya, serta yogurt. Setelah itu, aduk dan campur hingga membentuk pasta dan pasta ini bisa dioleskan ke seluruh wajah sampai merata sebagai masker (hindari bagian mata). Serta pastikan untuk mendiamkannya sekitar 20 menit sambil memberikan pijatan lembut agar sel kulit mati dapat dengan mudah terangkat. Langkah terakhir adalah membilasnya menggunakan air bersih.

Itulah beberapa manfaat asam jawa bagi jerawat beserta cara mengolahnya sebagai obat dan perawatan wajah sehari-hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *