image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

evamulia clinic - manfaat aha untuk jerawat

Manfaat AHA Untuk Wajah Berjerawat

eva mulia – Jerawat bisa diatasi dengan berbagai macam cara. Salah satunya yaitu dengan menggunakan senyawa alpha hydroxy acids (AHA). Senyawa ini bisa didapatkan di berbagai tanaman dan buah-buahan, yaitu jeruk, apel, anggur, tebu, dan lainnya. Saat ini juga banyak produk kecantikan untuk kulit memanfaatkan senyawa AHA sebagai salah satu kandungannya.

Jenis Senyawa AHA

Senyawa AHA merupakan senyawa asam yang terdapat beberapa jenis, yaitu asam glikolat, asam laktat, asam sitrat, asam malat dan asam tartarat. Berdasarkan penelitian, asam glikolat merupakan jenis AHA yang paling unggul dibandingkan jenis lainnya karena mampu meluruhkan lapisan kulit dengan sangat baik. Lapisan kulit yang meluruh akan membuka jalan untuk terjadinya penyerapan secara maksimal bahan perawatan kulit lainnya.

Senyawa AHA adalah senyawa asam yang memiliki beberapa jenis, seperti asam laktat, asam sitrat, asam glikolat, asam tartarat dan asam malat. Nah salah satu asam yang paling unggul dibandingkan jenis lainnya yaitu asam glikolat. Kenapa glikolat? Karena asam ini mampu meluruhkan lapisan kulit dengan sangat baik.

Manfaat AHA untuk Jerawat

manfaat aha untuk jerawat

1. Eksfoliasi lapisan kulit

Manfaat senyawa AHA yang pertama yaitu sebagai eksfolian (peeling) yang bisa mengangkat sel kulit mati serta sel di kulit wajah yang mengalami hiperpigmentasi, Terutama pada lapisan epidermis kulit bagian atas. Jika sel kulit mati terkelupas, maka akan mempercepat regenerasi sel-sel kulit di wajah akibat jerawat sehingga kulit wajah akan lebih cerah, kenyal, dan segar.

Apabila Anda menginginkan kulit wajah tidak kusam dan tetap cerah, atau terhidar dari jerawat membandel, maka pilihlah produk AHA dengan konsentrasi sebesar 4%, dimana hanya dengan konsentrasi tersebut AHA sudah berperan sebagai pengikat air untuk menjaga kelembaban kulit.

2. Mencegah dan mengatasi jerawat

Susu merupakan salah satu cara yang bisa mencegah dan mengatasi jerawat. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pada susu juga kaya akan memiliki kandungan AHA. Jenis AHA yang paling berperan secara signifikan dalam mencegah dan mengatasi jerawat yaitu asam glikolat dan asam laktat. Selain membantu menghilangkan jerawat yang sudah ada, AHA juga mampu mengurangi bekas jerawat seperti bopeng yang membekas karena kemampuan eksfoliasi yang tinggi.

3. Menghilangkan flek hitam bekas jerawat

Terkadang jerawat bisa meninggalkan flek hitam di wajah yang mengganggu penampilan dan rasa percaya diri. Nah senyawa AHA ini mampu menyamarkan noda hitam tersebut serta membantu mengurangi bekas jerawat. Untuk itu, Anda bisa memakai produk kecantikan maupun produk lainnya yang mengandung 5% senyawa AHA sebagai cara menghilangkan bekas jerawat berwarna hitam.

4. Mengatasi peradangan dan ierawat yang bengkak

Salah satu akibat dari bahaya infeksi jerawat ialah pembengkakan yang menyebabkan jerawat berwarna merah. Hal ini dapat diatasi dengan senyawa AHA yang mampu mengurangi peradangan akibat jerawat yang muncul. Bila anda ingin menggunakan produk kecantikan yang terdapat senyawa AHA, jangan lupa perhatikan kandungan konsentrasinya. Apabila lebih dari 10%, ada baiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Senyawa AHA dalam konsentrasi tinggi pada kulit yang sensitif akan menimbulkan rasa seperti terbakar. Pastinya anda tidak ingin hal ini terjadi saat jerawat di wajah sedang membengkak.

5. Mengurangi minyak di wajah

Wajah yang berminyak tentu akan meningkatkan potensi munculnya jerawat di kulit. Senyawa AHA ini berfungsi untuk mengecilkan pori-pori kulit sehingga mencegah minyak dikeluarkan secara berlebih oleh kelenjar minyak. Selain itu, senyawa AHA juga mampu mengeluarkan sel kulit mati sehingga bisa meningkatkan permeabilitas lapisan kulit terhadap senyawa yang dioleskan di wajah.

6. Memperlancar aliran darah pada kulit wajah

Senyawa AHA mampu membuat kulit lebih sehat dan cerah alami karena aliran darah yang lancar mampu mengantarkan oksigen dan nutrisi untuk kulit wajah secara maksimal sehingga kulit tetap ternutrisi.

Efek Samping Penggunaan Senyawa AHA

Tahukah anda bahwa senyawa AHA diberikan batasan kandungan pada produk kosmetik dan perawatan kecantikan yang digunakan secara rutin. Apabila kandungan AHA lebih dari 10% pada satu produk kosmetik maupun perawatan kulit, maka akan bermasalah pada kulit sensitif yang rentan alergi. Senyawa AHA dapat menimbulkan efek samping sebagai berikut:

  • Penggunaan senyawa AHA dapat mengakibatkan kulit lebih sensitif terhadap matahari, tepatnya sinar UV. Hal ini tentunya dapat membahayakan kulit. Kulit akan menjadi lebih mudah terbakar sinar UV matahari, sehingga lebih cepat gosong atau menghitam. Maka dari itu, disarankan bagi anda untuk memakai sunblock jika anda menggunakan produk yang mengandung AHA. Dengan demikian, akan mengurangi efek samping kulit terbakar akibat radiasi sinar UV.
  • Iritasi kulit akibat penggunaan AHA ialah timbulnya gatal-gatal, rasa perih, hingga muncul seperti ruam dan kemerahan pada kulit. Hal ini merupakan respons dari kulit yang sensitif dan sebagai hasil dari reaksi alergi terhadap zat asam.
  • Efek samping lainnya ialah kulit menjadi lebih kering akibat pemakaian berlebih produk dengan kandungan AHA.

Jadi sekarang Anda sudah tahu manfaat AHA untuk jerawat kan? Jika Anda tertarik menggunakan produk yang mengandung AHA, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter eva mulia clinic. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda!

Baca juga: Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat dan Segar Selama Berpuasa

Leave a Reply