image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Laser Hair Removal

Laser Hair Removal, Apa Efek Sampingnya?

Evamulia – Perawatan Kulit– Laser hair removal – Banyak para wanita pastinya menginginkan memiliki tubuh yang mulus bersih tanpa ada rambut yang berlebihan. Oleh karena hal tersebutlah, sehingga banyak cara yang dilakukan oleh para wanita demi menghilangkan rambut atau bulu di tubuhnya.

Terdapat banyak metode dalam menghilangkan rambut atau bulu seperti mencukur, waxing, menggunakan krim pencabut bulu atau penghilang bulu serta menggunakan laser. Masing-masing dari metode tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Hingga saat ini, metode menghilangkan rambut dengan laser atau biasa dikenal dengan laser hair removal sedang populer karena keampuhannya dalam menghilangkan rambut. Tetapi tentunya, setiap metode mengilangkan rambut memiliki keuntungan dan kekurangan masing masingnya. Maka dari itu, sangat penting mengetahui efek samping yang mungkin akan terjadi sebelum kamu melakukan metode yang satu ini.

Apakah itu Laser Hair Removal?

Laser hair removal merupakan salah satu metode menghilangkan rambut menggunakan laser. Caranya, petugas teknisi laser akan menggunakan pancaran sinar yang kuat dari laser untuk menghancurkan akar bulu.

Lalu, energi cahaya tersebut akan diserap dan disalurkan ke akar rambut. Dengan begitu, maka pertumbuhan rambut akan berhenti dan rambut akan rontok secara alami.

Metode ini merupakan salah satu metode paling efektif, terutama jika menginginkan penghilangan buku dalam waktu yang lama. Selain itu, metode ini bisa dilakukan untuk bagian tubuh manapun, tetapi akan kurang efektif jika digunakan pada bulu yang berwarna ata pirang.

Ini merupakan metode yang paling ampuh dala menghilangkan bulu dalam jangka waktu lama. Metode ini dapat dilakukan pada bagian tubuh manapun, tetapi tidak akan efektif apabila digunakan pada bulu yang berwarna terang atau pirang.

Laser hair removal membutuhkan setidaknya 6 – 12 kali perawatan untuk mendapatkan hasil akhir. Selain itu, mungkin kamu juga harus melakukan metode ini lagi setiap 6 – 12 bulan untuk perawatan. Laser hair removal ini tidak menjamin hasil yang permanen dan beberapa rambut bisa bertahan terhadap perawatan laser dan tumbuh kembali setelah melakukan perawatan. Meski pertumbuhan rambut baru biasanya akan lebih halus serta warna yang lebih pudar.

Efek Samping Laser Hair Removal

Laser Hair Removal cenderung aman, tetapi sama halnya seperti perawatan medis lainnya, prosedur ini tetap saja memiliki efek samping atau risiko yang bisa saja terjadi. Efek samping yang paling umum terjadi diantaranya.

  • Iritasi Kulit. Menghilangkan rambut dengan laser hair removal tentunya dapat menimbulkan iritasi kulit, kulit menjadi kemerahan serta bengak pada daerah yang dilakukan prosedur laser hair removal. Tetapi, efeknya ini bersifat smentara atau akan hilang hanya dalam beberapa jam saja.
  • Perubahan pada Pigmen Kulit. Setelah melakukan prosedur laser hair removal, mungkin kulitmu akan mengalami perubahan warna yang menjadi sedikit lebih gelap atau lebih terang. Namun, seperti iritasi kulit, perubahan ini sifatnya sementara dan biasanya bukan suatu masalah yang besar.

Efek samping yang jarang terjadi setelah melakukan prosedur laser hair removal adalah timbulnya lepuhan, bekas luka atau perubahan tekstur kulit lainnya. Masalah lain yang jarang terjadi dan bisa saja terjadi diantaranya rambut beruban atau tumbuh rambut yang berlebih.

Laser hair removal sangat tidak dianjurkan untuk kelopak mata atau daerah sekitarnya, hal tersebut dikarenakan dapat menimbulkan luka mata parah. Segeralah hubungi dokter jika kamu mengalami gejala luar iritasi ringan atau jika efek sampingnya memburuk.

Apakah Ibu Hamil Boleh Melakukan Laser Hair Removal?

Laser hair removal ini sebenarnya tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Pasalnya belum ada penelitian yang membuktikan keamanan prosedur laser hair removal selama kehamilan. Biasanya, ibu hamil membutuhkan prosedur ini untuk menghilangkan rambut berlebih yang tumbuh seperti pada payudara ataupun perut. Tetapi pada kebanyakan kasus, rambut ini akan rontok dengan sendirinya, jadi kamu tidak perlu melakukan prosedur ini.

Apabila kamu ingin menghilangkan rambut dengan prosedur laser ini, sebaiknya tunggu hingga usai melahirkan. Kemungkinan dokter akan merekomendasikan agar kamu menunggu beberapa minggu setelah melahirkan.

Leave a Reply