Kenapa Setelah Pakai Cream Malam Terasa Perih? Bagaimana Mengatasinya?

Eva Mulia – krim malam yang bagus – Di antara sekian banyak jenis produk perawatan kulit di malam hari, krim malam adalah salah satu produk yang paling wajib digunakan. Memang krim malam sudah cukup sebagai perawatan kulit di malam hari, tanpa harus ditambah penggunaan rangkaian produk perawatan malam seperti serum atau lainnya. Krim malam umumnya diformulasikan untuk bekerja lebih intens daripada krim siang, misalnya dengan menggunakan krim malam merek yang bagus untuk mencerahkan, efek keringanan akan diperoleh dengan menggunakan krim malam secara teratur.

Apa yang Menyebabkan Perih Setelah Pakai Cream Malam?

Namun tetap saja, seperti halnya produk perawatan kulit pada umumnya, terkadang penggunaan krim malam dapat menimbulkan efek samping tertentu pada kulit, seperti perih atau kemerahan. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas alasan mengapa menggunakan krim malam menjadi perih atau merah-merah. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Memiliki kulit yang cenderung tipis

Kulit wajah pada dasarnya memiliki tekstur yang berbeda dengan area kulit lainnya, yaitu lebih sensitif dan tipis. Namun ada juga yang memiliki kulit tipis akibat penggunaan produk skincare yang tidak tepat seperti terlalu sering menggunakan scrub untuk menikmati manfaat pengelupasan wajah dll. Kulit yang cenderung tipis biasanya lebih sensitif, sehingga mendapatkan produk krim malam yang tepat. untuk digunakan cukup sulit.

2. Tidak cocok untuk jenis kulit

Krim malam yang digunakan tidak sesuai dengan jenis kulit. Seperti halnya produk perawatan kulit wajah lainnya, tidak semua produk cocok dan bisa digunakan sebagai sarana perawatan wajah sehari-hari untuk membuat wajah mulus. Karena krim malam yang digunakan harus selalu sesuai dengan jenis atau kondisi kulit, misalnya untuk kulit berjerawat, sebaiknya hindari krim yang mengandung minyak mineral, dll.

3. Bahan berbahaya dalam krim malam

Munculnya sensasi perih setelah menggunakan krim juga bisa disebabkan oleh penggunaan produk krim yang mengandung merkuri dan hidrokuinon berbahaya. Dimana isinya juga dapat menimbulkan sensasi lain seperti terbakar, tersedak atau terkelupas. Penggunaan krim dalam jangka panjang dengan kandungan ini juga dapat menyebabkan akibat yang fatal seperti kanker kulit atau sejenisnya. Krim malam seperti ini biasanya mudah dikenali, misalnya teksturnya cenderung lengket dan baunya menusuk hidung.

Alasan penjual jika ada sensasi terbakar setelah menggunakan krim malam adalah karena reaksi normal kulit ketika menyerap nutrisi dalam krim. Alasan seperti ini biasanya menandakan bahwa krim malam yang digunakan adalah krim palsu atau tidak aman. Jadi selalu pastikan bahwa krim malam yang digunakan adalah merek krim pemutih wajah yang aman di apotek atau sudah lulus BPOM. Selain itu, untuk mengatasi pegal-pegal tersebut dapat dilakukan upaya seperti:

  • Kompres wajah dengan es batu untuk menenangkan jaringan yang meradang.
  • Oleskan pelembab alami seperti minyak zaitun, petroleum jelly atau lainnya.
  • Gunakan masker pendingin seperti mentimun, tomat, atau masker lainnya.
  • Demikian ulasan mengenai beberapa penyebab kondisi ini, serta beberapa cara untuk mengatasi dan menghilangkan rasa sakit tersebut

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *