image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Eva Mulia - squalene oil untuk kulit

Ketahui Manfaat Squalane Oil Untuk Kulit Wajah

Eva Mulia – Setiap orang pasti menginginkan kulit cantik dan sehat. Sebenernya, untuk memiliki kulit sehat cukup mudah. Ya, kuncinya adalah menjaga kebersihan dan kelembapan kulit.  Salah satunya denga menggunakan produk kecantikan yang bisa melindungi dan menghidrasi kulit dengan baik. Nah yang sedang menarik perhatian saat ini adalah squalane oil. Jika Anda termasuk orang yang gemar membaca komposisi suatu produk, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan kata squalane atau squalene. Sebenarnya, squalane itu apa sih? Lantas, apa saja manfaatnya untuk kulit? Yuk cari tahu lebih lanjut di sini!

Mengenal Squalane Oil

Banyak orang yang tidak mengetahui ada perbedaan antara squalane dengan squalene. Squalane adalah bentuk jenuh dari squalene yang didapatkan melalui proses hidrogenasi. Level kejenuhan squalane mencapai hingga 100%. Sehingga minyak ini memiliki yang lebih stabil jika dibandingkan dengan minyak kelapa yang biasanya hanya berada pada tingkat 80-90%.

Sementara Squalene bisa ditemukan di berbagai tanaman atau pada hati hiu. Tetapi untuk produk perawatan kulit, ekstraksi dari hati hiu tidak lagi dilakukan karena memberikan dampak buruk pada lingkungan. Salah satu jalan alternatifnya yaitu, squalene bisa diekstraksi dari minyak zaitun, tebu, minyak biji padi dan minyak biji gandum. Sebenarnya tubuh manusia juga memproduksi squalene secara alami, tetapi roduksi squalane pada tubuh mulai berkurang saat seseorang mulai menginjak usia 20an.

Squalane memiliki kandungan emollient yang dapat melapisi kulit dan meningkatkan kemampuan kulit untuk menjaga kelembapan “dirinya”. Tanpa meninggalkan residu dan rasa lengket, minyak ini mampu menyerap dan membantu penetrasi dari produk skin care lainnya yang Anda gunakan.

Manfaat Squalane Oil untuk Kulit

squalene oil untuk kulit

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa tubuh manusia juga memiliki squalane. Tetapi karena tingkat produksinya berkurang, maka tubuh membutuhkan asupan squalane lebih untuk menjaga kesehatan kulit. Lalu, apa yang menjadi alasan minyak ini banyak digunakan dalam produk skin care? Berikut manfaat yang bisa Anda temui dari squalane oil!

1. Anti-aging

Pemakaian squalane oil bisa membantu menyamarkan garis halus dan keriput pada wajah. Minyak ini berfungsi dalam memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak akibat proses penuaan pada kulit.

2. Melembapkan dan menghidrasi Kulit

Karena teksturnya yang ringan, squalane oil ini mampu menyerap dengan mudah dan membantu melembapkan kulit dalam waktu yang lama. Selain melembabkan, minyak ini juga mampu menghidrasi kulit dengan baik.

3. Mencegah Radikal Bebas

Minyak squalane juga mampu melindungi kulit dari dampak buruk sinar UVA dan UVB. Penggunaan minyak ini bisa mengurangi pigmentasi pada kulit dan mempercepat regenerasi sel kulit. Namun, penggunaan sunscreen tetap harus dilakukan.

4. Mengontrol Minyak

Penggunaan minyak ini akan membantu mengatasi masalah kulit wajah yang berminyak. Selain bisa menyerap minyak berlebih pada wajah, squalane oil juga dapat menyeimbangkan produksi sebum berlebih.

3. Perawatan Mata dan Bibir

squalane oil memiliki kandungan pelembab alami yang bisa digunakan pada area bawah mata dan bibir. Gunakan minyak ini untuk mengatasi masalah kulit kering dan iritasi pada area bawah mata, serta bibir kering dan pecah-pecah.

4. Perawatan Rambut

Bukan hanya bermanfaat untuk kulit saja, squalane oil juga bermanfaat untuk rambut. Pada rambut, minyak ini mampu menutrisi rambut sehingga Anda akan mendapatkan rambut yang berkilau, fleksible, dan kuat.

Cara Menggunakan Squalane Oil

Melihat penjelasan diatas ternyata banyak sekali kan manfaat dari squalane? Maka tak heran jika banyak yang percaya minyak ini sebagai “the best oil for your skin”. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus tahu bagaimana cara menggunakan squalane oil dengan benar. Ini dia cara-caranya:

  • Perawatan Wajah: Anda bisa langsung mengaplikasikan minyak ini pada wajah. Dengan meneteskan 2-3 tetes minyak ke tangan lalu oleskan pada wajah dan leher sambil sedikit dipijat untuk membantu penyerapan. Anda juga bisa mencampurkan minyak ini dalam eye cream atau krim pelembap untuk mendapatkan hasil maksimal.
  • Perawatan Rambut: Anda bisa langsung menggunakan minyak pada bagian ujung rambut. Hal ini untuk membuat rambut lebih berkilau dan sedikit mengempis. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak ini ke dalam hair mask.
  • Perawatan Tubuh: Tuangkan minyak pada tangan, kemudian aplikasikan pada area tubuh yang membutuhkan kelembapan. Anda juga bisa menggunakan minyak ini sebagai produk after sun care dengan cara penggunaan yang sama. Apakah Anda tertarik untuk mencoba?

Baca juga:

Jenis-jenis jerawat

Manfaat bopeng bekas jerawat

Cara menghilangkan jerawat pasir

Leave a Reply