Kenapa Jerawat Whitehead Sering Muncul?

Eva Mulia Clinic Perawatan Wajah – Jerawat Whitehead Sering Muncul – Whitehead atau whitehead adalah jenis jerawat putih yang terbentuk karena pori-pori tersumbat. Hal ini menyebabkan sel-sel kulit mati dan minyak terperangkap dan membentuk whiteheads. Biasanya muncul di T-zone atau di sekitar dahi dan hidung, whiteheads banyak dialami oleh mereka yang memiliki wajah berminyak. Tidak seperti komedo hitam atau blackheads, komedo putih biasanya pori-porinya tertutup, sehingga cara menghilangkan komedo putih menjadi lebih rumit.

Penyebab Whiteheads

Sebelum membahas berbagai cara menghilangkan komedo putih, ada baiknya kita mengetahui faktor apa saja yang menjadi penyebab komedo putih. Secara alami, kulit kita memiliki kelenjar yang menghasilkan sebum untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, jika kelenjar ini dapat menghasilkan lebih banyak sebum daripada yang dibutuhkan kulit kita, maka akan menumpuk di pori-pori. Penutupan pori-pori merupakan cikal bakal penyebab jerawat yang biasa dikenal dengan whiteheads (whiteheads). Disebutkan juga bahwa campuran minyak, debu dan kotoran pada kulit wajah kita merupakan salah satu kemunculan pertama whiteheads.

Mengutip American Academy of Dermatology, salah satu penyebab whiteheads adalah ketika pori-pori kulit tersumbat dan bercampur dengan minyak, bakteri, dan sel kulit mati sehingga menyebabkan munculnya whiteheads. Faktor lain yang menyebabkan komedo putih adalah:

  • Perubahan hormonal
  • faktor genetik
  • Mati haid
  • Merokok
  • Paparan bahan kimia dalam kosmetik
  • Mengkonsumsi terlalu banyak gula dan lemak itu tidak baik
  • Kulit terlalu kering

Lantas bagaimana cara menghilangkan komedo putih yang bisa dilakukan agar kulit wajah tetap bersih dan terhindar dari komedo putih? Berikut 6 langkah menghilangkan komedo putih yang telah kami rangkum

1. Menjaga kebersihan wajah

Salah satu cara termudah untuk menghilangkan komedo putih adalah dengan membersihkan wajah secara menyeluruh. Apalagi jika Anda menggunakan riasan tebal atau menghabiskan hari di luar. Pastikan untuk memilih pencuci muka yang non-komedogenik. Dan sesuaikan juga isinya dengan jenis kulitmu.

2. Hindari memencet komedo

Anda tidak boleh memencet jerawat, termasuk komedo, karena dapat meningkatkan risiko infeksi jika tangan Anda tidak bersih saat menyentuh wajah. Komedo terkadang memalukan, terutama jika cukup besar dan terlihat.

Beberapa orang benar-benar mencoba menghilangkan komedo putih dengan memerasnya atau mencongkelnya dengan alat. Mengutip jurnal yang diterbitkan oleh Weill Medical College, meremas, menarik, atau mendorong semuanya dapat meregangkan elastisitas di sekitar pori-pori, membuatnya semakin besar dan tidak kembali ke bentuk aslinya. Apalagi jika kita memencet whiteheads akan menyebabkan bakteri dari tangan atau area luar masuk ke kulit wajah dan menyebabkan komedo atau bahkan jerawat lebih banyak. Jadi hati-hati, jangan sembarangan memencet komedo di wajah Anda.

3. Gunakan benzoil peroksida

Cara menghilangkan komedo putih lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan benzoil peroksida. Zat ini memiliki sifat antibakteri yang dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Umumnya terdapat pada pembersih wajah, toner, atau krim, benzoil peroksida terkadang membuat kulit wajah menjadi kering, sehingga tidak dapat digunakan oleh sebagian orang dengan jenis kulit tertentu.

Jika ingin mencobanya, Anda bisa menggunakan produk low benzoyl peroxide untuk mengaplikasikannya. Jangan lupa untuk menerapkannya paling banyak sekali sehari!

4. Lakukan terapi wajah

Selain bahan-bahan alami yang bisa Anda buat sendiri di rumah, cara menghilangkan komedo putih lainnya yang bisa Anda coba adalah dengan melakukan terapi yang dilakukan oleh dokter kulit seperti:

Terapi laser atau terapi cahaya untuk mengurangi produksi minyak, menghilangkan komedo. Terapi cahaya dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab peradangan. Namun seringkali setiap kali Anda melakukan terapi laser, kulit Anda menjadi perih dan merah.

Mikrodermabrasi terapeutik yang dilakukan dengan alat khusus ini berfungsi untuk memperbaiki tekstur dan warna kulit. Mikrodermabrasi juga berfungsi untuk menghilangkan komedo putih, komedo hitam, jerawat, menghilangkan bekas jerawat, mencerahkan kulit yang tergores, mengurangi stretch mark, mengecilkan pori-pori, serta mengurangi garis-garis halus dan kerutan pada wajah. Perawatan ini juga membantu menebalkan kolagen pada kulit, sehingga kulit akan terlihat lebih muda, kencang dan halus. Namun, perawatan ini hanya bisa dilakukan paling banyak sebulan sekali!

5. Hindari junk food

Selain melakukan perawatan khusus di klinik kecantikan atau menggunakan produk perawatan kulit tertentu, cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu menghilangkan komedo putih adalah dengan menjaga asupan makanan. Misalnya, kurangi konsumsi makanan berlemak dan junk food. Selain memiliki kandungan nutrisi yang rendah, junk food juga tinggi akan minyak yang memicu timbulnya komedo putih, terutama bagi Anda yang memiliki kulit sebagian besar berminyak.

6. Oleskan lemon pada wajah

Bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo putih adalah lemon. Kaya akan vitamin C, lemon dapat berperan sebagai pemutih wajah alami dan menghilangkan komedo, sel kulit mati dan mengecilkan pori-pori. Anda dapat menggunakannya dengan mencampur jus lemon dengan air dan kemudian mencucinya di wajah Anda selama 3-5 menit. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan whiteheads, cara mana yang sudah kamu coba? Ingatlah untuk memperhatikan asupan makanan dan kandungan perawatan yang Anda gunakan agar whiteheads terkontrol.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *