image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Jerawat Whitehead

Jerawat Whitehead: Pengertian Penyebab dan Cara Mengobatinya

Whitehead adalah suatu jenis jerawat yang terbentuk ketika adanya sel kulit mati, minyak, dan bakteri menyumbat pori-pori. Berbeda dengan jerawat blackhead, whitehead berada di bawah permukaan kulit pori-pori yang tertutup.

Whitehead bisa terjadi pada usia kapan saja. Tetapi, whitehead paling sering terjadi dengan adanya perubahan hormon saat pubertas, kehamilan, menstruasi, dan menopause.

Pada umumnya, biasanya whitehead dicegah dengan kombinasi perubahan gaya hidup dan perawatan medis.

Penyebab jerawat whitehead

Whitehead muncul akibat dari pori-pori yang tertutup. Pori-pori bisa tersumbat oleh beberapa penyebab. Nah, perubahan hormon menjadi pemicu munculnya jerawat. Beberapa tahap kehidupan tertentu bisa meningkatkan jumlah minyak yang diproduksi oleh pori-pori,  munculnya whitehead, dan menyebabkan tersumbatnya pori-pori. Tahapan ini meliputi:

  • Menstruasi
  • Pubertas
  • Kehamilan
  • Menopause

Beberapa obat-obatan juga bisa meningkatkan kadar hormon sehingga memicu munculnya jerawat. Wanita bisa mengalami masalah dengan jerawat pada siklus menstruasi ketika mereka berhenti mengonsumsi pil KB.

Seberapa umumkah jerawat whitehead?

Jerawat Whitehead

Whitehead bisa muncul pada bagian tubuh di mana pori-pori tersumbat. Bagian wajah yang mudah berminyak, seperti hidung, dagu dan dahi, merupakan bagian yang paling sering muncul jerawat. Tapi whitehead juga bisa muncul pada dada, punggung, pundak, dan lengan Anda. Wanita lebih sering mengalami whitehead karena wanita mengalami perubahan hormon yang signifikan dalam hidup. Jerawat jenis ini bisa terjadi pada usia berapa saja baik pria maupun wanita.

Cara mengobati jerawat whitehead

Masalah whitehead masih tergolong jenis jerawat yang ringan karena pengobatannya yang mudah dilakukan. Hanya membutuhkan pemberih muka dan saleb yang dijual bebas atau di resepkan bisa menangani kondisi ini. Misalnya produk yang punya kandungan benzoyl peroxide yang bisa mengurangi produksi minyak pada pori-pori. Dan produk yang mengandung salicylic acid dapat mengatasi jerawat yang sudah muncul.

Perawatan ini membutuhkan waktu hingga 8 minggu. Bila Anda tidak melihat perkembangan setelah 8 minggu, hubungi dokter untuk pilihan pengobatan lainnya.

Cara mencegah jerawat whitehead

Meskipun pengobatan oral dan topikal bisa mengatasi whitehead. Perubahan gaya hidup tertentu bisa mencegah munculnya whitehead.

Bila Anda menggunakan riasan wajah, pilihlah produk dengan label noncomedogenic. Produk ini tidak akan menyumbat pori-pori. Anda juga disarankan untuk menggunakan losion bebas minyak untuk mengurangi minyak pada kulit Anda.

Leave a Reply