Jangan Keliru, Ini Urutan Basic Skincare yang Tepat

Pernahkah kamu merasa bingung dengan urutan skincare yang tepat? Banyaknya produk dan langkah-langkah yang berbeda di internet bisa membuat kita ragu dan bertanya-tanya, “Apakah urutan skincare ku sudah benar?”.

Mengapa Urutan Skincare Penting?

Merawat kulit dengan rutin menggunakan skincare merupakan salah satu kunci untuk mendapatkan kulit sehat dan glowing. Namun, urutan penggunaan skincare juga tak kalah penting.

Bagaimana Urutan Skincare yang Tepat?

Berikut urutan basic skincare pagi dan malam hari yang bisa kamu ikuti:

Pagi Hari:

  1. Pembersih Wajah: Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit untuk membersihkan wajah dari kotoran, debu, dan minyak berlebih. Lakukan dua kali sehari, di pagi dan malam hari. Contohnya, untuk kulit kering, pilihlah pembersih wajah yang bebas sabun dan mengandung bahan pelembab.
  2. Toner: Toner membantu menyeimbangkan pH kulit dan mempersiapkannya untuk produk selanjutnya. Pilih toner yang bebas alkohol dan sesuai dengan kebutuhan kulit. Contohnya, untuk kulit berjerawat, pilihlah toner yang mengandung bahan antibakteri.
  3. Essence: Essence mengandung bahan aktif yang dapat membantu melembabkan, mencerahkan, dan menyegarkan kulit. Essence tidak wajib, namun dapat memberikan manfaat tambahan untuk kulit. Contohnya, essence yang mengandung Centella Asiatica dapat membantu menenangkan kulit dan mempercepat penyembuhan jerawat.
  4. Serum: Serum mengandung bahan aktif yang lebih pekat untuk mengatasi masalah kulit tertentu, seperti jerawat, flek hitam, atau penuaan dini. Pilih serum yang sesuai dengan masalah kulit. Contohnya, untuk kulit kusam, pilihlah serum yang mengandung vitamin C.
  5. Moisturizer: Moisturizer membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya kering. Pilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit. Contohnya, untuk kulit berminyak, pilihlah moisturizer yang berbasis gel dan oil-free.
  6. Sunscreen: Sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari sinar UV yang dapat menyebabkan kerusakan kulit, seperti penuaan dini dan kanker kulit. Gunakan sunscreen minimal SPF 30 setiap hari, 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan jenis kulit dan tidak menyumbat pori-pori.
Baca Juga:  Menghilangkan Stretch Mark - Tips dan Trik yang Efektif

Malam Hari:

  1. Pembersih Wajah: Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit untuk membersihkan wajah dari makeup, kotoran, debu, dan minyak berlebih.
  2. Micellar Water (opsional): Jika kamu menggunakan makeup yang waterproof, gunakan micellar water terlebih dahulu sebelum membersihkan wajah dengan sabun cuci muka. Pilihlah micellar water yang bebas alkohol dan tidak perih di mata.
  3. Eksfoliasi (2-3 kali seminggu): Eksfoliasi membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit lebih halus. Pilih produk eksfoliasi yang sesuai dengan jenis kulit. Contohnya, untuk kulit sensitif, pilihlah produk eksfoliasi yang mengandung AHA atau BHA dengan kadar yang rendah.
  4. Toner: Toner membantu menyeimbangkan pH kulit dan mempersiapkannya untuk produk selanjutnya.
  5. Essence: Essence mengandung bahan aktif yang dapat membantu melembabkan, mencerahkan, dan menyegarkan kulit.
  6. Serum: Serum mengandung bahan aktif yang lebih pekat untuk mengatasi masalah kulit tertentu.
  7. Moisturizer: Moisturizer membantu menjaga kelembaban kulit dan mencegahnya kering.
  8. Eye Cream: Eye cream membantu mengatasi masalah di area mata, seperti lingkaran hitam dan kerutan. Gunakan eye cream secara tipis-tipis di area mata. Pilihlah eye cream yang bebas parfum dan tidak perih di mata.

Tips:

  • Gunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit. Lakukan tes alergi sebelum menggunakan produk baru.
  • Gunakan produk skincare secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  • Konsultasikan dengan dokter kulit jika kamu memiliki masalah kulit yang serius.

Kesimpulan:

Urutan basic skincare yang tepat sangat penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing. Pastikan kamu menggunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit, serta menggunakannya secara rutin.