Ini 5 Kandungan Dalam Sunscreen yang Sebaiknya Dihindari

Eva Mulia Clinic – Kandungan Dalam Sunscreen yang Sebaiknya Dihindari – Sunscreen┬átelah menjadi elemen penting dalam perawatan kulit kita untuk melindungi dari paparan sinar matahari yang merusak. Namun, tidak semua sunscreen diciptakan sama. Beberapa mengandung bahan-bahan yang sebaiknya dihindari karena dapat menimbulkan risiko kesehatan. Mengerti kandungan apa yang sebaiknya dihindari dalam sunscreen dapat membantu kita membuat pilihan yang lebih cerdas dan lebih baik untuk kulit kita.

Kenali Kandungan yang Perlu Dihindari

Merawat Kulit Anda di Siang Hari: Pakai Sunscreen Atau Day Cream Dulu?

Penting untuk membaca label produk sunscreen dengan cermat dan memahami kandungan yang tercantum di dalamnya. Berikut adalah lima kandungan yang sebaiknya dihindari dalam sunscreen:

1. Oksibenzon (Oxybenzone)

Oksibenzon adalah salah satu bahan yang sering ditemukan dalam sunscreen. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa oksibenzon dapat merusak terumbu karang dan memengaruhi sistem endokrin manusia dengan meniru hormon dalam tubuh. Karena itu, sebaiknya pilihlah sunscreen yang bebas dari oksibenzon, terutama jika Anda sering berenang di perairan terbuka.

2. Paraben

Paraben adalah jenis pengawet yang umum ditemukan dalam berbagai produk kosmetik, termasuk sunscreen. Namun, paraben telah dikaitkan dengan gangguan hormonal dan bahkan risiko kanker payudara. Sebagai gantinya, pilihlah sunscreen yang menggunakan pengawet alami atau bebas paraben.

3. PABA (Para-aminobenzoic Acid)

Meskipun PABA dulunya sering digunakan dalam sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UVB, namun kini telah diketahui bahwa zat ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan bahkan menyebabkan reaksi alergi pada beberapa individu. Sebagai alternatif, carilah sunscreen yang menggunakan bahan pengganti PABA yang lebih aman.

4. Oktinoxat (Octinoxate)

Oktinoxat adalah bahan kimia yang sering digunakan dalam sunscreen untuk menyerap sinar UVB. Namun, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa oktinoxat dapat berkontribusi terhadap kerusakan lingkungan, seperti pemutihan terumbu karang, serta dapat mengganggu sistem hormonal manusia. Lebih baik pilih sunscreen yang menggunakan bahan pengganti yang lebih ramah lingkungan.

5. Oktisalat (Octisalate)

Oktisalat adalah bahan kimia lain yang sering ditemukan dalam sunscreen. Meskipun umumnya dianggap lebih aman daripada beberapa bahan lain yang tercantum di atas, oktisalat masih dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan beberapa orang mungkin mengalami reaksi alergi terhadapnya. Untuk menghindari potensi risiko ini, pilihlah sunscreen yang bebas dari oktisalat, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Dengan memperhatikan kandungan-kandungan di atas dan memilih sunscreen yang tepat, kita dapat melindungi kulit kita dengan lebih baik sambil mengurangi risiko terhadap kesehatan dan lingkungan. Selalu periksa label produk dan prioritaskan produk yang terbuat dari bahan-bahan alami dan aman.