Fakta Menarik Retinol, Benarkah Dapat Digunakan Dengan AHA dan BHA?

Eva Mulia Clinic – Fakta Menarik Retinol – Anda sering menemukan retinol dalam produk perawatan kulit, bukan? Biasanya kandungan retinol terdapat pada beberapa produk anti aging. Namun, ada banyak pernyataan membingungkan yang salah memahami kandungan retinol.

Retinol adalah turunan vitamin A yang merangsang pembaruan sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, retinol berperan sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Maka tidak heran jika retinol sering dianggap sebagai bahan terbaik untuk melawan penuaan. Berikut 6 fakta tentang retinol yang perlu Anda ketahui.

Fakta Menarik Retinol

1. Menggunakan lebih banyak retinol tidak mempengaruhi hasil yang terlihat dengan cepat

Sama seperti produk perawatan kulit lainnya, produk yang mengandung retinol juga memiliki aturan pakai tersendiri. Jika Anda menerapkan produk dengan terlalu banyak retinol di wajah Anda, itu bisa menjadi reaksi negatif. Bahkan, Anda mungkin menderita peradangan dan iritasi pada kulit. Untuk pemakaian pertama, biarkan dulu kulit beradaptasi dengan mengikuti prosedur yang tertera pada kemasan produk.

2. Beberapa reaksi wajar saat menggunakan retinol

Saat pertama kali menggunakan retinol, kulit Anda akan lebih kering, sedikit merah, dan sedikit bersisik. Jika kondisinya berlebihan, sebaiknya konsultasikan ke dokter. Jika kondisi kulit masih dalam kategori normal, reaksi tersebut merupakan bagian dari proses kerja retinol. Biasanya, setelah 2-3 minggu penggunaan, kulit beradaptasi dan toleransi retinol meningkat.

3. Hasil retinol akan terlihat dalam 8-12 minggu

Kebanyakan orang ingin hasil kerja produk terlihat dalam waktu seminggu. Bahkan, jika Anda menggunakannya di malam hari dan kemudian di pagi hari, Anda bisa melihat hasilnya. Namun, retionl membutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan untuk menunjukkan hasil yang nyata. Jadi sebaiknya Anda juga menggunakan retinol selama 2-3 bulan.

4. Retinol dapat digunakan dengan AHA dan BHA

Banyak dari Anda yang bingung tentang efek penggunaan retinol dengan AHA atau BHA. AHA dan BHA adalah asam yang biasa ditemukan dalam produk pengelupasan kulit. AHA dan BHA bekerja pada lapisan luar kulit untuk menghilangkan akumulasi sel-sel mati, sementara retinol bekerja pada lapisan kulit yang lebih dalam. AHA, BHA, dan retinol memiliki area aksi yang berbeda, sehingga Anda dapat menggunakannya bersama-sama. Namun, Anda harus berhati-hati jika kulit mengelupas, memerah, atau menjadi lebih sensitif. Ini mungkin karena kandungan AHA, BHA dan retinol yang tinggi atau cara penggunaannya yang salah.

5. Gunakan SPF Bahkan Saat Menggunakan Retinol

Saat menggunakan retinol atau vitamin A, sebaiknya gunakan juga SPF sebagai perlindungan kulit terhadap sinar UVB. Kulit yang menggunakan retinol biasanya akan mengalami reaksi seperti kekeringan, pengelupasan, dan kemerahan, sehingga perlu perlindungan ekstra. Oleh karena itu, Anda harus menggunakan SPF untuk melindungi kulit Anda dari sengatan matahari.

6. Kulit membutuhkan bahan selain retinol

Retinol memiliki banyak manfaat untuk kulit, namun kulit tetap membutuhkan bantuan bahan lain untuk menjaga kesehatannya. Anda harus menjaga keseimbangan nutrisi kulit wajah untuk mencapai hasil kulit yang cantik.

Inilah hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang kandungan retinol untuk wajah. Anda tidak hanya menggunakan produk dengan konten ini. Selalu ikuti petunjuk pengguna dari produk yang Anda gunakan.