image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

daun seledri untuk jerawat

Manfaat Daun Seledri untuk Menghilangkan Jerawat

Daun seledri untuk jerawat- Selain dikenal sebagai bahan campuran makanan, ternyata daun seledri memiliki banyak sekali manfaat dalam hal kesehatan, terutama dalam menghilangkan jerawat. Pemakaian daun seledri termasuk cara menghilangkan jerawat secara tradisional, dan paling penting tidak mempunyai efek samping.

Manfaat daun seledri untuk jerawat

daun seledri untuk jerawat

Meski sama-sama dari bahan herbal, tetapi buah dan sayuran memiliki perbedaan dalam cara menggunakannya. Berbeda dengan jenis buah penghilang jerawat yang alami dan ampuh, daun seledri membutuhkan cara berbeda untuk menggunakannya. Secara hasil, baik buah maupun sayuran sangat efektif untuk menghilangkan jerawat komedo.

1. Membuka pori-pori wajah

Karena kulit membutuhkan oksigen untuk mendukung perkembangannya. Maka penggunaan daun seledri bisa membuka pori-pori pada wajah sehingga oksigen dapat diserap dengan maksimal oleh kulit. Peredaran oksigen yang lancar akan membantu metabolisme sel kulit sehingga efeknya kulit tampak sehat. Setelah menggunakan perawatan dengan daun seledri, maka gunakanlah pembersih wajah alami dan cara menggunakannya harus sesuai dengan yang disarankan. Perlakuan seperti ini merupakan cara menghindari jerawat.

2. Menghilangkan peradangan pada kulit

Antioksidan adalah senyawa anti peradangan. Sehingga penggunaan daun seledri dalam menghilangkan jerawat dinilai sangat tepat karena dalam seledri terdapat zat antioksidan. Jerawat yang meradang bisa diakibatkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah infeksi. Bahaya infeksi jerawat selain menimbulkan peradangan juga akan memperparah kondisi jerawat. Peradangan ini juga bisa menjadi penyebab jerawat bernanah dan berdarah.

3. Mengurangi produksi minyak

Daun seledri bisa dijadikan alternatif perawatan yang cocok untuk jenis kulit berminyak. Perawatan wajah berjerawat dan berminyak secara alami dengan daun seledri secara efektif dapat mengurangi produksi sebum dalam kelenjar kulit. Gunakanlah daun seledri secara teratur agar hasil yang didapat maksimal. Setelah selesai, pakailah pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak untuk menutrisi kulit. Hal ini akan menjauhkan dari kemungkinan terkena bakteri atau penyebab jerawat timbul.

4. Mencegah jerawat tumbuh lebih banyak

Jerawat yang selalu muncul biasanya dikarenakan adanya alergi atau ketidak mampuan tubuh dalam menghadapi bakteri karena kekebalan tubuh yang menurun. Sehingga mengkonsumsi daun seledri untuk jerawat bisa teratasi dengan mudah, sekaligus dapat mencegah bakteri masuk dan berkembang.

5. Memperlambat penuaan dini

Selain mencegah bakteri, antioksidan juga bisa memperlambat proses penuaan dini yang terjadi pada kulit. Daun seledri dengan berbagai kandungannya bisa memberikan nutrisi dengan cara meregenerasi jaringan sel kulit yang telah mati. Salah satu cara memperlambat penuaan dini adalah menghilangkan segala jenis penyakit di kulit, yakni jerawat. Jadi secara tidak langsung antioksidan dari daun seledri mampu mencegah segala sesuatu tentang jerawat muncul.

Cara menghilangkan jerawat dengan daun seledri

Menggunakan daun seledri sebagai bahan pengobatan jerawat memang berbeda cara dengan pengobatan herbal dari bahan lain. Meskipun termasuk bahan tradisional, namun cara menggunakannya tidak seperti masker alami untuk wajah berjerawat. Kebanyakan masker untuk kulit berjerawat dan cara membuatnya adalah dengan dilembutkan dan dibuat masker. Menggunakan daun seledri merupakan cara menghilangkan jerawat secara alami. Tidak demikian dengan sayur seledri.

Cara menggunakan seledri untuk menghilangkan jerawat adalah dengan cara dipotong atau dicincang menjadi bagian-bagian kecil. Seledri kemudian dimasukkan ke dalam rebusan air hingga mendidih atau paling tidak kurang lebih selama 20 menit. Setelah dirasa cukup, biarkan rebusan daun seledri dingin dengan sendirinya. Stelah mendingin, gunakan air rebusan tersebut dengan cara mengoleskan pada jerawat tersebut dan biarkan hingga kering. Setelah kering, cuci wajah dengan pelembab dan pembersih untuk kulit berjerawat dan berminyak.

Kandungan daun seledri                              

Dalam daun seledri memiliki beberapa macam kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Berbagai jenis vitamin juga terdapat dalam sehelai daun seledri, mulai dari vitamin a, vitamin b komplek, dan vitamin k. Masing-masing vitamin tersebut memberikan manfaat yang berbedauntuk tubuh. Mulai dari kulit hingga organ dalam. Daun seledri juga dapat dimanfaatkan dengan cara dicampurkan pada makanan. Maka jangan heran kalau seledri ternyata salah satu jenis makanan penghilang jerawat.

Sayur seledri mempunyai banyak manfaat untuk kulit, terutama pada masalah jerawat. Nah salah satu kandungan seledri yang paling penting adalah l-tryptophan atau antioksidan. Adapula kandungan 3n-butilphalida yang berperan dalam mengurangi peradangan pada setiap masalah kulit secara ampuh. Salah satu masalah kulit yang paling sering dihadapi adalah jerawat yang meradang.

Baca juga: Bahaya Jerawat di Ketiak yang Harus Anda Tahu

Leave a Reply