Cream Dulu atau Sunscreen Dulu: Menjaga Kulit Anda dengan Benar

Eva Mulia Clinic – Cream Dulu atau Sunscreen Dulu – Dalam dunia perawatan kulit, terkadang sulit untuk menentukan urutan penggunaan produk yang tepat. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah, “Cream dulu atau sunscreen dulu?” Bagi banyak orang, ini masih menjadi misteri. Dalam artikel ini, kita akan menjawab pertanyaan tersebut dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang urutan penggunaan produk perawatan kulit.

Mengapa Penting untuk Menggunakan Cream dan Sunscreen?

Sebelum kita membahas urutan penggunaan, penting untuk memahami mengapa kedua produk ini penting dalam perawatan kulit. Cream atau krim memiliki berbagai manfaat tergantung pada jenisnya. Beberapa cream mengandung bahan aktif yang membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat, penuaan dini, dan hiperpigmentasi. Sementara itu, sunscreen atau tabir surya berfungsi sebagai pelindung kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya, terutama sinar UVA dan UVB.

Urutan Penggunaan yang Tepat: Cream Dulu atau Sunscreen Dulu?

Dalam penggunaan produk perawatan kulit, urutan yang tepat sangat penting untuk memaksimalkan manfaatnya. Ketika menggunakan cream dan sunscreen, urutan yang paling disarankan adalah:

1. Pembersihan Wajah

Langkah pertama sebelum menggunakan produk perawatan kulit adalah membersihkan wajah dengan lembut. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan lembut menggunakan handuk bersih.

2. Cream

Setelah wajah benar-benar bersih, aplikasikan cream sesuai dengan jenis dan masalah kulit Anda. Pilihlah cream yang mengandung bahan aktif yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, seperti retinol untuk mengatasi tanda-tanda penuaan atau asam salisilat untuk mengurangi jerawat. Oleskan cream secara merata di seluruh wajah dan leher, dengan menghindari daerah sekitar mata.

3. Sunscreen

Setelah cream meresap ke dalam kulit, saatnya untuk menggunakan sunscreen. Ambil jumlah yang cukup dari sunscreen dan aplikasikan secara merata di wajah dan leher. Pastikan untuk mengenakan sunscreen dengan SPF minimal 30 dan pilihlah yang memiliki perlindungan UVA dan UVB. Gunakan sunscreen setiap hari, bahkan jika Anda tidak akan terpapar langsung sinar matahari.

4. Makeup (jika diperlukan)

Jika Anda menggunakan makeup, aplikasikan setelah langkah-langkah di atas. Pilihlah makeup yang juga memiliki perlindungan dari sinar matahari atau gunakan bedak tabir surya sebagai langkah terakhir setelah makeup selesai.

Dengan mengikuti urutan di atas, Anda akan dapat memaksimalkan manfaat dari cream dan sunscreen yang Anda gunakan.

FAQ

1. Apakah saya bisa menggabungkan cream dan sunscreen menjadi satu produk?

Tidak disarankan untuk menggabungkan cream dan sunscreen menjadi satu produk. Kedua produk ini memiliki fungsi dan formulasi yang berbeda, dan penggabungan keduanya dapat mengurangi efektivitasnya.

2. Apakah saya perlu menggunakan sunscreen jika cream yang saya gunakan sudah mengandung SPF?

Meskipun beberapa cream mengandung SPF, seringkali jumlah SPF dalam cream tidak mencukupi untuk memberikan perlindungan yang optimal. Oleh karena itu, sebaiknya tetap menggunakan sunscreen dengan SPF yang sesuai di atas cream.

3. Bisakah saya menggunakan cream dan sunscreen pada malam hari?

Sunscreen sebaiknya digunakan hanya pada siang hari karena fungsinya untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Pada malam hari, Anda dapat menggunakan cream perawatan kulit tanpa sunscreen.

4. Berapa sering saya perlu menggunakan sunscreen?

Sunscreen sebaiknya digunakan setiap hari, terlepas dari cuaca atau aktivitas Anda. Paparan sinar matahari terjadi bahkan saat cuaca mendung atau di dalam ruangan dengan jendela yang terkena sinar matahari.

5. Apakah saya perlu menggunakan cream dan sunscreen pada bagian tubuh lainnya?

Ya, penting untuk melindungi bagian tubuh lainnya juga dengan menggunakan sunscreen. Gunakan sunscreen dengan SPF yang sesuai pada bagian tubuh yang terpapar sinar matahari, seperti lengan, kaki, dan leher.

6. Apakah sunscreen dapat digunakan di bawah makeup?

Ya, sunscreen dapat digunakan sebagai langkah pertama sebelum menggunakan makeup. Biarkan sunscreen meresap ke dalam kulit selama beberapa menit sebelum mengaplikasikan makeup.

Dalam merawat kulit, urutan penggunaan produk perawatan kulit sangat penting. Untuk menjaga kulit Anda dengan benar, gunakan cream terlebih dahulu, diikuti dengan sunscreen. Gunakan cream yang sesuai dengan jenis dan masalah kulit Anda, sementara sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Selalu ingat untuk membersihkan wajah dengan lembut sebelum menggunakan produk perawatan kulit. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda akan dapat menjaga kesehatan dan keindahan kulit Anda dengan lebih efektif.