image

Telah dipercaya lebih dari 40 tahun sebagai solusi kulit sehat dan cantik di Indonesia.

Recent Posts
Search
 

Blog

Penting Mengetahui Ciri Ciri Jerawat Matang Akan Sembuh

eva mulia clinic – Ketika jerawat mulai tumbuh di wajah, terkadang kita merasa gemas dan tidak sabar untuk memencetnya. Padahal dengan memencet jerawat bisa beresiko terkena infeksi, meninggalkan noda hitam membandel yang sulit hilang serta jaringan kulit akan rusak karena proses penyembuhan jerawat yang dipaksakan. Untuk itu, perlu sekali mengenal ciri-ciri jerawat yang akan sembuh. Anda juga harus hati-hati dalam memencet jerawat. Karena bisa menimbulkan efek yang lebih buruk lagi nanti. Lantas, apa saja ciri-ciri jerawat akan sembuh? Yuk kita simak ulasan dibawah ini.

Ciri Ciri Jerawat Akan Sembuh

ciri jerawat akan sembuh

1. Benjolan Jerawat Terlihat Jelas

Salah satu tanda jerawat sudah matang adalah benjolan jerawat yang terlihat jelas. Ukuran dari benjolan tersebut berbeda tergantung dari jenis jerawat yang muncul. Pada jerawat batu, benjolan akan berukuran besar seperti biji jagung. Sedangkan pada jerawat pasir benjolannya berukuran relatif lebih kecil. Tetapi benjolan ini terlihat menonjol di kulit.

2. Warna Jerawat Sangat Merah atau Putih

Cici lainnya yang menandakan bahwa jerawat sudah matang adalah jerawat berwarna kemerahan. Kemerahan pada jerawat karena adanya darah kotor yang ada pada jerawat. Tetapi jerawat yang sudah matang juga bisa berwarna putih kekuningan. Ini menandakan bahwa didalam jerawat berisi nanah. Nanah dan darah pada jerawat mengandung banyak bakteri.

3. Terdapat Cairan di Dalam Jerawat

Terkadang cairan yang ada didalam jerawat berisi darah, nanah, atau bahkan keduanya. Nah darah dan nanah menjadi tempat berkumpulnya bakteri. Inilah alasan mengapa jerawat tidak boleh dipencet. Apalagi jika memencet jerawat dengan tangan yang kotor, tentu bisa memindahkan bakteri di tangan ke jerawat dan membuat jerawat meradang semakin parah, bahkan menjadi infeksi.

4. Jerawat Terasa Nyeri

Jerawat matang biasanya terasa nyeri dan berdenyut denyut, bahkan saat tidak disentuh sekalipun. Rasa nyeri ini dikarenakan ukuran jerawat yang membesar, tetapi juga menandakan bahwa jerawat siap pecah. Untuk itu, jangan menyentuh jerawat pada fase ini karena jika jerawat pecah dengan paksaan, maka bakteri jerawat akan menyebar.

5. Pori Pori di Sekitar Jerawat Membesar

Bagian kulit disekitar jerawat akan terkena dampak dari jerawat matang ini. Misalnya adalah pori pori yang ikut membesar. Kondisi tersebut disebabkan kulit yang tertarik oleh benjolan jerawat. Namun Anda tidak perlu khawatir, kondisi kulit tersebut akan kembali seperti semula setelah jerawat pecah dan sembuh. Saat memberi salep jerawat, oleskan pula ke kulit di sekitar jerawat.

Tips Mengatasi Jerawat Matang

Setelah Anda mengetahui ciri-ciri jerawat yang siap matang yang berwarna merah dan membesar seperti bisul. Biasanya kondisi ini sering membuat kita gemas dan ingin segera memencetnya. Padahal cara tersebut sangat berbahaya lho. Nah, ada beberapa hal yang harus dilakukan saat jerawat mulai matang.

  • Jangan Dipencet atau Disentuh. Memencet jerawat tidak diperbolehkan karena jerawat bisa beresiko terkena infeksi. Jika jerawat dipaksa untuk dipencet, tentu ini akan merusak jaringan kulit dan membuat luka jerawat sembuh lebih lama.
  • Tunggu Jerawat Pecah dengan Sendirinya. Jerawat yang matang akan meletus dengan sendirinya, saat kulit mulai melunak. Tunggu dengan sabar sampai jerawat meletus dengan sendirinya.
  • Pakailah Salep Jerawat. Oleskan salep agar jerawat cepat pecah, kering dan mengempes. Salep jerawat membantu membunuh bakteri yang ada di dalam jerawat.

Fase Pertumbuhan Jerawat

Jerawat yang mulai sembuh merupakan tahap akhir dari proses pertumbuhan jerawat. Agar lebih jelas, Anda perlu memahami fase-fase apa saja yang dilalui jerawat mulai dari terbentuk hingga sembuh. Ini penting lho buat Anda yang punya kulit berjerawat.

Fase 0

Pada fase ini muncul bintik-bintik kecil pada wajah. Sebenarnya bintik-bintik kecil ini tidak perlu dikhawatirkan. Belum tentu bintik-bintik tersebut adalah bibit jerawat. Tunggu hingga 1 atau 2 hari. Jika bintik-bintik ini bukan jerawat, maka akan hilang dengan sendirinya.

Fase 1

Pada tahap ini, akan muncul komedo putih atau whitehead. Whitehead bisa muncul di bagian wajah, seperti hidung, pipi, jidat dan dagu. Munculnya komedo memang tidak terasa nyeri dan sakit, namun keesokan harinya akan muncul titik hitam. Untuk itu jangan menyentuh atau memencet jerawat pada fase ini karena akan menimbulkan peradangan yang bisa menyebabkan luka pada kulit.

Fase 2

Bintik jerawat akan semakin membesar dan muncul papula. Papula adalah luka yang berbentuk kecil dan padat. Jerawat pada kondisi ini masih tergolong ringan. Dengan pengobatan yang tepat, jerawat akan berhenti tumbuh dan membesar.

Fase 3

Pada fase ini jerawat mulai meradang dan memerah. Jika sudah sampai pada fase ini, biarkan jerawat tumbuh hingga matang. Pengobatan yang salah bisa menyebabkan jerawat semakin parah. Pengobatan jerawat yang mulai meradang membutuhkan bantuan medis yang tepat.

Fase 4

Jerawat memasuki fase puncaknya. Nanah dan darah mulai mengisi benjolan jerawat. Pada ujungnya, terdapat titik putih. Fase ini juga menandakan jerawat akan segera sembuh.

Fase 5

Fase ini adalah fase yang paling parah, karena nanah telah menjadi satu dengan kotoran, sebum, dan sel kulit mati. Gumpalan ini akan menyebabkan rasa sakit dan nyeri di kulit.

Fase 6

Jerawat akan semakin memerah, dan bisa meletus kapan saja. Jangan menyentuh atau memencet jerawat pada fase ini karena bisa menyebabkan infeksi.

Fase 7

Jerawat telah pecah dan meninggalkan bekas. Biarkan bekas jerawat sembuh dengan sendirinya. Menyentuh dan memencet jerawat akan meninggalkan flek hitam yang sulit hilang. Penanganan yang salah terhadap jerawat juga bisa menyebabkan munculnya jaringan parut permanen pada kulit.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Menghilangkan jerawat bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik secara medis seperti evamuliaclinic maupun dengan perawatan sendiri di rumah menggunakan bahan yang alami. Berikut cara menghilangkan jerawat dengan alami dan cepat.

1. Menghilangkan jerawat dengan madu

  • Siapkan 1 sdt madu alami
  • Oleskan ke bagian yang berjerawat
  • Diamkan hingga 30 menit
  • Bilas wajah dengan air hingga bersih
  • Lakukan proses ini setiap malam sebelum tidur hingga jerawat sembuh

2. Menggunakan buah tomat

  • Ambil 1 buah tomat yang matang
  • Iris tipis-tipis
  • Tempelkan irisan tomat pada bagian yang berjerawat
  • Diamkan selama 15 menit
  • Lakukan cara ini 2 kali sehari secara rutin hingga jerawat sembuh

3. Menghilangkan jerawat dengan lemon

  • Siapkan setengah buah lemon, peras airnya
  • Celupkan kapas bersih ke dalam sari lemon
  • Tempelkan ke bagian yang berjerawat
  • Diamkan selama 15 menit
  • Lakukan proses ini setiap malam sebelum tidur hingga jerawat sembuh

4. Menggunakan jeruk nipis

  • Ambil 1 s/d 2 sendok makan air sari jeruk nipis
  • Campurkan dengan 1 sendok makan madu
  • Celupkan kapas bersih ke dalam campuran tersebut
  • Tempelkan ke daerah berjerawat, diamkan hingga 20 menit
  • Lakukan setiap malam secara rutin hingga jerawat sembuh

 5. Menghilangkan jerawat dengan es batu

  • Ambil satu cube es batu
  • Bungkus dengan kain tipis yang bersih atau tisu basah
  • Kompreskan pada area yang berjerawat, tahan selama beberapa menit.
  • Lakukan proses ini berulang-ulang hingga es batu habis.
  • Lakukan secara rutin hingga jerawat sembuh

Itulah serangkaian penjelasan tentang ciri jerawat yang akan sembuh, dengan fase-fase pertumbuhan jerawat. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulit wajah, ya. Jerawat pasti enggan mampir kalau Anda rajin merawat kesehatan dan kebersihan kulit.

Baca juga:

Leave a Reply