Cara Reapply Sunscreen yang Benar, untuk Daily dan Pakai Make Up

Eva Mulia Clinic – Cara Reapply Sunscreen yang Benar – Sinar matahari adalah sumber kehidupan bagi Bumi, namun tak dapat disangkal bahwa paparan berlebihan terhadap sinar matahari dapat merusak kulit kita. Radiasi ultraviolet (UV) yang terpancar dari sinar matahari bisa menyebabkan penuaan dini, kerusakan kulit, dan bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari yang berbahaya. Salah satu cara yang sangat efektif untuk melakukannya adalah dengan menggunakan sunscreen (tabir surya).

Pentingnya Menggunakan Sunscreen dalam Rutinitas Harian

Bedanya Sunscreen dan Sunblock - Eva Mulia Advance Sun Protector SPF 50 PA++ - Sunscreen

Sunscreen adalah produk perawatan kulit yang dirancang khusus untuk melindungi kulit dari sinar UV berbahaya. Sunscreen membentuk lapisan pelindung di atas kulit yang membantu menyerap dan memantulkan radiasi UV sebelum mencapai lapisan kulit yang lebih dalam. Banyak orang mungkin hanya menganggap penggunaan sunscreen diperlukan saat berada di bawah sinar matahari langsung, seperti saat berlibur di pantai. Namun, penting untuk diingat bahwa paparan sinar UV tetap ada bahkan saat kita berada di dalam ruangan atau saat cuaca mendung.

Mengapa Reapply Sunscreen Itu Penting?

Saat kita beraktivitas di luar ruangan, sunscreen bisa hilang atau terhapus akibat keringat, gesekan pakaian, atau kontak dengan air. Oleh karena itu, penting untuk secara berkala mengaplikasikan ulang sunscreen dalam interval waktu tertentu. Reapply sunscreen ini berlaku tidak hanya saat Anda beraktivitas di luar ruangan, tapi juga jika Anda menggunakan make up. Make up tidak selalu memberikan perlindungan optimal terhadap sinar UV, jadi reapply sunscreen tetap diperlukan.

Langkah-langkah Reapply Sunscreen yang Benar

1. Pilih Sunscreen yang Tepat

Langkah pertama dalam menjaga kulit terlindungi adalah memilih sunscreen yang tepat. Pastikan sunscreen yang Anda gunakan memiliki SPF (Sun Protection Factor) yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Untuk penggunaan sehari-hari, SPF 30 atau lebih tinggi sangat disarankan. Pilihlah juga sunscreen yang tahan air jika Anda berencana beraktivitas di luar ruangan atau berada di dekat air.

2. Bersihkan Wajah dengan Lembut

Sebelum Anda mengaplikasikan ulang sunscreen, pastikan wajah Anda dalam keadaan bersih. Gunakan pembersih wajah yang lembut untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa-sisa make up. Hindari penggunaan pembersih yang terlalu keras atau mengiritasi kulit, karena hal ini bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV.

3. Gunakan Sunscreen Secara Merata

Saat mengaplikasikan ulang sunscreen, pastikan Anda mengoleskannya secara merata di seluruh wajah dan leher. Jangan lupa untuk juga melindungi area kulit yang sering terlupakan, seperti telinga, belakang leher, dan bagian atas dada. Usahakan menghindari daerah mata, namun jika Anda tidak menggunakan krim mata, Anda bisa dengan lembut mengoleskan sunscreen di area tersebut.

4. Reapply Setiap 2-3 Jam

Penting untuk mengaplikasikan ulang sunscreen setiap 2-3 jam, terutama jika Anda beraktivitas di luar ruangan. Jika Anda sedang berenang atau berkeringat, sebaiknya mengaplikasikan ulang sunscreen lebih sering, sekitar setiap 40-80 menit.

5. Reapply Setelah Menghapus atau Menyentuh Make Up

Bagi mereka yang menggunakan make up, reapply sunscreen bisa menjadi tantangan tersendiri. Namun, ada trik sederhana yang bisa Anda coba. Pertama, gunakan tisu atau blotting paper untuk menyerap kelebihan minyak atau keringat pada wajah. Kemudian, aplikasikan sunscreen dalam bentuk semprot atau krim dengan lembut di atas make up. Hindari menggesek atau menggosok terlalu keras agar make up Anda tetap utuh.

Kulit Sehat dengan Reapply Sunscreen yang Tepat

Reapply sunscreen adalah langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit kita. Meskipun mungkin terasa merepotkan, upaya kecil ini akan memberikan perlindungan maksimal terhadap paparan sinar UV yang berbahaya. Ingatlah bahwa kulit yang sehat adalah investasi jangka panjang, dan upayakanlah untuk mengintegrasikan reapply sunscreen ke dalam rutinitas harian Anda, bahkan saat Anda menggunakan make up.

Jadi, jangan lupakan langkah penting ini untuk menjaga kulit tetap sehat dan terlindungi. Pilihlah sunscreen yang sesuai dengan kebutuhan kulit Anda, dan praktikkan langkah-langkah reapply sunscreen yang benar. Dengan begitu, Anda dapat menikmati aktivitas di luar ruangan tanpa khawatir tentang dampak buruk dari paparan sinar UV.